Gak Cuma Punya Bunaken, Ini Alasan Sulawesi Utara Wajib Masuk Daftar Liburanmu

4 menit
Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara (Instagram).
Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara (Instagram).

Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dinobatkan sebagai The Rising Star sektor pariwisata Indonesia. Pasalnya mereka karena mampu mendorong pertumbuhan kinerja pariwisatanya hingga 600 persen dalam empat tahun terakhir.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan pariwisata Sulawesi Utara (Sulut) khususnya Kota Manado memiliki pertumbuhan tertinggi. Dalam empat tahun terakhir yakni tumbuh sebesar 6 kali lipat atau 600 persen sehingga layak mendapat penghargaan sebagai ‘The Rising Star’.

“Penghargaan sebagai The Rising Star ini akan diberikan pada event Jakarta Marketing Week pada 25 April 2019,” kata Menpar Arief Yahya usai meluncurkan Calender of Event Sulut 2019 di Kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Senin malam (22/4).

Menpar menjelaskan, wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Sulut, utamanya ke Manado dan Bitung pada 2015 sebanyak 20 ribu. Tahun 2016 meningkat menjadi 40 ribu atau dua kali lipat. Selanjutnya pada 2017 sebanyak 80 ribu, dan tahun 2018 meningkat menjadi 120 ribu.

“Dalam 4 tahun kunjungan wisman ke Sulut meningkat 6 kali lipat. Begitu juga pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) dari sekitar 2 juta menjadi 4 juta. Atau dua kali lipat, 200 persen, padahal di daerah lain hanya sekitar 5 sampai 10 persen,” kata Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya mengatakan, CEO Commitment dari pimpinan daerah (gubernur, bupati, dan walikota) menjadi salah satu kunci keberhasilan Sulut dalam mengembangkan sektor pariwisata.

“Sulut tahun ini memiliki 3 event unggulan masuk dalam 100 Wonderful Event 2019,” kata Arief Yahya. Ia mengatakan, 3 event pariwisata itu berkelas internasional.

Baca juga: Gak Cuma Ada Rawon, Surabaya Punya Universal Studio Mirip Singapura Lho!

Sulawesi Utara menggelar 14 event unggulan

Tagulandang, Sulawesi Utara
Tagulandang (Instagram).

Sementara itu Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang diwakili Sekda Provinsi Sulut Edwin Silangen mengatakan, tahun ini Sulut menggelar 14 event unggulan di 15 kota dan kabupaten se-Sulut.

“Kami berterimakasih tahun ini Kemenpar memasukan 3 event yakni Festival Pesona Bunaken, Tomohon International Flower Festival, dan Festival Pesona Selat Lembeh dalam kalender nasional 100 Wonderful Event 2019,” katanya.

Tujuan launching Calender of Event (CoE) Sulut 2019, seperti disampaikan Edwin Silangen yakni untuk mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman). Pada tahun 2017 lalu Sulut dikunjungi 1.866.000 wisnus dan 79.377 wisman.

Sulut memiliki produk wisata utama (core) sebagai destinasi wisata bahari (marine tourism) terutama Bunaken sebagai marine tourism kelas dunia dan sudah menjadi icon pariwisata Kota Manado. Selain itu destinasi wisata budaya dan ekowisata antara lain KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional) Tomohon–Tondano dan sekitarnya. Bunaken dan sekitarnya, serta Bitung-Lembeh dan sekitarnya sebagai supporting.

Tiga event unggulan Sulut yang masuk dalam 100 CoE WI 2019 yakni Festival Pesona Bunaken yang akan berlangsung di Manado pada 26-29 Juli 2019. Acara ini merupakan bentuk upaya melestarikan sumber daya alam bawah laut dan seni budaya. Sehingga dapat memberikan jaminan keberlangsungan pariwisata setempat serta meningkatkan kunjungan wisatawan yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Pulau Bunaken seluas 8,08 km² di Teluk Manado merupakan bagian dari kota administratif Manado. Sementara itu event Tomohon International Flower Festival akan berlangsung di Kota Tomohon pada 7-12 Agustus 2019.

Event tahunan ini menampilkan kendaraan hias yang didekorasi menggunakan bunga khas Kota Tomohon dalam berbagai bentuk dan variasi. Kemudian disesuaikan dengan karakteristik masing-masing peserta. Kendaraan hias tersebut dinilai oleh tim pakar independen yang memiliki kompetisi di bidang florikultura.

