Apa Kamu Kecanduan Kartu Kredit? Coba Cek 5 Tanda Ini

3 menit

Yang namanya kecanduan biasanya gak berdampak baik. Termasuk kecanduan dalam pemakaian kartu kredit. Bukannya malah tambah hemat, penggunaan kartu kredit secara berlebihan malah bakal jadi masalah besar dalam hidup kamu.

Nah, buat mengetahui seberapa besar kamu ketergantungan terhadap kartu kredit, yuk simak enam tanda kalau kamu memang kecanduan banget sama alat pembayaran ini. Berikut daftarnya.

Kartu Kredit
Punya kartu kredit emang bikin mudah bertransaksi, tapi jangan sampai kecanduan ya (kontan)

1. Gak bisa hidup tanpa si plastik ajaib

Harus diakui bahwa kartu kredit memberikan kemudahan transaksi pembayaran buat setiap orang. Dalam keadaan darurat, kartu kreditmu itu jadi dewa penolong saat gak punya uang tunai.

Selain kemudahan transaksi, kartu sakti ini juga sering ngasih promo dan diskon saat belanja atau menggunakan jasa hotel dan lainnya.

Maka gak heran kalau banyak orang gak bisa hidup tanpa kartu tersebut. Seolah-olah si plastik ajaib ini adalah cinta sejati mereka yang bisa memberikan segala kemudahan dalam hidup.

Kalau seseorang udah ketergantungan dengan kartu ajaib ini, sudah pasti dia gak bisa hidup tanpanya.

[Baca: Kelilit Utang Kartu Kredit? Stop Melakukan 5 Kesalahan Ini Ya!]

2. Punya banyak kartu kredit

Setiap bank penyedia kartu kredit memang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mereka gencar ngasih promo menarik buat menggaet para pengguna. Alhasil, seseorang bisa punya lebih dari satu atau dua kartu buat nikmatin beragam promo yang ditawarkan.

Tapi ingat, meski manfaat tambah banyak, tanggung jawab pun bakal bertambah saat jumlah kartu kredit meningkat. Yakin kamu sanggup menahan godaan?

3. Merasa punya uang terus

kartu kredit
Tanda kamu kecanduan kartu kreditmu adalah ketika kamu seolah-olah punya uang terus (gentlemancode)

Pecandu kartu kredit gak akan merasa bokek atau gak punya uang selama kartu ini selalu hadir di dompet. Kamu akan merasa seolah-olah punya uang terus.

Selain itu, kamu akan merasa baik-baik saja ketika diajak teman buat nongkrong di kafe meskipun gak punya duit sama sekali. Karena, kartu tersebut akan membayar segala pengeluaran yang telah kamu nikmati.

[Baca: 7 Kesalahan Angela Lee yang Bikin Utangnya Numpuk Sampai Rp 25 Miliar]

4. Selalu tergoda tawaran kartu baru

Tanda orang yang kecanduan kartu kredit lainnya adalah ketika dia dengan senang hati menerima tawaran kartu baru dari bank penyedia yang berbeda.

Padahal, makin banyak kartu tersebut tanpa penggunaan yang terkontrol berpotensi membuat kondisi finansial semakin bermasalah.

Bukan gak mungkin utang mereka semakin numpuk. Dan akhirnya mereka akan terjebak dalam jeratan utang yang bikin sesak.

5. Gak pernah kapok dikejar utang

kartu kredit
Bagi pecandu kartu kredit, utang bukan jadi masalah (cnnindonesia)

Tanda lain bahwa kamu kecanduan kartu kredit adalah ketika kamu gak pernah kapok terjerat utang.

Mungkin kamu pernah punya utang akibat sering menggunakan kartu sakti ini semaunya. Namun, utang-utang yang pernah kamu punya tersebut gak membuat kamu tobat untuk mengurangi penggunaan atau bahkan menutup kartu kreditmu. Alih-alih, kamu malah ketagihan untuk terus menggunakan kartu ajaib tersebut.

Nah, kalau sudah begini keadaannya, ini berarti kamu benar-benar udah jadi pecandu si plastik ajaib.

Sebagai saran saja, gunakanlah kartu kreditmu sesuai kebutuhan. Jangan sampai pemakaian kartu tersebut dijadikan sebagai jalan pintas untuk segala transaksi yang gak benar-benar diperlukan. Emang mau hidup terlilit utang selamanya? Ih, amit-amit deh.

[Baca: Mengapa Kartu Kredit Penting Sebelum Mengajukan KTA? Ternyata Ini Jawabannya]

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.