Dijamin Tanpa Riba, Investasi Sukuk Tabungan ST-003 Kasih Bunga 8,13 Persen

4 menit
Sukuk (Ilustrasi).

Pemerintah kembali mengeluarkan Sukuk Tabungan, yaitu Sukuk Tabungan seri ST-003. Seperti yang diinformasikan Kementerian Keuangan, seri ST-003 mulai ditawarkan dari 1 – 20 Februari 2019.

Buat informasi aja nih, Sukuk Tabungan adalah salah satu Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau Sukuk Negara. Pemerintah memaksudkan ST sebagai instrumen pembiayaan yang bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai pilihan investasi syariah.

Selain Sukuk Tabungan, ada juga Sukuk Ritel yang menjadi pilihan investasi syariah lainnya dari Pemerintah. Sukuk Ritel SR-010 menjadi sukuk ritel terakhir yang diterbitkan Pemerintah. Gak menutup kemungkinan di tahun 2019, SR terbaru bakal diterbitkan lagi.

Pastinya hadirnya Surat Berharga Negara yang terbaru menjadi kabar yang dinanti-nanti banyak orang yang kepengin berinvestasi. Apalagi dengan investasi di Surat Berharga Negara, kita udah turut berkontribusi dalam pembangunan nasional.

Seperti yang kamu tahu, Pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan. Salah satu cara buat mendanai pembangunan tersebut adalah dengan berutang ke rakyatnya sendiri lewat penerbitan Surat Berharga Negara.

Selain menguntungkan, investasi di Sukuk Tabungan gak ada kata gagal bayar deh. Sebab Pemerintah menjamin instrumen ini. Gak cuma itu, hal-hal berikut ini juga bakal bikin kamu tertarik berinvestasi di instrumen ini. Apa aja? Yuk, disimak.

Baca juga: Gak Sampai Rp 50 Ribu, Hand & Body Lotion Murah Ini Bikin Kulitmu Makin Lembut

1. Imbalan 8,15 persen per tahun lebih besar dari deposito

Deposito (Shutterstock).

Jelas dibandingkan dengan deposito, menempatkan dana di Sukuk Tabungan ST-003 lebih menguntungkan. Sebab imbalan yang dikasih 8,15 persen per tahun. Lebih besar dari bunga deposito yang paling besar sekitar 6 persen per tahun.

Malah imbalan yang ditawarkan ini lebih besar dari imbalan Sukuk Ritel SR-010. Imbalan Sukuk Ritel SR-010 cuma sebesar 5,90 persen per tahun.

Namun, dibandingkan dengan ST-002, imbalan yang diberikan ST-003 masih kalah besar. Sebab ST-002 sebelumnya memberi imbalan sebesar 8,30 persen per tahun. Walaupun begitu, imbalan ST-003 masih menarik kok.

2. Bisa dimulai dari Rp 1 juta

Ilustrasi Sukuk Tabungan (Shutterstock)

Jangan berpikir kamu harus keluarkan uang hingga berpuluh-puluh atau beratus-ratus juta ya buat berinvestasi Sukuk Tabungan. Modal Rp 1 juta udah cukup kok buat memulai investasi ini. Bedanya jauh banget dibandingkan investasi deposito yang minimalnya Rp 10 juta.

Walaupun besaran minimalnya terjangkau, pembelian ST-002 juga ada batas maksimalnya lho. Investor cuma diperkenankan berinvestasi hingga Rp 3 miliar.

Baca juga: Belajar Kesuksesan Berbisnis dari Sosok Rika Hardjosuwarno, Pemilik Kembang Kencur

3. Lama investasi atau tenornya cuma 2 tahun

Tenor hanya dua tahun (Ilustrasi Shutterstock).

Sama seperti ST-002, lama investasi di Sukuk Tabungan ST-002 cuma berlangsung selama 2 tahun. Lama? Faktanya, tenor yang diberlakukan lebih singkat dibandingkan Sukuk Ritel SR-010 yang kasih tenor selama 3 tahun.

Walaupun lama, kamu bisa menggunakan opsi early redemption buat penarikan sebagian. Namun, opsi ini gak bisa sembarangan diambil karena ada ketentuannya.

