Rencanakan Masa Depan Anak? Ini 4 Rekomendasi Tabungan Pendidikan Terbaik

3 menit

Mempersiapkan dana pendidikan anak penting dilakukan sejak awal, mengingat tiap tahun biaya pendidikan cenderung naik. Inilah pentingnya kamu perlu punya tabungan pendidikan.

Sebagai orang tua, kamu pasti pengin kan menyekolahkan anakmu mulai dari TK, SD, SMP, SMA, hingga kuliah di universitas nanti, tanpa perlu memusingkan biayanya. Lebih bagus lagi kan kalau bisa menyekolahkan buah hati sampai ke luar negeri.

Buat mewujudkan semua itu, tentunya gak ada yang gratis. Seperti kata Mendikbud, jangan percaya kalau ada pejabat yang menjanjikan sekolah gratis.

Kembali ke soal tabungan pendidikan. Begitu mau siapkan tabungan pendidikan, gak sedikit dari kamu yang bingung mau pilih tabungan pendidikan yang mana dan gimana caranya.

Nah, buat kamu yang pengin ambil produk tabungan pendidikan, berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang boleh jadi pilihan dalam mempersiapkan biaya sekolah anak. Apa aja?

1. BNI Tapenas

BNI Tabungan Perencanaan Masa Depan atau BNI Tapenas menjadi pilihan tabungan pendidikan yang ditawarkan BNI. Tabungan pendidikan ini bisa menggunakan mata uang, baik Rupiah maupun Dolar. Karena ini tabungan berjangka, jangka waktu menabungnya mulai dari 2 tahun hingga 18 tahun.

Dengan mempersiapkan dana pendidikan anak di BNI Tapenas, kamu dijanjikan manfaat asuransi yang bebas premi dan bunga 4 persen (buat rupiah) atau 0,50 persen (buat Dolar). Sementara itu, biaya administrasinya cuma Rp 18 ribu atau US$ 3 tiap tahun.

Setoran bulanannya mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 5 juta (kelipatan Rp 50 ribu) atau US$ 20 hingga US$ 500 (kelipatan US$ 10). Nasabah juga boleh tambah dana di luar setoran bulanan. Selain itu, kamu juga boleh buka lebih dari satu rekening BNI Tapenas.

Selain itu, ada juga pilihan asuransi tambahan tanpa pemeriksaaan kesehatan, seperti asuransi jiwa dan kesehatan. Dan kamu gak perlu takut gak bisa klaim karena punya asuransi yang sama dari tempat lain. Sebab, asuransi dari tabungan ini bisa double claim.

Manfaat pertanggungan yang ditawarkan, seandainya terjadi apa-apa dengan kamu, adalah mencapai Rp 1,5 miliar atau US$ 150 ribu dengan nilai maksimalnya Rp 6 miliar atau US$ 600 ribu. Nah, tapi, kalau menarik tabungan sebelum jatuh tempo, kamu bakal dikenakan biaya 1 persen dari saldo akhir.

Syarat-syarat buka BNI Tapenas mudah kok. Berikut ini poin-poin yang harus dipenuhi.

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Usia 17 hingga 65 tahun saat jatuh tempo.
  • Punya identitas diri berupa KTP atau SIM atau Paspor.
  • Memiliki rekening BNI buat autodebet ke BNI Tapenas seperti BNI Taplus, Bisnis Perorangan, Giro Perorangan, Dolar, hingga Giro USD Perorangan.

2. Tabungan Pendidikan CIMB Niaga

Bank CIMB Niaga menawarkan tabungan pendidikan dengan bunga lebih besar ketimbang BNI Tapenas, yaitu 4,85 persen setahun. Ditambah lagi, ada pemberian asuransi gratis yang memberi jaminan hingga Rp 160 juta.

Selain itu, Tabungan Pendidikan CIMB Niaga gak menetapkan batasan waktu. Jadi, kamu bebas menentukan kapan tanggal jatuh tempo tabungan. Setorannya mulai dari Rp 100 ribu per bulan.

Syarat-syarat buka Tabungan Pendidikan CIMB Niaga adalah sebagai berikut.

  • Isi formulir pembukaan rekening.
  • Siapkan fotokopi KTP
  • Punya tabungan CIMB Niaga buat pendebetan setoran bulanan.
  • Usia minimal 18 tahun.

3. Tabungan Pendidikan Xtra

Ini juga termasuk tabungan pendidikan yang disediakan CIMB Niaga. Buat Tabungan Pendidikan Xtra, CIMB Niaga memberikan bunga hingga 3 persen setahun. Tabungan ini mensyaratkan setoran awal Rp 5 juta dan setoran rutin tiap bulan Rp 500 ribu.

Jangka waktu menabungnya mulai dari 3, 5, 10, 15, hingga 20 tahun. Lalu ada biaya administrasi per bulan sebesar Rp 5.000 yang dimulai pada bulan ke-3 sejak pembukaan rekening. Sayangnya, Tabungan Pendidikan Xtra mewajibkan adanya pemeriksaan kesehatan sebagai syarat mendapatkan asuransi.

4. Tabungan Rencana Bank Mandiri

Tabungan pendidikan yang tersedia di Bank Mandiri ditawarkan dalam bentuk Tabungan Rencana Bank Mandiri. Pemberian bunga dari tabungan ini bergantung pada lamanya jangka waktu menabung. Bunga maksimalnya mencapai 3 persen per tahun.

Dengan memilih Tabungan Rencana Bank Mandiri sebagai tabungan pendidikan, kamu dijanjikan mendapat keuntungan:

  • Gratis biaya administrasi.
  • Kebebasan mengubah setoran bulanan mulai dari Rp 100 ribu atau US$ 10 per bulan.
  • Boleh menambahkan dana.
  • Jangka waktu mulai dari 1 tahun hingga 20 tahun.
  • Gratis asuransi tanpa pemeriksaan kesehatan.

Kamu baru boleh menarik dana setelah lewat 1 tahun maksimal sebesar 30 persen. Bisa-bisa aja sih kalau kamu menarik dananya lebih dari 30 persen. Cuma, nantinya kamu dianggap gak melanjutkan program tabungan rencana.

Syarat-syarat buka Tabungan Rencana Mandiri mudah kok. Kamu cukup mempersiapkan persyaratan sebagai berikut.

  • Rekening tabungan Bank Mandiri.
  • Usia dari 18 hingga 70 tahun
  • Mengisi formulir aplikasi, pernyataan kesehatan, dan surat kuasa pendebetan otomatis.

Nah, itu tadi empat tabungan pendidikan yang bisa kamu pilih. Sekadar pengingat, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih tabungan pendidikan.

Pertama-tama adalah bunga tabungan. Kemudian manfaat asuransi, mekanisme penarikan dana, dan jumlah setoran. Dengan perhatikan itu semua, kamu bisa memilih bank dan tabungan yang tepat. Selamat menabung ya!

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan