Tanpa Modal, Ini 6 Peluang Usaha Online Berbasis Jasa

4 menit
peluang usaha online

Bingung nyari ide peluang usaha online berbasis jasa dan tanpa modal yang pas buat karyawan kantoran sepertimu? Kami punya usulannya yang mungkin bisa kamu pilih salah satu.

Ada enam pekerjaan yang bisa kamu kerjakan buat nebelin dompet setiap bulan. Jumlah penghasilan yang bisa kamu dapatkan dari sini bervariasi. Ada yang relatif kecil, tapi ada juga yang besar. Semua tergantung dari gimana usahamu dalam melobi klien.

Tanpa berlama-lama lagi, inilah enam peluang usaha online tanpa modal khusus buat karyawan kantoran sepertimu.

[Baca: Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Modal dengan 6 Ide Gampang Ini]

1. Kelola media sosial

peluang usaha online
Medsos (Republika)

Ada dua jenis jasa yang bisa kamu tawarkan jika berniat membuka usaha ini. Pertama jasa admin, dan kedua jasa marketing. Mau admin sekaligus marketing juga bisa, tinggal kamu naikkan aja penawaran upahnya.

Kalau sebatas admin ya semua udah tahu dong, pasti kerjaannya cuma bikin postingan rutin aja. Tapi kalau marketing, tentu berkaitan sama pemasangan iklan. Nah untuk yang kedua ini, kamu mesti ngerti dulu deh ilmunya sebelum menyanggupi.

Buat dapat usaha online yang satu ini, kamu bisa kunjungi situs Sribulancer. Di bulan ini, ada lho yang sedang nyari jasa marketing media sosial. Mereka siap membayarmu dengan harga Rp 6 juta. Lumayan banget dong buat nambah penghasilan.

2. Riset pasar

peluang usaha online
Riset (Liputan 6)

Riset pasar tentunya jadi hal penting buat para pelaku bisnis yang pengin mulai usaha. Nah, mengingat hal ini gak mudah dilakukan dan menyita waktu banget, gak sedikit pengusaha yang menyerahkan ini ke para penyedia jasa.

Buat kamu yang pernah jadi konsultan marketing atau bisnis, tentu paham dong sama riset, statistik, dan tetek bengeknya. Gak ada salahnya kan buat menjadikan hal ini usaha barumu?

Di website Sribulancer, gak sedikit juga kok orang yang mencari jasa riset. Coba aja cari calon-calon klienmu di sana, dan jangan lupa sertakan portfolio risetmu juga ya. Biar tambah meyakinkan calon klien.

3. Pembuatan dan pengembangan website

peluang usaha online
Web desainer (Liputan6)

Buat para karyawan di bidang IT, tentu aja hal ini bisa jadi peluang usaha online mereka. Cuma, mungkin usaha jasa ini bakal menyita banyak waktu luangmu.

Selain itu, sepertinya juga agak susah mengerjakan pekerjaan ini saat jam istirahat kerja. Terutama bila kamu adalah karyawan IT di sebuah perusahaan startup yang jam kerjanya terbilang padat.

Bila kamu berniat buka jasa yang satu ini, gak apa-apa sih sebenarnya. Asalkan proyek yang kamu pegang gak terlalu sibuk. Kalau proyeknya aja buru-buru, yang ada kamu stres sendiri dan kerjaan gak kelar.

[Baca: Apa Itu Dropship? Belajar Cara Mendulang Uang dari Skema Bisnis Ini Yuk]

4. Menjual barang di online shop

peluang usaha online
Jual barang online (Liputan 6)

Kalau yang satu ini mungkin sifatnya gak cuma online ya, tapi ada proses offline-nya juga. Menjual barang itu bisa dengan cara apa aja, apakah itu sistem dropship, apakah cuma membantu pemasaran aja, atau menjual barang milikmu sendiri.

Tapi tentu aja, semuanya bakal berhasil jika kamu punya reputasi yang baik sebagai pedagang. Dari mana reputasi itu bisa didapat? Ya tentunya dari jam terbang kamu berjualan juga. Ketika kamu udah bertransaksi dengan banyak orang, mereka pasti memberikan ulasan bukan? Dengan ulasan yang baik, maka yang lain bakal lebih percaya.

Terus gimana kalau kita mulai usaha ini dari nol? Jangan khawatir. Caranya, pastikan foto-foto barang yang kamu jual benar-benar representatif dan cantik. Keluar usaha sedikit boleh lah, misalnya dengan mengedit sedikit hasil fotonya. Dengan cara gini, pembeli bakal lebih percaya buat bertransaksi denganmu.

5. Desain grafis dan pembuatan video animasi

peluang usaha online
Desainer grafis (Viva)

Lulusan Fakultas Desain dan Komunikasi Visual tentu sering terima proyek yang satu ini. Bikin desain tentunya bisa dilakukan kapan pun ketika ada  waktu dan peralatan, gitu juga dengan video animasi.

Mengapa video animasi? Tentu aja kalau videonya bukan animasi ya kamu harus shooting sendiri. Jatoh-jatohnya adalah usaha offline, tapi diiklankan secara online.  

Walaupun pekerjaan yang satu ini terbilang menghasilkan banyak uang, tapi para desainer itu kadang bete sama yang namanya revisi. Udah direvisi, minta revisi lagi, dan ujung-ujungnya balik ke konsep awal.

Untuk ini, sebaiknya kamu minta biaya tambahan buat setiap revisi. So, klienmu bakal hati-hati banget dan gak bakal minta revisi kalau gak penting-penting banget.

6. Penulisan

peluang usaha online
Penulis (Viva)

Jasa yang satu ini juga bisa jadi usaha sampingan kamu. Maksudnya penulisan itu gak mesti artikel ya, bisa jadi copywriting buat advertorial atau company profile perusahaan.

Tapi ya kamu harus tahu dulu nih, kemampuan menulis setiap orang beda-beda. Bukan berarti semua orang yang jago nulis pasti bisa nulis dengan tema apa pun. Begitu juga dengan kamu.

Ingat lho, menulis juga butuh riset. Belum lagi tulisan kamu juga harus enak dibaca, dan deadline buat tulisan biasanya agak mepet. Kamu harus perhatikan ini dan sesuaikan dengan  kesediaan waktu yang kamu punya.

[Baca: Belajar Online, 7 Keterampilan Ini Bisa Dikuasai Secara Gratis]

Peluang usaha online mana yang paling menguntungkan?

Kalau ditanya mana yang paling menguntungkan, jawabannya ya semuanya, tergantung dari keahlianmu juga. Tapi semua keterampilan itu pada dasarnya bisa dipelajari. Jadi kamu sebetulnya gak usah takut buat coba hal baru.

Tertarik buat merealisasikan peluang usaha online di atas? Atau mungkin kamu udah punya usaha lain yang lebih menjanjikan? Share ke DuitPintar yah.

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong