Banner ImageBanner Image

Idealnya, Usia Berapa yang Paling Tepat Buat Mulai Berinvestasi?

3 menit

Kapan sih waktu yang tepat buat mulai investasi? Saat baru pertama kali bekerja atau justru bisa sejak masih jadi mahasiswa?

Banyak yang menganggap usia 25-an sebagai usia ideal. Sebab, di usia tersebut, selain umumnya sudah punya penghasilan sendiri, emosi diri cenderung sudah stabil. Dengan begitu keputusan yang dibuat pun bisa jadi lebih bijak.

Meski begitu, faktanya gak sedikit investor dunia yang sudah mulai berinvestasi dari usia yang sangat muda. Warren Buffet aja udah membeli saham sejak usia 11 tahun. Ada pula salah satu investor termuda, Brandon Fleisher yang mampu melipatgandakan uangnya hingga mencapai Rp 468 juta dalam waktu 14 bulan melalui investasi saham. Padahal usianya baru 17 tahun.

Pada dasarnya, investasi dapat dimulai oleh siapapun, berapapun usianya. Seorang pakar saham Indonesia, Ellen May mengatakan, semakin dini seseorang memulai investasi di pasar saham akan semakin baik hasil yang didapatkan. Bukan cuma terkait untung yang didapatkan melainkan juga pengetahuan dan konsep perencanaan keuangan yang baik.

Bagi orangtua, bahkan sejak di sekolah, anak sebaiknya telah dikenalkan dengan konsep berinvestasi. Meski demikian, kamu tahu gak sih, bahwa beda jenjang usia, beda pula instrumen investasi yang sebaiknya dipilih?

Ya, sekalipun siapapun bisa mulai investasi, namun sebaiknya pilih instrumen yang sesuai dengan usia dan kondisi. Sebab, setiap jenjang usia memiliki kebutuhan yang berbeda. Misalnya, seseorang yang sudah berkeluarga tentu memiliki tujuan keuangan yang berbeda dengan mereka yang masih remaja. Buat lebih lengkapnya, mari simak ulasannya berikut ini.

Usia 20-25 tahun

Pada usia ini, umumnya seseorang sedang berlatih mengelola keuangan terutama karena baru menerima penghasilan. Awal-awal usia 20-an, sekalipun telah berpenghasilan, tak sedikit yang belum mandiri secara finansial dan masih bergantung pada orangtua.

Di sisi lain, mereka belum memiliki tanggungan keluarga seperti anak atau istri. Dengan begitu, porsi investasi bisa dilakukan dengan lebih besar yaitu 60 hingga 70 persen dari pendapatan. Apalagi buat mereka yang masih tinggal bersama orangtua. Tentunya tak perlu memikirkan biaya makan sehari-hari dan biaya sewa tempat tinggal.

Pada rentang usia ini, dianjurkan untuk memiliki investasi jangka panjang untuk investasi dana pensiun. Instrumen yang dipilih dapat berupa saham, reksadana, maupun emas.

Usia 26-30 tahun

Kondisi keuangan umumnya sudah jauh lebih stabil di rentang usia ini. Ibaratnya, fase menghabiskan duit dari euforia terima gaji sudah usai di sini. Di sisi lain, gak sedikit pula yang sudah merencanakan pernikahan.

Dengan demikian, diperlukan perencanaan keuangan yang matang. Gak hanya untuk biaya pesta pernikahan namun juga persiapan dana untuk membeli rumah hingga kendaraan.

Dengan bertambahnya kebutuhan, alokasi investasi pun bisa disesuaikan menjadi 30 hingga 50 persen dari penghasilan.

Usia 31-50 tahun

Pada rentang usia ini, penghasilan biasanya semakin tinggi, namun pengeluaran pun semakin besar. Kebutuhan keluarga bertambah banyak, mulai dari dana pendidikan, asuransi keluarga, dan sebagainya. Eits, meski begitu, alokasi penghasilan untuk investasi tetap wajib dilakukan.

Pasalnya, persiapan dana pensiun semakin penting untuk disiapkan. Setidaknya, alokasi investasi bisa dilakukan sebesar 20-30 persen dari penghasilan. Investasi yang dipilih sebaiknya dengan jangka menengah atau jangka pendek.

Penentuan jenis dan porsi investasi berdasarkan usia di atas dipertimbangkan berdasarkan tujuan keuangan yang umumnya dimiliki pada rentang usia tersebut. Dengan demikian, jika rencana dan tujuan keuanganmu berbeda, strategi investasi yang dilakukan pun bisa berbeda.

Namun, pada rentang usia berapa pun, investasi tetap penting untuk dilakukan jika ingin tujuan keuangan lekas tercapai.

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan