Hidup Gak Tenang Karena Utang, 5 Kebiasaan Sepele Bikin Tagihan Kartu Kredit Meledak

4 menit
Jangan gunakan kartu kredit tanpa tujuan jelas (Shutterstock).
Jangan gunakan kartu kredit tanpa tujuan jelas (Shutterstock).

Kartu kredit seringkali menjadi biang kerok yang bikin banyak orang memiliki tumpukan utang dan tentu saja membuat hidupnya gak tenang.

Gimana gak, kamu kerja capek-capek setiap hari tapi uangnya justru cuma lari buat bayar utang. Nah, kejadian buruk yang menimpa kamu itu umumnya dikarenakan kamu tidak bijak menggunakan kartu kredit.

Makanya gak heran tuh, jika banyak orang yang menganggap kalau itu adalah kartu setan yang bisa bikin hidup sengsara.

Padahal, gak sedikit juga kok orang yang justru merasa sangat terbantu dengan kehadirannya. Misalnya aja untuk membeli barang yang harganya mahal. Jadi, mereka gak perlu menggelontorkan uang dalam nominal besar sekaligus dan bahkan bisa menikmati fasilitas cicilan 0 persen.

Sayangnya masih banyak orang yang menggunakan kartu tersebut hanya untuk bersenang-senang dan parahnya lagi kerap menganggap sepele beberapa hal yang justru bisa berakibat fatal. Ya, apalagi kalau bukan terjerumus ke lubang utang.

Karena itu sebelum kamu mengalami mimpi buruk tersebut. Sebaiknya, pahami betul cara kerja dan jangan nekat melakukan hal-hal sepele yang bisa bikin hidup kamu gak tenang.

Penasaran apa saja kebiasaan sepele yang kerap dilakukan banyak orang hingga akhirnya membuat tagihan mereka meledak?

Berikut lima di antaranya:

Baca juga: Sebelum Menggunakan Cicilan Kredit dari Lembaga Pembiayaan, Perhatikan Dulu Hal Ini

1. Memilih jenis yang gak sesuai kebutuhan

Kartu kredit
Memilih jenis yang gak sesuai kebutuhan (Shutterstock)

Banyak orang yang akhirnya nyemplung ke lubang utang  karena memilih jenis kartu yang gak sesuai dengan kebutuhannya.

Misalnya, kamu memilih khusus untuk traveling, padahal kenyataannya kamu justru sangat jarang jalan-jalan.

Nah, umumnya kartu khusus itu akan dikenakan bunga yang cukup tinggi dibanding dengan kartu biasa.

Karena itu disarankan saat mengajukan pilihlah dengan teliti dan pastikan kalau kartu tersebut memang sesuai dengan kebutuhan. Jangan mudah tertarik dengan promo tertentu atau karena mudah pengajuannya.

Tanpa disadari kalau menggunakan yang tepat dapat membuat kamu lebih hemat lho dan jangan menggunakan yang pembayarannya bisa dilakukan dengan uang tunai.

Berbagai fasilitas memang sangat bermanfaat, akan tetapi tetap gunakan kartu tersebut untuk transaksi yang tepat untuk menghindari tagihan membengkak.

2. Digunakan untuk gesek tunai (gestun)

Gesek tunai kartu kredit
Digunakan untuk gesek tunai (Shutterstock).

Ayo siapa yang menggunakan kartu kredit sebagai mesin mendapatkan uang tunai alias gesek tunai (gestun)?

Tahukah kamu kalau kebiasaan buruk tersebut menjadi salah satu penyebab tagihan meledak lho karena bunga yang dikenakan cukup besar.

Karena itu, jika kamu memang sedang dalam kondisi membutuhkan uang cepat, sebaiknya manfaatkan fasilitas pinjaman atau menggadaikan barang di Pegadaian yang bunganya cenderung lebih rendah ketimbang tarik tunai.

Baca juga: Hati-Hati! 5 Kata Sepele Ini Bisa Menghambat Karier Kamu Lho!

3. Hanya membayar minimum payment

Membayar tagihan kartu kredit dengan minimum payment
Membayar tagihan dengan minimum payment (Shutterstock).

Hanya membayar tagihan minimum payment juga menjadi salah satu kesalahan yang banyak sekali dilakukan pengguna.

Pasalnya, mereka beranggapan kalau melakukan pembayaran minimum payment dengan asumsi tidak memberatkan dibanding harus membayar tagihan full.

Padahal kenyataannya hal tersebut justru cuma akan membuat utang kamu semakin menumpuk dan pada akhirnya kelilit utang. Karena itu, selalu bayarlah tagihan kamu secara lunas ya.

4. Bayar lewat jatuh tempo

Tagihan kartu kredit
Tagihan kartu kredit (Shutterstock)

Gak cuma bayar minimum payment, banyak orang yang juga melakukan pembayaran setelah lewat jatuh tempo. Nah, tahukah kamu kalau telat bayar akan membuatmu terkena denda yang cukup besar?

Jika terus dianggap sepele, tentu lama-lama akan membuat kamu kesulitan membayar hingga akhirnya bikin utangmu semakin menumpuk dan semakin membengkak.

Tak hanya bikin pusing tujuh keliling mikirin utang, nilai kredit kamu juga akan buruk yang berakibat kamu menjadi kesulitan mendapatkan pinjaman dari bank. Contohnya saja saat ingin mengajukan KPR.

Baca juga: Hindari Risiko Tinggi, Ini 5 Cara Jitu Pilih Reksa Dana Terbaik

5. Mengabaikan suku bunga

Suku bunga kartu kredit
Suku bunga (Shutterstock).

Banyak orang yang tidak memedulikan mengenai perubahan suku bunga yang bisa berubah-ubah tergantung kebijakan dari Bank Indonesia.

Karena itu, pentingnya kamu mengikuti info ter-update atau  setidaknya pastikan kamu memerhatikan email yang dikirimkan oleh pihak bank.

Tujuannya adalah untuk mengetahui jika terjadi perubahan suku bunga kartu kredit. Dengan begitu kamu bisa mengambil langkah antisipasi agar tagihan tidak membengkak.

Itu dia lima kesalahan sepele yang kerap dilakukan banyak orang yang tanpa sadar bisa membuat tagihannya meledak. Karena itu, gunakanlah dengan bijak hingga gak menjadi kartu setan yang bikin hidup kamu sengsara. Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!