Wow Sukuk Tabungan Bisa Dibeli Tanpa Harus Bangun Dari Ranjang!

2 menit
Shutterstock

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan secara resmi meluncurkan instrumen Sukuk Tabungan seri ST-003 atau surat utang negara berbasis syariah. Produk ini diluncurkan pada hari Jumat 1 Februari 2019.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman mengatakan, sukuk tabungan bisa dipesan per 1 Februari 2019. Mulai pukul 09.00 WIB hingga 20 Februari 2019 pukul 10.00 WIB, dengan minimum pemesanan Rp 1 juta dan maksimum Rp 3 miliar.

“Kita tawarkan dari 1 sampai 20 Februari, kalau di kamar mau beli, langsung saja pakai handphone. Gunakan mbanking, sangat mudah,” ujar Luky dalam acara peluncuran Sukuk Tabungan ST-003 di Jakarta.

Untuk pemesanan bisa dilakukan melalui channel online atau dengan mengakses Informasi lebih lanjut terkait Sukuk Tabungan di www.kemenkeu.go.id/sukuktabungan. Bisa juga menghubungi 13 mitra distribusi yang telah ditetapkan melayani pemesanan pembelian secara online.

Sukuk ini juga tersedia di beberapa perusahaan financial technology (fintech), yaitu Investree dari PT Radhika Jaya, dan Mitrausaha Indonesia Grup atau Modalku.

Imbal Hasil

Selain itu, terkait dengan imbal hasil, kupon sukuk tabungan ini adalah floating with floor dengan tingkat imbalan acuan BI 7-Day (reverse) Repo Rate. Dengan tingkat kupon untuk periode pertama, yaitu 27 Februari – 10 Mei 2019 adalah sebesar 8,15 persen.

“Nggak kalah menariknya ini floating with floor, kita ada referensi dari BI rate 6 persen dan spread tetap 215 basis poin. Kalau BI rate naik, imbal hasilnya akan ikut,” kata Luky.

Untuk pembayaran imbalan, dibayarkan setiap tanggal 10 setiap bulan di hari kerja. Jika bertepatan dengan hari libur, maka pembayaran dilakukan pada hari kerja berikutnya. Namun tanpa kompensasi imbalan, dan imbalan pertama akan dibayar pada 10 April 2019.

Sementara itu, instrumen ST-003 ini bersifat tabungan, tidak dapat ditransaksikan di pasar sekunder, dan tidak dapat dicairkan hingga jatuh tempo dua tahun ke depan.

Tapi, aturan lainnya memungkinkan bahwa para investor bisa melakukan pencairan dini maksimal 50 persen, setelah rentang waktu satu tahun.

Instrumen ini sendiri sangat cocok bagi kamu yang memiliki toleransi resiko rendah, namun mengharapkan imbal hasil yang tinggi. Ditambah lagi, secara likuiditas dan keamanan sangat terjamin, dikarenakan diterbitkan oleh Pemerintah.

Jadi tunggu apalagi, kapan lagi bisa menabung sekaligus investasi namun dengan bunga yang menarik. Yuk beli Sukuk Tabungan.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!