Cukup Setor Rp 20 Ribu! Kamu Udah Bisa Nabung di Tabungan Ini

3 menit

Menabung merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengamankan pundi-pundi kekayaanmu. Salah satu jenis tabungan yang kini banyak diburu orang adalah TabunganKu.

Seperti yang dikutip dari situs resmi Bank Indonesia, TabunganKu bertujuan untuk menumbuhkan budaya menabung, dan diharapkan dapat menjangkau seluruh kalangan masyarakat Indonesia yang masih belum memiliki tabungan di bank.

Selain diselenggarakan secara bersama oleh bank yang ada di Indonesia, persyaratan membuka rekening TabunganKu juga mudah dan ringan.

Jenis tabungan yang satu ini juga memiliki banyak keuntungan, seperti bebas biaya administrasi bulanan, serta setoran awal hanya perlu merogoh kocek Rp 20 ribu.

TabunganKu ternyata memiliki dua jenis, yaitu standar dan customized. Kalau standar, yaitu bank harus menerapkan fitur seperti yang sudah ditentukan Bank Indonesia.

Sedangkan customized, bank dapat menambahkan fitur lain selagi tidak melanggar kesepakatan bersama seperti kartu ATM, dan buku tabungan.

“TabunganKu tidak menyediakan fasilitas seperti isi pulsa, transfer ke beda bank, dan lainnya. Jadi, cuma bisa tarik tunai, cek saldo dan transfer ke sesama rekening aja,” ungkap Dini customer service Bank BCA di kawasan Jakarta Selatan.

Karena itu, TabunganKu memang dikhususkan bagi mereka yang benar-benar ingin menabung. Jadi, gak cocok untuk mereka yang sering melakukan transaksi. Pasalnya, kamu hanya bisa melakukan transaksi empat kali dalam satu bulan.

“Kalau melakukan transaksi lebih dari empat kali selama satu bulan, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.500 per transaksi,” ungkap Dini.

Nah, buat kamu yang ingin membuka rekening TabunganKu, ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi atau dokumen yang harus kamu ke bawa ke bank. Tujuannya sih biar gak bolak-balik aja kan.

Persyaratannya?

TabunganKu (MoneySmart/Indri Solihin)

TabunganKu memang menjangkau semua kalangan, termasuk dari segi usia. Karena itu, ada beberapa syarat berbeda yang mesti kamu siapkan:

Usia di atas 17 tahun:

  • Identitas diri seperti KTP atau SIM atau Paspor
  • NPWP

Usia antara 12-17 tahun:

  • Kartu Pelajar atau surat keterangan sekolah
  • KTP atau SIM atau Paspor dari salah satu orangtua
  • NPWP salah satu orangtua kalau ada
  • Formulir dari BCA buat diisi orangtua sebagai persetujuan
  • Formulir data nasabah kalau orangtua gak punya rekening BCA

Usia di bawah 12 tahun:

  • Akta kelahiran atau kartu keluarga
  • KTP atau SIM atau Paspor dari salah satu orangtua
  • NPWP salah satu orangtua kalau ada

Cara membuka rekening TabunganKu

TabunganKu (MoneySmart/Indri Solihin)
TabunganKu (MoneySmart/Indri Solihin)

Cara membuka rekening TabunganKu sebenarnya tidak ada bedanya seperti membuka rekening pada umumnya.

Kamu hanya perlu datang ke kantor cabang bank terdekat, dan membawa beberapa dokumen yang menjadi persyaratan pembukaan rekening.

Sayangnya, untuk jenis tabungan yang satu ini belum menyediakan layanan membuka rekening secara online. Jadi, benar-benar masih manual alias harus datang ke kantor cabang bank yang kamu inginkan.

Proses pembukaan rekening TabunganKu:

TabunganKu (MoneySmart/Indri Solihin)
TabunganKu (MoneySmart/Indri Solihin)

Begini tahapan-tahapan pembukaan rekening TabunganKu, salah satunya adalah di Bank BCA seperti yang sudah dilakukan salah seorang karyawan MoneySmart, yaitu:

  • Pihak CS akan menanyakan apakah kamu memiliki tabungan di Tahapan. Jika iya, maka akan diminta perihal nomor rekeningnya.
  • CS akan mengecek terlebih dahulu, apakah masih aktif atau tidak.
  • Setelah itu akan diminta beberapa dokumen persyaratan seperti identitas diri dan juga NPWP.
  • CS akan menginput beberapa data calon nasabah sementara kamu akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran.
  • Pihak CS akan menanyakan berapa jumlah uang yang akan kamu setorkan, minimal Rp 20 ribu dan ada biaya materai sebesar Rp 6.000.
  • Pihak CS kemudian akan melengkapi formulir pendaftaran yang sudah kamu isi, seperti memasukkan nomor rekening, informasi penyetor, jumlah setoran dan menandatangi formulir di kolom bagian Teller.
  • Kemudian kamu akan diminta untuk menandatangi berkas yang telah disiapkan oleh pihak CS. Jangan kaget, karena kamu akan banyak memberikan tanda tangan di dokumen tersebut.
  • Setelah semua berkas sudah ditanda tangani, kamu akan diminta menunggu beberapa waktu untuk menerima kartu ATM dan buku tabungan.
  • Saat kartu sudah ada, maka kamu akan diminta untuk memasukkan nomor pin di mesin edisi yang ada di meja CS.
  • Selagi memasukkan nomor pin, pihak CS akan mencetak jumlah nominal uang yang kamu setor pada buku tabungan.
  • Transaksi selesai.

Namun, kartu baru akan aktif setelah 24 jam melakukan pendaftaran. Selain itu, kamu juga hanya bisa menyimpan uang dalam bentuk rupiah ya.

Selain itu, satu nasabah hanya boleh memiliki satu rekening TabunganKu.

“Kecuali mewakili anak untuk menabung,” tutup Dini sembari tersenyum.

Mudah kan proses pembukaan rekening TabunganKu? Yuk, biasakan menabung mulai sekarang! (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.