Event Festival Pesona Selat Lembeh akan berlangsung di Satkamla, Kecamatan Aertembaga Kota Bitung, pada 6-10 Oktober 2019. Acara festival budaya ini dimeriahkan dengan sailing pass, lomba kapal hias, festival kuliner, pentas seni dan budaya, colar plantation, 10 K, dan thanksgiving. Tujuan festival ini untuk mempromosikan potensi Kota Bitung umumnya dan Selat Lembeh khususnya.

Baca juga: Mulai dari Pantai Sampai Mata Air, Ini Deretan Objek Wisata di Malang yang Kekinian Banget

Objek wisata di Sulawesi Utara yang wajib dikunjungi

Sulawesi Utara
Patung Yesus Memberkati menjadi objek wisata yang patut dikunjungi (Instagram).

Mendengar nama Sulawesi Utara (Sulut) pasti kamu akan langsung mengingat Bunaken atau Manado kan? Padahal objek wisata di provinsi ini gak cuma itu aja. Banyak surga tersembunyi yang wajib kamu jelajahi kala berlibur ke provinsi yang dikenal akan Bukit Kasihnya tersebut. Ada apa aja sih di Sulut? Kita simak yuk.

1. Bukit Kasih

Bukit Kasih ini terletak sekitar 55 km arah selatan Manado, tepatnya di Desa Kanonang, Kabupaten Minahasa. Bukit Kasih ini merupakan bukit belerang yang masih alami. Untuk datang ke sini, dibutuhkan dua jam perjalanan dari Kota Manado melalui Tomohon. Untuk diingat, jalan di Gunung Soputan curam dan berliku. Disini juga kamu akan menemukan tempat ibadah lima agama yang saling berdekatan.

2. Danau Tondano

Danau Tondano menjadi tempat wisata andalan di Sulawesi Utara setelah Taman Nasional Bunaken. Danau Tondano juga menjadi danau penghasil ikan air tawar. Danau ini merupakan yang terbesar kedua di Indonesia. Danau seluas 4.278 hektare ini dikelilingi jalan provinsi dan menghubungkan Kota Tondano, Kecamatan Tondano Timur, Kecamatan Eris, Kecamatan Kakas, Kecamatan Remboken, dan Kecamatan Tondano Selatan.

3. Kota Bunga Tomohon

Kota Bunga Tomohon ini mempunyai koleksi bunga yang sangat beragam. Kondisi tanahnya yang subur dan udaranya yang sejuk membuat tempat ini cocok untuk menanam segala jenis bunga. Kota cantik ini juga memiliki acara pameran berkelas internasional bertajuk Tomohon International Flower Festival.

4. Taman Nasional Bunaken

Tempat terbaik untuk melakukan aktivitas snorkeling atau diving ini menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang. Serta berbagai spesies ikan, moluska, reptil dan mamalia laut. Taman Nasional Bunaken merupakan perwakilan ekosistem laut Indonesia, meliputi padang rumput laut, terumbu karang dan ekosistem pantai.

Taman nasional ini didirikan pada tahun 1991 dan meliputi wilayah seluas 890.65 km². 97 persen dari taman nasional ini merupakan habitat laut, sementara 3 persen sisanya merupakan daratan, meliputi lima pulau, Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen.

5. Waruga Sawangan

Berkunjung ke suatu tempat gak lengkap tanpa berwisata sejarah. Ya apalagi sejarah pemakaman penduduk setempat menarik sekali untuk diulas. Waruga adalah sejenis sarkofagus berbahan batu yang difungsikan sebagai makam oleh Suku Minahasa. Di Taman Purbakala Waruga Sawangan, sebanyak 144 waruga berbaris dalam suatu kompleks yang tak jauh dari pemukiman penduduk. Terletak di ketinggian 235 mdpl, situs yang telah menjadi cagar budaya itu banyak didatangi traveler untuk wisata sejarah sekaligus hunting foto.

Baca juga: Menapaki Objek Wisata Yogyakarta yang Selalu Berhasil Bangkitkan Kenangan

Nah itu tadi ringkasan objek wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Sulawesi Utara. Meski gak bisa mengunjungi semuanya, gak ada salahnya kamu berkunjung ke lima objek wisata di atas tadi. Selamat berlibur ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be