Banner ImageBanner Image

Sulit Menabung? Ikuti 4 Cara Ini Agar Sukses Mengatur Keuangan di Masa Muda

3 menit
Menabung sejak dini dapat membuat keuangan kamu sehat (Ilustrasi).

Kamu merasa sulit dalam mengatur keuangan? Hampir sebagian besar orang merasakan hal itu. Solusi untuk mengatur keuangan yang banyak dilakukan orang-orang saat ini adalah menabung.

Tetapi, bagi sebagian besar orang justru menganggap menabung adalah hal terberat yang mereka lakukan. Pasalnya, setiap kali mendapat gaji, niat untuk menabung seolah tak terealisasikan dengan baik.

Sebetulnya, ada loh cara kecil agar keuangan kamu gak selalu defisit terus menerus. Cara tersebut bisa dilakukan tanpa harus berfikir keras, bahkan bisa kamu lakukan tanpa sadar kalau memang niat menyehatkan keuangan.

Cara ini sangat cocok dilakukan untuk kamu yang merasa kesulitan menabung. Agar bisa merasakan freedom financial di usia muda, yuk lakukan 5 langkah mudah ini.

1. Catat pengeluaran sekecil apapun

Mencatat pengeluaran (Ilustrasi).

Ini penting untuk kamu lakukan saat akan membelanjakan uang gaji. Catat setiap detail pengeluaran. Meski sederhana, dengan selalu mencatat segala pengeluaran bisa membantu kamu dari hidup boros.

Banyak orang menganggap membelanjakan uang receh mereka saat akhir pekan, justru salah! uang receh yang tanpa sengaja kamu kumpulkan dari hasil kembalian itu bisa jadi harta karun loh!

Mulai sekarang, kamu harus cermat dalam membelanjakan uang ya. Siapa tahu saja uangmu akan terkumpul banyak saat ada masalah keuangan menghampiri.

2. Fokus

Menabung sesuai tanggalan
Menabung sesuai tanggalan

Setiap orang pasti memiliki tujuan masing-masing dalam mengumpulkan uangnya. Apa tujuan kamu menabung? Apakah untuk masa depan buah hati, atau dana darurat? Jika kamu selalu ingat akan tujuan tersebut, semangat menabung pasti terus membara.

Memang bukan hal mudah mengatur nafsu atau keinginan berbelanja, tetapi, kalau ingat tujuan kamu dalam menabung, pasti seketika niat menghambur-hamburkan uang itu akan hilang dengan sendirinya. Lambat laun, kamu akan pandai dalam mengelola keuangan jika sudah berhasil meredam hasrat ingin berperilaku boros.

3. Hindari belanja hanya kepentingan sosmed

Sosial media (Ilustrasi).

Setiap manusia pasti selalu ingin terlihat hidup bergelimang harta, mampu membeli barang mewah apapun. Selalu mengikuti tren terkini di sosial media membuat mereka membeli barang yang ternyata tidak diperlukan.

Kalau kamu ingin terus fokus menabung, buang deh kebiasaan pencitraan ini di sosial media. Sama sekali tidak ada gunanya kalau kamu mengikuti orang-orang menghabiskan uang dan pamer foto di akun sosial media. Kebiasaan ini justru membuat kamu hidup boros dan berimbas pada penumpukan utang.

4. Investasi

Pertumbuhan investasi (Ilustrasi by Shutterstock).

Saat ini, investasi bukan hal tabu lagi untuk dilakukan. Bahkan anak muda saat ini sudah banyak yang mulai berinvestasi entah saham, reksadana, atau emas. Investasikan berapapun uang bulanan kamu yang tersisa. Zaman sekarang, investasi bisa dilakukan dengan jumlah uang yang kecil.

Kalau setiap harinya ada uang sisa Rp 5 ribu saja di dalam dompetmu, dalam satu bulan kamu sudah bisa mengumpulkan uang kurang lebih Rp 150 ribu kan? Daripada terbuang sia-sia, lebih baik uang kecil tersebut disimpan dan akan berguna ketika kamu membutuhkannya nanti.

Orang sukses secara finansial itu bukanlah mereka yang menyianyiakan waktu pada saat bekerja. Dia bisa seperti itu karena bekerja keras sejak muda. Dia menabung, berinvestasi, bekerja secara tekun dan giat, baru lah kesuksesan lambat laun menghampiri.

Bahkan, prinsip orang sukses, jika masih ada usia untuk terus bekerja keras, mereka akan lakukan itu. Hal itu lah yang perlu kamu tanamkan jika ingin sukses di masa depan di usia yang masih sangat muda.

Nah, tips tadi itu bisa kamu terapkan mulai sekarang. Gak hanya disiplin dalam menabung, jika ingin sukses kamu juga harus bekerja secara gigih. Juga jangan terlalu banyak mengeluh dan menuntut ini itu.

Selamat mencoba! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan