4 Spot Menarik di Kashmir, Surga Dunia yang Jadi Rebutan Pakistan dan India

3 menit
Melongok Objek Wisata Menarik di Kashmir, Surga Dunia yang Diperebutkan India dan Pakistan (Shutterstock).

Eksotisme India tengah menjadi salah satu tujuan favorit masyarakat di Indonesia. Kekhasan budaya Hindunya yang sangat kuat membuat siapa saja terkesima. Gak cuma soal budaya, India juga merekam sejumlah destinasi-destinasi yang bisa disebut sebagai surga dunia yang ada di Kashmir.

Tapi siapa sangka kalau Kashmir merupakan daerah yang berdiri di bawah administrasi tiga negara. Gak cuma India, ternyata wilayah Kashmir juga ada yang dibawah pemerintahan Pakistan, dan Cina. Yang paling aman dan paling sering dikunjungi sih yang di daerah India.

Kashmir ini sudah sejak dulu menjadi daerah rebutan bagi India dan Pakistan. Kejadian terjadi tepatnya pada tahun 1947, ketika kedua negara baru sama-sama merdeka dari Inggris. Saat itu wilayah yang mayoritas muslim itu dipimpin oleh seorang yang beragama Hindu, mereka pun diminta untuk memutuskan memilih siapa, hingga akhirnya sang pemimpin memilih untuk bergabung dengan India.

Pascapenentuan nasib itu, konflik terus terjadi di perbatasan India dan Pakistan. Pada Februari 2019 hingga kini saja kedua negara sudah saling adu serangan udara. Sayang banget ya bagi potensi wisata di Kashmir.

Mari kita kesampingkan sejenak konflik yang terjadi di sana, surga dunia yang tengah menjadi rebutan dua negara tersebut menyimpan banyak destinasi-destinasi menarik. Apa saja? Yuk kita simak, melansir laman Tripadvisor.

1. Indira Gandhi Tulip Garden

Indira Gandhi Tulip Garden (Shutterstock).

Gak cuma Belanda yang punya bunga tulip, di Kashmir, India juga ada. Tepatnya di Indira Gandhi Memorial Tulip Garden pegunungan Srinagar. Ini merupakan taman tulip terbesar di Asia.  Luas taman ini sekitar 73 hektar, ditumbuhi oleh 53 jenis tulip berwarna warni.

Harga tiket masuknya tergolong murah, untuk orang dewasa dikenakan biaya 50 rupee atau sekitar Rp 9 ribuan. Sementara anak-anak 20 rupee atau sekitar Rp tiga ribuan saja.

Waktu yang tepat untuk mengunjunginya adalah pada bulan Maret hingga April saat bunga tengah mekar-mekarnya. Kalau kamu mengunjungi di luar bulan itu, ya jangan harap bisa melihat tulip bermekaran.

2. Pangong Tso Lake

Pangong Tso Lake (Shutterstock).

Pangong Tso adalah sebuah danau yang berada di wilayah Ladakh. Tempat ini pertama kali mulai terkenal adalah ketika dijadikan lokasi syuting film India ‘3 Idiot’. Selain itu, lanskap yang ditawarkan pun sangat indah dengan latar belakang pegunungan Himalaya, dijamin bakal ciamik kalau kamu foto buat di Instagram.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke sini adalah saat musim panas. Karena jika kamu berkunjung pada saat musim dingin sekitar bulan Januari sampai Maret, air danau bakalan membeku.

3. Lembah Zanskar

Lembah Zanskar (Shutterstock).

Lembah Zanskar menjadi salah satu wisata petualangan yang paling menarik di India dan bikin semuanya jatuh cinta. Di sana kalian akan disuguhkan danau yang tenang dengan pemandangan perbukitan.

Untuk bisa mencicipi udara segar nan jauh dari hiruk pikuk perkotaan di sini, kamu harus ekstra keras menuju ke sana dengan trekking. Tapi tenang saja, rasa lelahmu gak bakal terasa.

Di destinasi ini, kamu juga bakal menemukan Kuil Budha Phuktal. Kuil ini unik karena letaknya yang menempel bahkan menyatu dengan dinding bebatuan. Diklaim didirikan sejak 2.500 silam oleh 16 orang pengikut Budha. Ketika memasuki kuil, kamu akan merasakan ketenangan yang benar-benar bisa melepas segala beban kehidupanmu.

4. Gulmarg

Gulmarg (Shutterstock).

Bermain ski di India bukanlah hal yang mustahil. Kalau kamu pikir di India udaranya panas, mungkin kamu belum mengetahui Gulmarg. Gulmarg merupakan salah satu daerah spot ski yang masuk dalam kawasan Pegunungan Himalaya.

Di sini kamu akan menaiki gondola tinggi yang membawamu ke ketinggian 5.000 mdpl. Dari dalam gondola pun kamu sudah disuguhkan dengan pemandangan yang mencengangkan.

Gak cuma ski, kamu juga bisa menikmati beragam aktivitas lainnya bisa misal main lempar-lemparan salju, hiking, atau bersepeda juga bisa. Tapi, waktu yang tepat untuk mengunjunginya adalah di bulan Juni sampai Oktober, dan Desember sampai Januari.

Nah itu tadi 4 spot surga dunia yang bisa kamu kunjungi di Kashmir, India. Meskipun kini tengah dalam masa tegang-tegangnya akibat konflik, Kashmir masih tetap menjadi spot wisata andalan di India.  (Editor: Winda Destiana Putri).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.