Nabung Gak Bikin Kantong Bolong! SiMuda Aja

3 menit
Tabungan berjangka SiMuda (MoneySmart/Helda Sihombing)

Tabungan berjangka merupakan produk simpanan yang mengharuskan kita menyetor tiap bulannya untuk jangka waktu periode tertentu. Produk simpanan yang satu ini tidak melulu dominasi orang dewasa, anak muda pun kini bisa memilikinya lewah SiMuda.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencanangkan bulan Oktober lalu sebagai Bulan Inklusi Keuangan buat meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia.

Menandai Bulan Inklusi Keuangan itu, OJK kerja sama dengan bank di Indonesia meluncurkan tabungan berjangka SiMuda. Apa tuh?

Lewat gelaran Financial Institution EXPO (FinEXPO) yang digelar beberapa waktu lalu, OJK dan bank di Indonesia saling bekerjasama. Perwakilan dari OJK maupun bank sama-sama saling mendukung dengan meluncurkan produk perbankan terbaru bernama SiMuda.

SiMuda, tabungan berjangka untuk kaum muda

Tabungan berjangka BCA (MoneySmart/Helda Sihombing)
Tabungan berjangka BCA (MoneySmart/Helda Sihombing)

Apa sih SiMuda? Secara singkat, SiMuda merupakan akronim dari Simpanan Mahasiswa dan Pemuda.

Bila sebelumnya kamu udah gak asing sama TabunganKu yang juga dirilis berbagai bank, maka produk perbankan yang satu ini hampir mirip. Bisa dibilang, produk ini menyasar anak muda yang bisa jadi agak berat bila harus menabung dengan jumlah banyak.

TabunganKu adalah produk perbankan yang berbentuk tabungan biasa, namun kamu bisa setor dengan jumlah minimum Rp 10 ribu.

Sementara itu, SiMuda merupakan tabungan berjangka dengan setoran minimum yang terjangkau banget pula. Biasanya kan yang namanya tabungan berjangka ditujukan buat orang dewasa dengan nominal cukup besar pula, bukan?

“Tentunya kami sadari bahwa kebutuhan tiap nasabah berbeda-beda pada tiap fase kehidupannya. Tahapan Berjangka SiMuda memang kami peruntukkan untuk generasi muda yang memiliki banyak keinginan. Dengan tabungan ini, generasi muda menjadi terbiasa menabung secara rutin, sehingga keinginannya dapat terwujud,” ungkap Direktur BCA Santoso.

Jadi, kamu yang masih muda udah bisa menyiapkan tabungan masa depan sedini mungkin. Gak ada alasan tidak mencoba konsisten menabung.

Pasalnya, tabungan berjangka yang cukup mengikat ini emang secara langsung dan gak langsung “memaksa” kamu buat nabung.

Bank ramai-ramai meluncurkan tabungan berjangka SiMuda

Tabungan berjangka SiMuda (MoneySmart/Helda Sihombing)
Tabungan berjangka SiMuda (MoneySmart/Helda Sihombing)

Berbagai bank yang udah kerja sama dengan OJK saling mendukung dengan sama-sama meluncurkan produk tabungan berjangka SiMuda. Mulai dari bank pemerintah seperti BRI, sampai bank swasta seperti BCA.

Masing-masing bank tersebut meluncurkan tabungan SiMuda yang menetapkan setoran minimum cukup jauh lebih rendah daripada tabungan berjangka biasa.

Secara umum, berikut fitur dan keunggulan SiMuda dibandingkan tabungan berjangka biasa:

  • Tabungan berjangka SiMuda dikhususkan buat anak muda dengan usia 18 tahun sampai 30 tahun
  • Tabungan tersedia dalam mata uang rupiah aja
  • Tabungan berjangka tersedia dalam pilihan waktu 12 bulan sampai 240 bulan alias 20 tahun
  • Terdapat fitur Autodebet yaitu setiap bulan rekening kamu bakal langsung didebet sesuai nominal yang udah disepakati buat dimasukkan ke rekening Tabungan Berjangka SiMuda
  • Bisa membuka lebih dari satu rekening SiMuda yang dihubungkan dengan satu sumber rekening dana
  • Nasabah gak bisa melakukan penarikan dana selama jangka waktu menabung yang udah dipilih

Sementara itu, untuk jumlah setoran awal minimal dan seterusnya cukup berbeda-beda dari satu bank dengan bank lain.

Setidaknya ada delapan bank yang pertama kali meluncurkan produk tabungan satu ini, yaitu BTN (Bank Tabungan Negara), BCA (Bank Central Asia), BRI (Bank Rakyat Indonesia), BNI (Bank Negara Indonesia), Mandiri, BJB (Bank Jawa Barat), Commonwealth, dan BSM (Bank Syariah Mandiri).

Sebagai contoh, Bank BCA biasanya menerapkan setoran minimum Rp 500 ribu buat Tahapan Berjangka-nya. Namun, lewat Tahapan Berjangka SiMuda, kamu bisa lakukan setoran minimal Rp 100 ribu aja dengan kelipatan Rp 50 ribu.

Kemudian, ada pula bank pemerintah seperti BRI yang menerapkan setoran awal Rp 50 ribu buat SiMuda. Kemudian, setoran selanjutnya cuma Rp 10 ribu aja.

Sekadar diketahui, Tabungan Berjangka BRI biasanya menerapkan aturan setoran bulanan minimal Rp 100 ribu.

Melihat ringannya angka setoran minimum buat Tabungan Berjangka SiMuda ini, gak ada alasan lagi buat gak coba tabungan berjangka.

Jadi, siapa bilang tabungan berjangka cuma buat orang dewasa dengan penghasilan tinggi? Siapa aja kini bisa mencoba konsisten buat menabung. Selamat menabung! (Editor: Chaerunnisa)

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.