Tanpa Disadari, Ternyata 7 Hal Receh Ini Bikin Kamu Bokek Lho!

4 menit

Baru gajian, tapi dompet udah kembang kempis. Saldo rekening? Gak usah ditanya, soalnya cuma bikin sakit hati ngeliatnya. Seret banget alias bokek berat.

Kamu juga bingung, kok bisa pengeluaran selalu ngelebihin bujet setiap bulan. Niatnya mau ditabung, yang ada malah hilang misterius.

Hmm.. mungkin uang kamu habis hanya karena kamu mengeluarkannya untuk hal-hal receh yang sering luput dari perhatian.

Penasaran pengeluaran receh apa aja yang sering jadi biang kerok menguapnya gaji bulanan? Simak tujuh di antaranya ini yuk.

1. Uang parkir

bokek-berat
buat bayar parkir (malesbanget)

Tahu gak sih kalau ternyata uang parkir diam-diam bikin dompet tiris juga lho. Apalagi kalau kamu sering nongkrong atau sekadar jajan di minimarket.

Meski nominalnya gak terlalu besar, tapi kalau beberapa kali dalam satu hari mah lumayan bikin boncos juga.

Hitung aja, sekali parkir ke ATM atau minimarket mesti keluar uang Rp 2 ribu. Coba kalau sehari sampai lima kali, mesti keluar Rp 10 ribu kan? Bisa buat sekali makan di warteg tuh.

2. Belanja “titipan” teman

bokek-berat
belanja “titipan” teman (moola)

Pernah gak sih kamu sadari, kalau uangmu ternyata habis karena belanjaan “titipan” teman. Misalnya kamu mau ke minimarket, terus teman minta beliin minuman dingin seharga Rp 4 ribu.

Sedikit-sedikit, tapi kok lama-kelamaan kerasa juga. Setelah dibeliin, pura-pura lupa buat bayar. Jangankan bayar, nanya harganya berapa aja gak. Boro-boro uang, yang didapat cuma ucapan terima kasih doang.

Mau nagih, kok jumlahnya gak seberapa? Nanti dibilang pelit. Tapi gak ditagih, kok jadi kebiasaan. Dilema deh.

3. Uang receh yang dilupakan

bokek-berat
uang receh yang dilupakan (poskotanews)

Hayo siapa yang menganaktirikan uang receh? Abis belanja, ada kembalian Rp 700 perak diletakin sembarangan.

Padahal kalau dikumpulin, nominalnya lumayan banget tuh. Emang sih kadang suka males bawa uang receh karena berat dan berisik.

Daripada digeletakkan sembarangan, kenapa gak kamu tabung pakai celengan aja? Banyak lho orang yang bisa membeli barang mewah dari uang receh.

4. Beli camilan untuk membunuh waktu

bokek-berat
beli camilan untuk membunuh waktu (today.line)

Janjian sama teman, beli camilan dulu sembari nunggu. Hayo siapa yang sering jajan atau beli camilan untuk membunuh waktu?

Hmm.. tahu gak sih kalau hal itu ternyata menjadi salah satu penyebab kamu bokek berat yang gak disadarin lho.

Selain pemborosan tanpa disadari, makan jajanan seperti ini juga gak ada untungnya. Dompet makin tipis, eh perutnya makin tebal. Lebih baik bawa bekal buah potong di tasmu atau sibukkan diri dengan membaca.

5. Rutin membayar member gym tapi jarang digunakan

bokek-berat
member gym tapi gak pernah dipakai (fit-pro)

Beberapa orang punya anggapan, “Supaya rajin nge-gym, harus daftar member biar semangatnya terpacu.”

Sayangnya, hal tersebut seringkali hanya menjadi wacana belaka karena alasan sibuk atau rasa malas melanda.

Akibatnya member gym terbengkalai begitu saja, sementara iuran bulanan tetap harus dibayar. Duh, buang-buang duit banget!

6. Membeli barang karena “Ih, lucu!”

bokek-berat
beli barang karena lucu (atlantisthepalm)

Hayo ngaku siapa yang sering beli barang hanya karena lucu, bukan karena butuh?

Saat masuk ke toko, liat kaos kaki dengan model yang lucu atau warnanya kesukaan kamu banget. Dalam hati, tiba-tiba ada yang membisikkan kayaknya aku butuh deh.

Padahal kaos kakimu di rumah udah banyak banget dan lagipula kamu bukan tipikal orang  yang sering menggunakan kaos kaki.

Meski harganya hanya Rp 10 ribu sampai Rp 30 ribu, tapi kalau gak terpakai dan hanya menambah tumpukan barang-barang tak berguna di kamar kita, sebaiknya kendalikan dirimu untuk gak membeli barang hanya karena lucu ya.

7. Beli makanan dalam jumlah besar dan gak dihabiskan

bokek-berat
belanja makanan banyak tapi gak pernah habis (tasteofhome)

Saat belanja bulanan, seringkali kamu tergoda untuk membeli aneka makanan untuk persediaan selama sebulan.

Tapi sayangnya, makanan yang kamu beli seringkali tidak dikonsumsi sampai habis dan bahkan ada juga yang gak sempat dimakan sama sekali karena sudah busuk atau rusak.

Kalau sudah seperti ini, yang ada kamu cuma buang-buang uang doang kan? Karena itu, sebaiknya belanja makanan dalam jumlah yang sedikit tapi rutin agar kualitasnya juga lebih bagus.

Nah, itu dia tujuh hal receh yang tanpa sadar bisa bikin dompet kamu kebobolan alias bikin kamu bokek berat. Karena itu, mulai sekarang yuk mulai bijak menggunakan uangmu agar gak bokek terus setiap bulan.

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan