Pengin Boyong Mobil Legendaris Suzuki Jimny? Siapkan Kocek Rp 315 Juta!

3 menit
Pengin Boyong Mobil Legendaris Suzuki Jimny? Siapkan Kocek Rp 315 Juta!, (Okky Budi/MoneySmart.id).

Dalam perhelatan pameran otomotif GIIAS 2019, Suzuki Jimny akhirnya juga ikut mejeng. Mobil legendaris dari Suzuki ini menampilkan bentuk yang lebih segar dan modern bila dibandingkan generasi terdahulunya. 

Meski secara fitur dan mesinnya sudah lebih modern, Jimny tetap gak kehilangan gaya klasiknya. Bentuk bodi khas Jimny dan tegas masih dipertahankan di seri terbarunya kali ini. 

Jimny sendiri sudah lahir sejak tahun 1970-an. Kala itu, ketika semua pabrikan otomotif berlomba-lomba menciptakan mobil SUV maupun off road dengan bodi yang besar, Suzuki justru berani tampil berbeda. 

Mereka malah mengeluarkan Jimny sebagai mobil off road yang ringan, namun udah dibekali dengan teknologi 4WD layaknya mobil petualang lainnya. Tak hayal Suzuki berhasil mendistribusikannya ke lebih dari 190 negara di dunia termasuk Indonesia saat itu. 

Generasi pertama Jimny pertama kali rilis pada tahun 1970-an. Desainnya tegas kotak ala desain mobil pabrikan Amerika Serikat Jeep kala itu dengan atap terbuka. Sepuluh tahun berselang generasi kedua lahir, namun bentuk desain masih terbilang sama dengan model sebelumnya. 

Generasi ketiga yang rilis sekitar tahun 1990-an akhir, Jimny sudah mengusung atap tertutup. Mobil ini udah gak lagi cuma dinikmati bagi pecinta track-track sulit saja, tetapi juga udah difungsikan buat kendaraan perkotaan. 

Baru deh Suzuki Jimny generasi keempat lahir di tahun 2018 lalu dan mulai dipasarkan di Indonesia 2019 ini. Kira-kira seperti apa spesifikasinya dan berapa harganya? 

Baca juga: 7 Merek Mobil Ini Mahal Banget, tapi Tetap Aja Laku di Indonesia

Meski kecil, Jimny muat buat 4 penumpang 

Suzuki Jimny
Ini penampakan interior Jimny terbaru yang muat 4 orang penumpang, (Okky Budi/MoneySmart.id).

Kita ulas dari bagian bodi, Jimny bentuknya masih sama seperti seri-seri terdahulunya, yaitu berbentuk kotak tegas, dilihat sih mirip-mirip Jeep namun versi mininya. Pokoknya kalau dilihat dari jauh saja pasti kamu udah tahu kalau mobil ini adalah Jimny. 

Selain itu, berbeda dari generasi pertama dan kedua, yang cuma muat untuk dua penumpang, generasi 4 ini bisa menampung empat penumpang. Tapi namanya mobil kecil dua pintu, kekurangannya adalah kursi bagian belakang agak sedikit sempit. 

Kalau kamu mau bawa barang-barang banyak, kursi belakang juga bisa dilipat dan dimanfaatkan sebagai ruang bagasi yang luas. 

Baca juga: Mengintip Tiga Mobil Baru dari Toyota pada Pameran Otomotif GIIAS 2019

Mesin dan fitur yang udah canggih 

Suzuki Jimny
Begini nih wujud si mungil Jimny yang warnanya hijau stabilo menyala, (Okky Budi/MoneySmart.id).

Jimny telah dibekali dengan mesin 4 silinder dengan kapasitas 1.500 cc. Layaknya mobil off road pada umumnya, Jimny kali ini dibekali dengan 4WD, jadi dijamin tangguh buat  menempuh segala rintangan seperti jalan menanjak yang berbatu dan berlumpur. 

Untuk penerangan, Jimny terbaru juga udah dibekali dengan lampu LED yang jelas lebih tahan lama dan lebih terang. Uniknya lagi, di depan lampu udah disematkan penyiram air bertujuan buat membersihkan lumpur atau debu yang mengganggu pencahayaan.  

Baca juga: Mobil Wuling Super Canggih Bisa Diajak ‘Ngobrol’ Seharga Rp 260 Jutaan!

Harganya di atas Rp 300 jutaan dan cuma diproduksi di Jepang 

Suzuki Jimny
Jimny terbaru ini dibanderol di angka Rp 315 jutaan, minat gak?, (Okky Budi/MoneySmart.id).

Suzuki Jimny di Indonesia terdapat delapan pilihan warna. Ada warna hijau hingga abu-abu pokoknya bisa kamu pilih sesuai selera. Kesan kekinian dan sporty begitu terasa banget nih saat mengendarai Jimny keluaran terbaru ini. 

Tapi sayangnya buat memboyong ini kamu mesti rela mengantre lama. Pasalnya, produksinya masih dilakukan di Jepang, dan jatahnya buat pasar Indonesia hanya 50 unit per bulannya. Kalau mau cepat dapat, buru-buru deh pesan supaya gak inden berbulan-bulan. 

Harganya, dipatok mulai dari Rp 315 juta buat transmisi manual dan Rp 330 juta buat transmisi automatic. Gimana berminat untuk memboyong si imut tangguh Suzuki Jimny ini? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.