Blue Bird Pamerkan Armada Baru, Mobil Listrik Tesla Seharga Rp 2 M

3 menit
Blue Bird Bisa Pakai DANA. (Instagram/@bluebirdgroup)
Dua jenis armada baru taksi Blue Bird. (Instagram/@bluebirdgroup)

Ternyata, popularitas Taksi Blue Bird tidak lenyap begitu saja. Setelah mengalami gempuran dari taksi-taksi online, kini mereka keluar dengan inovasi baru yang bahkan pertama kali di Indonesia. Perusahaan transportasi umum yang berdiri sejak tahun 1972 itu kini resmi memperkenalkan armada barunya yaitu mobil listrik.

Dikutip dari CNBC, operator taksi terbesar itu resmi memboyong dan memperkenalkan dua jenis mobil listrik sebagai armada baru mereka hari Senin (22/4). Mobil tersebut adalah BYD e6 A/T dan Tesla Model X 75D A/T. Jumlah yang dioperasikan ada 25 BYD yang dioperasikan untuk Blue Bird, sementara 5 Tesla digunakan untuk armada eksklusif Silver Bird.

Dikutip dari Antara, peluncuran ini sebagai komitmen Blue Bird, menciptakan transportasi yang ramah lingkungan. “Ini jadi katalis perubahan transportasi Indonesia ke arah yang lebih ramah lingkungan, tidak hanya kendaraan komersial, tetapi juga kendaraan pribadi,” kata Adrianto Djokosoetono selaku Direktur PT Blue Bird Tbk.

Komitmen Blue Bird dalam menjaga lingkungan ternyata gak cuma sebatas mendatangkan taksi listrik saja, tetapi mereka juga turut bekerja sama dengan organisasi lingkungan seperti WWF dan Jaga Bumi. Blue Bird berkomitmen, setiap satu penumpang yang menggunakan layanan mobil listriknya, mereka akan menanam satu benih pohon di bantaran Kali Ciliwung. Terget mereka sih, 2.000 pohon bisa tertanam melalui program ini.

Meski kini baru memiliki 30 unit mobil listrik, rencananya, mereka akan mendatangkan 2.000 unit lagi pada rentang waktu tahun 2020 sampai 2025. Jika 2.000 unit tersebut telah beroperasi, Blue Bird mengklaim akan menghemat penggunaan 94 juta liter bahan bakar, serta berkontribusi mengurangi gas emisi CO2 sebesar 21 jutaan kg.

Dikutip dari Kompas, Blue Bird sendiri sebenarnya telah melakukan pengujian terhadap armada mobl listriknya ini sejak Februari 2019 lalu. Mereka pun telah berkoordinasi dengan pihak PLN dalam pembuatan stasiun pengisian listrik di pool Blue Bird.

Nah kamu pasti penasaran kan dengan dua armada Taksi Blue Bird baru tersebut yang rencananya akan mulai dioperasikan Mei 2019. Yuk simak seperti apa spesifikasi dan harganya?

Baca juga: Intip Yuk! Apartemen Mewah Anak Bos Blue Bird Indra Priawan

Taksi Blue Bird baru, BYD e6 A/T

taksi blue bird listrik
BYD e6 A/T (biru) dan Tesla Model X 75D A/T (hitam). (Instagram/@bluebirdgroup)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu armada taksi Blue Bird adalah hasil pabrikan BYD asal China. BYD merupakan produsen mobil listrik untuk pasar kendaraan komersial yang memang memiliki komitmen untuk menciptakan kendaraan ramah lingkungan. Selama beberapa tahun ini BYD selalu bersaing dengan mobil listrik milik Elon Musk, Tesla.

BYD e6 A/T ini telah diluncurkan pada tahun 2010 silam. Dikutip dari CNBC, mobil ini diciptakan memang dikhususkan untuk armada taksi. Sudah banyak perusahaan taksi di Amerika Serikat, Inggris, China, dan Belgia yang menggunakan mobil ini.

Mobil ini memiliki kapasitas baterai 75 kWh dan mampu melaju hingga 300 km sekali isi. Harganya untuk satu mobil ini sekitar US$ 35.000 – US$ 74.000 atau sekitar Rp 490 juta sampai dengan Rp 1 miliaran.

Baca juga: Lebih dari Rp 2,4 Miliar, Ini Koleksi Jam Tangan Mewah Kekasih Nikita Willy

Tesla Model X 75D A/T

taksi blue bird listrik
Teaser sebelum peluncuran taksi Blue Bird listrik. (Instagram/@bluebirdgroup)

Dikutip dari CNBC, Tesla Model X 75D A/T diluncurkan pertama kali pada tahun 2016. Mobil listrik satu ini memiliki desain yang elegan dan mewah. Lampunya pun menggunakan teknologi LED sehingga lebih tahan lama.

Soal performa, mereka gak beda jauh sama BYD e6, mobil listrik Tesla ini juga disematkan baterai berkapasitas 75 kWh yang mampu melaju dengan kecepatan mencapai 210 km/jam. Pengisian baterainya harus memakan waktu selama 7 jam dengan kapasitas listrik rumahan 10.000 kWh. Untuk jarak tempuhnya armada baru taksi Blue Bird ini mampu melaju sejauh 380 km. Harganya, paling murah sekitar US$ 200 ribu atau Rp 2,8 miliaran.

Dengan penambahan dua armada baru taksi Blue Bird ini, perusahaan mampu menghemat konsumsi bbm sebanyak 1.898.182 liter dan mengurangi 434 kg emisi CO2. (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.