Kelilit Utang, Taksi Express Terpaksa Jual 1.200 Unit Armadanya

2 menit
Kelilit Utang, Taksi Express Terpaksa Jual 1.200 Unit Armadanya, (Instagram/@express_group).

PT Express Transindo Utama TBk atau yang kebih dikenal Taksi Express kini tengah terlilit utang. Saking banyaknya utang, Taksi Express mau gak mau mesti menjual 1.200 unit armadanya.

Kamu pasti udah gak asing lagi dengan Taksi Express yang memiliki cat warna putih itu. Taksi ini dulu sempat menjadi primadonanya di aspal Jakarta maupun daerah lainnya. Kabar gak datang nih dari Taksi Express yang kabarnya tengah terlilit utang banyak banget.

Seperti dikutip dari Okezone.com, Senin, (11/2/2019), Taksi Express sebelumnya menjual aset tanahnya di kawasan Bekasi, Jawa Barat demi melunasi utang-utangnya. Nah, usai menjual aset tanahnya, PT Express Transindo Utama Tbk atau Taksi Express kini melepas 1.200 unit armada taksinya buat dijual.

Hasil pejualan 1.200 unit armadanya nantinya bakal dibayar ke PT Bank Central Asia TBK (BBCA) buat melunasi utang-utangnya nih. Corporate Secretary Express Trasindo Utama, Megawati Affan mengungkapkan bahwa hal ini udah disetujui oleh perusahaan buat menjual semua jaminan utang guna melunasi utang-utang Taksi Express yang udah jatuh tempo.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Utang Selalu Bikin Pusing Kepala dan Jadi Masalah

Punya utang mencapai Rp 444 miliar, Taksi Express terpaksa jual 1.200 unit armadanya 

Punya utang mencapai Rp 444 miliar, Taksi Express terpaksa jual 1.200 unit armadanya, (Instagram/@express_group).

“Jadi memang tugas kita untuk menjual, sudah itu kita bayar ke BCA,” ujarnya seperti dikutip dari Okezone.com.

Saking banyaknya utang, sebelumnya pada 23 Januari 2019 perusahaan Taksi Express ini menyerahkan agunan tanah kepada BCA. PT Expres Jakarta Jaya (EJJ), yang gak lain anak perusahaan perseroan dengan kepemilikan saham 99,99 persen ini telah menandatangani Akta Jual Beli atau AJB.

“AJB itu mencakup penyerahan dua bidang tanah di Karawaci, Banten, senilai Rp43,33 miliar kepada BCA. Berupa aset tanah kosong,” tambah Megawati.

Baca juga: Radius 500 Meter, Aplikasi Buatan China Ini Bisa Ketahui Orang Punya Utang

Taksi Express saat ini emang memiliki utang yang mencapai Rp 444 miliar. Dan utang ini udah jatuh tempo pada akhir tahun 2018 lalu, karena banyaknya utang, Taksi Express mau gak mau mesti melepas atau menjual asetnya salah satunya dengan menjual 1.200 unit armadanya.

Nah, melihat kejadian di atas gimana menurut kamu? Yang namanya utang emang bikin pusing kepala ya. Taksi Express aja yang udah lama mengaspal di jalanan Jakarta ini terpaksa menjual aset-asetnya demi melunasi utang.

Buat kamu yang masih muda dan udah punya penghasilan usahakan gak memiliki banyak utang ya. Yang namanya utang pasti bikin pusing kepala apalagi kalau sampai nunggak. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan