Tak Perlu Ada Selebrasi Kemenangan, Jokowi Fokus Kerja Kerja Kerja

2 menit
Jokowi
Jokowi-Ma'ruf Amin ditetapkan KPU sebagai pemenang pilpres 2019 (Instagram/@khmarufamin_)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin sebagai peraih suara terbanyak dalam Pilpres 2019.

Pengumuman itu disampaikan KPU dalam rapat pleno di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (21/5/2019) dini hari WIB.

“Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin 85.607.362 suara,” kata Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik.

“Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 68.650.239 suara,” sambungnya.

Rapat pleno digelar usai KPU menuntaskan rekapitulasi nasional di 34 provinsi dan 130 panitia pemilihan luar negeri (PPLN).

Pasangan nomor urut 01 unggul di 21 provinsi, antara lain Gorontalo, DKI Jakarta, dan Papua. Sementara Prabowo-Sandi menang di 13 provinsi seperti Jawa Barat dan Kalimantan Selatan.

Selain komisioner KPU, turut hadir di rapat pleno Ketua Bawaslu Abhan serta jajarannya.

Hadir saksi dari pasangan capres 01 antara lain I Gusti Putu Artha, sedangkan dari pasangan Prabowo-Sandi adalah Azis Subekti.

Tak ada selebrasi kemenangan berlebihan

Jokowi
Tak ada selebrasi kemenangan berlebih (Instagram/@jokowi)

Meski meraih suara terbanyak berdasarkan hitung cepat dan proses rekapitulasi KPU, pasangan nomor urut 01 dipastikan tak akan menyambut kemenangan dengan selebrasi berlebih pada 22 Mei.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, itu dilakukan untuk memeringati semangat Hari Kebangkitan Nasional sebagai momentum mempererat persaudaraan dan persatuan anak bangsa.

“Dengan demikian selebrasi yang berlebihan tidak diperlukan karena Pak Jokowi lebih menampilkan hal sederhana,” ungkapnya di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (20/5/2019).

“Lebih memilih tugas dan tanggung jawab 5 tahun ke depan jauh lebih penting dari selebrasi,” lanjutnya seperti dilansir dari Sindonews jaringan MoneySmart.

Selaras slogan kerja kerja kerja

Sekretaris Tim Kampanye Nasional paslon yang diusung enam partai ini juga memastikan, tidak ada selebrasi menyambut kemenangan tersebut.

Bahkan, pihaknya telah menegaskan sejumlah relawan tidak perlu melakukan selebrasi sebagai pertanggungjawaban terhadap nusa dan bangsa. 

Hal itu selaras dengan slogan yang selalu diungkapkan Presiden ke-7 RI, “Kerja kerja kerja”.

Baca juga: Unggul Sementara, Ini Kisah Jokowi Pengusaha Mebel yang Jadi Presiden

Sudah unggul di beberapa survei

Jokowi
Sebelum ditetapkan KPU sebagai pemenang pilpres 2019 sudah unggul di beberapa survei (Instagram/@jokowi)

Sebelumnya, kakek Jan Ethes dan Sedah Mirah juga tidak langsung mengumumkan sebagai pemenang pilpres 2019 meski sudah unggul di beberapa survei.

Dalam pidatonya, pria asal Solo itu meminta pendukungnya menunggu hasil hitung resmi KPU.

“Dari indikasi exit poll dan quick count sudah kita lihat semuanya, tetapi kita semua harus bersabar menunggu penghitungan KPU secara resmi,” imbuhnya dalam pidato singkat di Jakarta Theatre, Rabu 17 April 2019 pukul 17.00 WIB.

Padahal, dia dan Ma’ruf Amin telah unggul dari hasil quick count sementara yang dirilis sejumlah lembaga survei mulai dari LSI, SMRC, Indikator, Indo Barometer hingga Charta Politika.

Unggul dalam hasil perolehan suara yang diumumkan KPU maupun versi quick count, membuat ayah tiga anak itu terpilih kembali menjadi Presiden ke-8 RI periode 2019-2024.

Sementara pasangannya, Ma’ruf Amin merupakan wakil presiden dari kalangan ulama Nadhatul Ulama yang menjabat Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) sejak tahun 2015.

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan