7 Kiat Sukses Wawancara Kerja lewat Video Call yang Perlu Kamu Ketahui

4 menit
Wawancara kerja via skype
Wawancara kerja via skype

Sukses wawancara kerja menjadi harapan semua para pencari kerja. Kamu juga bisa kok sukses wawancara kerja lewat video call seperti Skype!

Berhasil melibat pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan pewawancara adalah kepuasan tersendiri. Ditambah, kepercayaan diri kita selama sesi wawancara yang bisa menjadi nilai plus.

Wawancara umumnya dilakukan dengan bertatap muka langsung. Perusahaan akan memanggil calon kandidat pegawainya untuk datang langsung ke kantor. Tujuannya, untuk lebih mengenal dengan calon pegawai mereka.

Dari pertemuan langsung itu, pihak perusahaan bisa mendapatkan penilaian melalui penampilan hingga gesture yang dibawakan oleh pelamar.

Tapi, gak ada salah satu tahapan di mana perusahaan lebih memilih untuk wawancara via video call menggunakan Skype.

Di zaman secanggih ini, wawancara dari jarak jauh bukanlah hal yang mustahil. Teknologi internet super cepat, dan aplikasi murah juga ssemakin mendukung.

Interview melalui Skye bukanlah pilihan utama, itu hanya sebagai sarana alternatif jika tidak memungkinkannya digelar wawancara secara face-to-face.

Biasanya beragam pertimbangan dilakukan pihak perusahaan untuk menggelar wawancara secara video call, salah satunya adalah lokasi kandidat dan kantor yang berjauhan.  

Misalnya perusahaan berada di Jakarta, tapi pelamar ada di Malang, untuk lebih efisien, ada baiknya menggelar sesi wawancara kerja via Skype.

Kalau kamu salah satu yang bakal menerima panggilan interview melalui video call, berikut rangkuman MoneySmart terkait kiat sukses wawancara kerja via skype:

1. Pilih lokasi yang tepat

Pilih lokasi yang tepat
Pilih lokasi yang tepat

Pilihlah ruangan yang jauh dari hingar bingar demi memberikan ketenangan selama proses wawancara kerja berlangsung.

Kalau bisa, carilah latar belakang yang polos atau tidak terlalu banyak furnitur-furnitur. Tujuannya, agar pusat fokus si pewawancara tetap ke kamu, bukan ke lingkungan sekitar kamu.

Baca juga: Kisi-Kisi 10 Pertanyaan Kalau Kamu Dipanggil Wawancara Kerja di Facebook

2. Berpakaian formal

Pakaian kerja formal
Pakaian kerja formal

Meski kamu gak ketemu secaral langsung dengan pewawancara, kamu tetap harus menggunakan pakaian formal. Tujuannya adalah agar kamu tetap dipandang sebagai orang yang profesional.

Pakailah pakaian formal dari atas baju hingga celana, atau kalau mau lebih praktis, gunakan saja kemeja rapi ditambah dengan dasi. Meski yang terlihat diwawancara hanya bagian atas kamu saja, tapi usahakan memakai busana rapi sampai ke bagian bawah.

Biasanya sih pihak pewawancara sudah menginformasikan terlebih dahulu untuk menggunakan pakaian yang rapih. Kalau kamu masih nekat menggunakan pakaian santai, siap-siap saja sambungan Skype bakal diputus sama mereka.

Baca juga: Pengin Sukses Jawab Pertanyaan Saat Wawancara Kerja? Ini Triknya, Mudah Kok

3. Lihatlah ke kamera

Lihat ke kamera
Lihat ke kamera

Tatapan mata saat interview merupakan hal yang menjadi pertimbangan, tak terkecuali untuk wawancara kerja via Skype. Yang perlu kamu lakukan adalah tatap lensa kamera, jangan menatap ke layar.

Menatap ke lensa kamera sama saja dengan kamu membuat kontak mata langsung dengan pewawancara. Kalau ke layar, kamu justru lebih terlihat seperti sedang tertunduk, dan dinilai tidak sopan.  

4. Cek jaringan internet

Cek jaringan internet
Cek jaringan internet

Salah satu kelemahan wawancara kerja melalui video call adalah soal jaringan internet. Gak ada yang bisa menjamin bahwa internet dapat berjalan dengan baik setiap waktunya meski kamu sudah berlangganan dengan kecepatan tinggi.

Paling tidak, kamu bisa memastikan sebelum wawancara kerja apakah jaringannya sedang stabil atau tidak, kalau tidak, coba kamu bisa pindah ke tempat lain yang memiliki jaringan lebih baik.

Kasus yang sering terjadi di Indonesia kadang seperti itu, misalnya kamu memiliki jaringan internet dengan modem Wi-Fi, di beberapa bagian rumah kadang cepat, tapi kadang di beberapa aera lemot.

Itulah yang harus kamu waspadai. Coba jelajahi area di rumahmu misalnya, yang mendapatkan sinyal Wi-Fi terbaik.

5. Tutup semua program di desktop-mu

Tutup semua program
Tutup semua program

Meski sudah mendapatkan sinyal yang baik dan stabil, jangan lupa kamu tutup semua program yang sedang berjalan di komputermu. Fokuskan perangkatmu hanya untuk aplikasi Skype selama sesi wawancara.

Selain bisa mengganggu kelancaran Skype, program-program yang masih berjalan juga mengganggu fokus.

Misalnya, ketika wawancara berlangsung, tiba-tiba ada notifikasi dari Facebook atau Twitter milikmu, pastilah sangat mengganggu.

6. Perhatikan posisi tubuh

Perhatikan gesture tubuh
Perhatikan gesture tubuh

Bahasa tubuh menjadi salah satu penilaian yang dilakukan oleh HRD untuk memastikan orang yang mereka rekrut adalah orang terbaik. Pewawancara biasanya lebih tertarik dengan kandidat yang duduk dengan tegap dan penuh percaya diri.

Jadi, kalau kamu menunjukkan duduk dengan lesu atau malas-malasan jangan harap deh bisa lolos wawancara. Meski harus tegap tapi kamu juga menunjukkan bahwa diri kamu rileks, jangan malah seperti robot.

7. Latihan sebelum wawancara

Latihan sebelum wawancara
Latihan sebelum wawancara

Biar semakin sukses wawancaranya, ada baiknya kamu latihan terlebih dahulu. Karena semua sesi wawancara pasti akan menimbulkan rasa canggung.

Untuk meminimalisirnya ya dengan berlatih berbicara. Caranya, cobalah untuk latihan wawancara dengan seorang teman atau kalau tidak ada melakukannya dengan cermin. Mulailah dari hal-hal kecil seperti perkenalan diri, hingga menyampaikan visi-misi ke depannya.

Itulah 7 tips sukses wawancara kerja via video call atau Skype. Pelajaran pentingnya adalah, meski gak ketemu langsung dengan pewawancara, tapi penampilan tetap menjadi penilaian mereka.

Jadi, jangan sesekali meremehkan penampilan ketika wawancara kerja via jarak jauh. (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.