Tanggal Muda Rekening Penuh, Lakuin 5 Hal Ini Yuk Biar Mapan!

4 menit
tanggal muda
Karyawan pasti bahagia di tanggal muda. (Shutterstock)

Wuih sudah gajian nih. Mumpung masih tanggal muda di awal, dan duit masih banyak di rekening, enaknya dipakai buat apa ya? Belanja atau makan-makan di resto mewah?

Awas, godaan di tanggal muda itu luar biasa bahaya lho. Karena tanpa disadari, hal ini bisa menggagalkan impian kita di masa depan. Impian itu apa aja bentuknya, sebut saja seperti ingin nabung beli rumah, nabung buat biaya pendidikan anak, atau membeli aset lainnya.

Promo-promo seperti cashback e-money, cashback merchant online shop, atau diskon-diskon pembelian tiket pesawat, hotel, dan lain sebagainya bisa membuat kita rela menggelontorkan uang yang lebih besar dari bulan-bulan sebelumnya.

Gak bisa dipungkiri, promo-promo semacam itu gak akan pernah habis. Bulan depan akan ada lagi, lagi, dan lagi. 

Buat kamu yang gak ingin tekor di tanggal muda karena tergoda oleh promo tersebut, maka lakukan saja hal ini demi masa depan yang lebih cerah. 

Baca juga: Biar Saldo Rekening Menggedut! Begini 5 Cara Menghemat Uang Bulanan yang Gak Menyiksa

1. Nabung saham perbankan

tanggal muda
Mendingan uang dipakai buat beli saham perbankan yang lagi diskon. (Pixabay)

Kinerja saham di Bulan Agustus 2019 terlihat agak menurun. Isu perang dagang dan beberapa sentimen negatif dari dalam negeri tampaknya membuat saham-saham perbankan mengalami penurunan.

Daripada memburu diskon di mall, kenapa gak memburu diskon di pasar modal saja? Harga saham bank BUMN itu lagi pada didiskon lho. Konon, kabar mengenai pergantian direksi bank-bank plat merah itulah salah satu faktor yang bikin investor panik.

Sebut saja seperti BBNI yang sempat turun Rp 7.450 atau BMRI yang sempat ke level Rp 7.175 per lembar. Harga sebesar itu sudah tergolong murah lho. 

Daripada beli barang-barang branded di tanggal muda ini, mending beli yang ini kan? Gak kalah branded juga dan bisa bikin kaya di tahun depan.

Baca juga: 5 Cara Mengatur Keuangan Efektif untuk Karyawan, Gak Bakal Bokek Pas Tanggal Tua!

2. Nikmati promo gajian untuk investasi P2P lending

tanggal muda
Pernah coba investasi di P2P lending? (Pixabay)

Boleh saja menikmati promo gajian, tapi jangan cuma promo di restoran ya. Di situs P2P lending juga biasanya ada kok. 

Investasi P2P lending tentunya bisa jadi alternatif investasi yang bisa kamu pilih untuk menggantikan investasi deposito. 

Investasi digital ini bisa memberikan keuntungan hingga 20 persen per tahun lho. Jumlah ini jauh lebih besar daripada deposito yang return-nya hanya 5 persenan. Belum lagi, investasi P2P lending bisa dimulai dari bujet Rp 100 ribuan dan uangnya bisa dicairkan kapanpun.

Akan tetapi, memilih situs P2P lending gak boleh sembarangan lho. Carilah yang sudah diawasi dan melewati regulatory sandbox Otoritas Jasa Keamanan. 

Selain itu, cari tahu juga siapa investor dari perusahaan P2P lending ini, berapa besaran rasio gagal bayarnya, dan berapa persen kompensasi yang mereka berikan jika terjadi kredit macet dalam investasimu.

Baca juga: Rekening Habis Terus? 7 Quote Sakti Ini Bikin Kamu Bakal Rajin Nabung!

3. Tanggal muda, langsung bujeting

tanggal muda
Bikin bujet pengeluaran. (Pixabay)

Daripada duit kepake buat hal-hal yang kurang atau gak nggenah, maka lebih baik lakukan bujeting saat ini juga agar pengeluaranmu terkontrol.

MoneySmart sempat membocorkan lima strategi mengatur keuangan ala karyawan yang cukup efektif. Tujuannya ya biar gak bokek pas tanggal tua.

Melakukan bujeting di awal waktu juga bisa membantumu dalam mengontrol pengeluaran yang berkaitan dengan gaya hidup lho.

Lima cara itu antara lain adalah sistem amplop, 50/20/30, 60/20/20, 50/30/20, dan sistem zero bujeting. Kalau belum paham maksudnya, silahkan googling artikel MoneySmart soal ini ya. 

4. Coba kurangi beberapa pengeluaran

tanggal muda
Tekan pengeluaran yang dinilai gak perlu-perlu amat. (Pixabay)

Kalau bisa dipangkas kenapa enggak? Setuju gak? 

Siapa sih yang gak mau hidup dengan pendapatan besar dan pengeluarannya yang gak banyak? Dengan ini kita akan punya uang cash dalam jumlah yang lebih banyak dari bulan-bulan sebelumnya.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk melakukan review atas berbagai pengeluaran di tanggal muda ini. Contohnya, pertimbangkan untuk gak lagi membayar asuransi kendaraan karena mobil atau motormu gak kepakai.

Atau mungkinkah kamu menghentikan biaya membership di gym dan fokus untuk olahraga sendiri saja? Silahkan tentukan pilihanmu.

5. Tanggal muda, usahakan bayar utang 

tanggal muda
Lunasi utang selagi banyak duit. (Pixabay)

Jika sebagian dari kamu ada yang berutang ke teman atau saudara, maka lunasilah secepat mungkin. Percaya deh, gak ada yang suka diutangin apalagi bayarnya ditunda-tunda bulan depan.

Uang yang mereka pinjamkan ke kamu adalah uang yang mereka cari dengan hasil keringatnya. 

Hal serupa juga berlaku untuk utang ke perusahaan P2P lending atau super lending. Jika ada rezeki, lunasilah sekarang juga karena bunga dari utang di situs tersebut tidaklah kecil.

Tidaklah bijak untuk menunda-nunda dalam membayar utang. Bukan cuma hubunganmu yang bakal rusak nantinya, kesehatan finansialmu juga bisa makin terancam.

Itulah lima hal yang bisa kamu lakukan di tanggal muda ini, lebih tepatnya menjelang atau di awal September 2019. Yuk dicoba biar keuangan sehat. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.