4. Kalau suku bunga acuan BI naik, imbalan Sukuk Tabungan juga naik lho

Ramalan 2019 tentang suku bunga acuan BI. (Shutterstock)
Ramalan 2019 tentang suku bunga acuan BI. (Shutterstock)

Gak jauh beda dengan ST-002, besaran imbalan Sukuk Tabungan ST-003 juga mengikuti besaran suku bunga acuan Bank Indonesia (BI). Itu berarti kenaikan suku bunga acuan BI bakal diikuti dengan kenaikan imbalan Sukuk Tabungan ST-003.

Penetapan imbalan yang berdasarkan suku bunga acuan BI inilah yang disebut imbalan mengambang (floating). Kalau suku bunga acuan BI turun, besaran imbalan juga turun dong? Benar, besaran imbalan turun. Namun, penurunannya gak bakal kurang dari imbalan awal 8,15 persen.

Satu lagi nih yang perlu dicatat. Imbalan yang diberikan Pemerintah atas ST-003 ini bakal ditransfer ke rekening kamu tiap bulannya.

Baca juga: Mengenal Sosok Nilam Sari, Wanita Tangguh Dibalik Suksesnya Kebab Baba Rafi

5. Bisa dicairkan sebelum jatuh tempo

Jatuh tempo (Shutterstock).

Inilah yang dimaksud dengan opsi early redemption. Dengan mengambil opsi ini, kamu bisa menerima sebagian pelunasan pokok Sukuk Tabungan sebelum jatuh tempo.

Seperti yang disebutkan di atas tadi, penggunaan opsi ini ada ketentuannya. Opsi ini cuma bisa diambil investor yang menanamkan dananya minimal Rp 2 juta. Sementara jumlah maksimal buat early redemption sebesar 50 persen dari total dana yang diinvestasikan.

6. Bisa dibeli secara online

Investasi jangka panjang
Investasi jangka panjang

Sekarang ini investasi udah bisa dilakukan secara online. Mulai dari investasi deposito, emas, saham, hingga reksa dana. Begitu juga dengan investasi Sukuk Tabungan. Kamu bisa melakukan pembelian secara online.

Kementerian Keuangan telah menjalin kerja sama dengan banyak mitra distribusi. Mulai dari bank, sekuritas, hingga fintech.

Berikut ini adalah beberapa mitra distribusi buat pembelian ST-003.

  • Bank Central Asia (BCA)
  • Bank Mandiri
  • Bank Negara Indonesia (BNI)
  • Bank Permata
  • Bank Rakyat Indonesia (BRI)
  • Bank Tabungan Negara (BTN)
  • Trimegah Sekuritas Indonesia
  • Bareksa
  • Tanamduit
  • Investree
  • Modalku
  • Bank Mandiri Syariah
  • BRI Syariah

Buat memudahkan kamu, para mitra distribusi tersebut bisa diakses melalui halaman ini yang telah disediakan Kementerian Keuangan.

7. Investasi di Sukuk Tabungan dapat persetujuan MUI

Investasi Reksa Dana

Gak perlu ragu lagi buat investasi di Sukuk Tabungan. Sebab investasi ini dinilai telah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Penerbitan Sukuk Tabungan yang sesuai prinsip-prinsip syariah ini dapat dicek di Surat Pernyataan Kesesuaian Syariah DSN-MUI Nomor B-090/DSN-MUI/I/2019 tanggal 29 Januari 2019.

Ditambah lagi pemberian imbalan Sukuk Tabungan telah mengikuti Fatwa DSN-MUI Nomor 112 Tahun 2017 tentang Akad Ijarah. Dengan berpedoman pada fatwa tersebut, imbalan atau kupon ST-003 merupakan ujrah atau uang sewa.

Nah, itu tadi beberapa hal yang perlu kamu tahu dari investasi Sukuk Tabungan ST-003. Gimana? Tertarik buat taruh dana di ST-003? Oh, iya. Pembelian ST-003 ini ada periode waktunya lho ya. Jadi, jangan sampai kehabisan ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan