Kerap Di-Bully hingga Punya Banyak Fobia, Ini 7 Fakta Menarik Sulli

4 menit
Sulli (Instagram/@jelly_jilli)

Kabar duka datang dari penyanyi sekaligus aktris Korea Selatan, Sulli. Sulli mantan personel f(x) ditemukan meninggal dunia di apartemennya, Senin 14 Oktober 2019 waktu setempat.

Berita duka tersebut tentu saja sangat mengejutkan banyak pihak. Gimana gak, sehari sebelum meninggal, Sulli masih melakukan syuting iklan dan tampil sebagai cameo di drama “Hotel del Luna”. Sulli juga mengunggah video di akun Instagram pribadinya.

Sontak, kepergiannya membuat banyak pihak terkejut, mulai dari pihak keluarga, penggemar hingga rekan artisnya yang lainnya.

Terlebih lagi, pemilik nama asli Choi Jin-ri ini diketahui meninggal dunia karena bunuh diri di lantai dua apartemen pribadinya di Seongnam, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan.

Wanita 25 tahun ini dikabarkan megakhiri hidupnya karena depresi berat. Pasalnya, Sulli merupakan salah satu artis Korea yang kerap mendapat komentar negatif banyak orang atau istilah kerennya bully.

Meski begitu, kariernya di dunia hiburan terbilang sangat cemerlang. Tercatat, sudah banyak sekali karya yang ditorehkannya, mulai dari sebagai penyanyi, aktris hingga model iklan.

Untuk mengenang sang artis, kali ini MoneySmart ingin membeberkan fakta menarik Sulli dari mulai debutnya hingga akhir hayatnya seperti dirangkum dari berbagai sumber:

Berkarier di dunia hiburan sejak usia 11 tahun

sulli
Berkarier di dunia hiburan sejak usia 11 tahun (Instagram/@jelly_jilli)

Mantan personel girlband f(x) ini sebenarnya bukan orang baru di industri hiburan Korea Selatan. Diketahui kalau Sulli sudah memulai debutnya sebagai artis di usia 11 tahun.

Saat itu, Sully bermain dalam drama “The Ballad of Seodong” dan memerankan karakter sebagai Putri Sun-hwa muda. Wajah imutnya berhasil mencuri perhatian.

Tawaran berakting pun mulai membanjiri wanita kelahiran Busan, 29 Maret 1994. Namun, namanya baru melejit saat bermain di serial drama “To the Beautiful You” bersama Choi Minho dari Shinee pada tahun 2012.

Baca juga: Rata-Rata Honornya Selangit, Ini 7 Artis Korea Berharta Ratusan Miliar!

Bergabung sebagai member f(x)

sulli
Bergabung sebagai
member f(x) (Instagram/@jelly_jilli)

Tak cukup menjadi aktris, Sulli yang memang memiliki impian menjadi penyanyi terkenal ini kemudian bergabung sebagai salah satu member girlband terkenal f(x).

Namun, hal itu tak diperoleh Sulli dengan mudah. Pasalnya, dia harus menunggu dan berusaha keras cukup lama sebagai trainee di SM Entertainment.

Dijuluki sebagai Giant Baby

sulli
Dijuluki giant baby (Instagram/@jelly_jilli)

Pemain film Fashion King” ini ternyata memiliki nama panggilan unik yaitu giant baby saat masih bergabung dengan f(x). 

Julukan tersebut disematkan kepada Sulli karena memiliki tubuh yang tinggi yaitu hingga 169 cm dan berparas imut seperti anak-anak.

Vakum dari dunia hiburan saat di puncak karier

sulli
Vakum di dunia hiburan saat di puncak karier (Instagram/@jelly_jilli)

Punya karier yang cemerlang sebagai seorang aktris dan penyanyi, membuat Sulli sempat vakum saat kariernya tengah berada di puncak popularitas.

Keputusan tersebut tentu saja sangat mengejutkan banyak orang. Terlebih, vakumnya Sulli terbilang cukup lama, yaitu hingga 14 bulan hingga di tahun 2015. Pihak agensi yang menaungi Sulli menyatakan kalau sang artis sudah tidak lagi menjadi member f(x).

Digosipkan menjalin cinta dengan sejumlah artis

sulli
Menjalin hubungan dengan banyak artis (Instagram/@jelly_jilli)

Artis cantik yang dikabarkan meninggal gantung diri ini selama hidupnya sempat dikabarkan memiliki kisah asmara dengan beberapa selebriti pria.

Sebut saja di antaranya adalah Kim Heechul (Super Junior), G-Dragon (Big Bang), Chanyeol (EXO), Minho (Shinee) hingga Choiza (Dynamic Duo).

Sayang, kisah asmaranya dengan Choiza justru membuatnya dihujat banyak orang karena dinilai terlalu mesra.

Tuai kontroversi

sulli
Tuai kontroversi (Instagram/@jelly_jilli)

Sulli juga dikenal sebagai salah satu selebriti yang kerap menuai kontroversi. Salah satunya, saat tak sengaja berkata kasar di acara televisi “Running Man”.

Gak cuma itu saja, Sulli juga sering terlihat tidak menggunakan bra. Itu dapat dilihat dari beberapa foto yang diunggah di akun Instagram-nya. Karena aksi tersebut, Sulli pun kerap mendapat komentar negatif.

Punya banyak fobia dan memiliki gangguan mental

sulli
Punya banyak fobia (Instagram/@jelly_jilli)

Di salah satu acara televisi Korea Selatan, Sulli mengaku memiliki beberapa fobia yang cukup parah. Salah satunya, aquaphobia.

Kondisi tersebut terjadi karena saat kecil, dua orang temannya pernah membenamkan kepalanya ke dalam air.

Gak cuma itu, Sulli juga memiliki gangguan kepanikan dan sindrom popularitas. Namun, dia sangat berjuang mengatasi gangguan mentalnya hingga akhirnya menyerah dan memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Itulah tujuh fakta menarik Sulli f(x) dari semasa hidupnya hingga memutuskan untuk pergi selama-lamanya. Selamat jalan Sulli, karyamu akan selalu dikenang! (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.