Kelihatannya Mudah! Ini Tantangan Bisnis Online yang Mesti Diwaspadai

3 menit
bisnis online
Kelihatannya Mudah! Ini Tantangan Bisnis Online yang Mesti Diwaspadai, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di era digital dan yang modern ini, namanya bisnis online emang terdengar mudah ya? Bahkan ada yang menganggap kalau bisnis ini bakal adem ayem aja nih. Menjalankan bisnis ini bakal banyak tantangan yang mesti kamu waspadai nih!

Kalau kamu yang masih belum mengerti apa itu bisnis online, apa sih? Nah, pada umumnya bisnis ini merupakan kegiatan usaha yang bakal menggunakan koneksi internet. Jadi segala sesuatunya kamu bakal memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini. 

Misalkan aktivitas kegiatan usaha kamu baik memperjual belikan barang atau jasa yang ditawarkan dengan mudahnya dan dilakukan melalui media internet. Mulai dari negosiasi, transaksi jual beli tanpa perlu nih face to face.

Seperti dikutip dari Jurnal.id, Rabu, (26/6/2019), namanya bisnis berbasis online, emang udah waktunya memudahkan para pebisnis maupun calon konsumen atau pelanggan tetap bagi yang udah punya! Misalkan kayak Affiliate Marketing, Blogger, Dropshiper, Jualan di toko online, jasa SEO, panduan pembuatan website atau jasa website dan email marketing. 

Sebenarnya buat menjalankan sebuah bisnis gak ada yang mudah, semuanya ada tantangan tersendiri. Nah, ini ada beberapa tantangan yang mesti diwaspadai bagi pebisnis online, mungkin kamu salah satunya! Apa aja ya kira-kira? Yuk, kita intip di bawah ini. 

Baca juga: Punya Banyak Bisnis, 5 Artis Muda Indonesia Ini Hidup Bergelimang Harta

Tantangan bisnis berbasis online

bisnis online
Begini nih tantangannya jika kamu menjalankan bisnis berbasis internet, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menjalankan bisnis ini emang bakal sangat menjanjikan nih, apalagi dengan iming-iming untung banyak. Walaupun kedengarannya mudah, tetap aja nih namanya tantangan bakal ada aja pasti dalam sebuah bisnis.

  1. Tantangan yang paling utama coba kamu memastikan website yang digunakan oleh bisnis mu mudah ditemukan oleh target market atau target pasar. 
  2. Lalu di poin kedua, kamu mesti memperhatikan nih visitor yang berkunjung ke website bisnis mu. Sebagai seorang pebisnis ada baiknya bisa meyakinkan kalau produk yang dijual memiliki kualitas yang oke punya.  Kalau kamu bisa menjual produk maupun jasa yang bagus dan memuaskan namanya konsumen bakal gak lari ke mana-mana deh.
  3. Udah gitu tantangan berikutnya, namanya kemudahan buat pembeli melakukan transaksi hingga barangnya datang ke tangan konsumen itu mesti kamu pikirkan lho. Misalnya apa benar barang yang dikirimkan usai mereka membayar? Lalu pastikan barang yang akan diterima sesuai dengan pesanan konsumen. Jangan sampai barang gak sesuai yang ada nanti kamu menerima keluhan. 

Baca juga: 5 Strategi Psikologi Penetapan Harga yang Bikin Bisnismu Laris Manis!

Hambatan dalam bisnis 

bisnis online
Selain tantangan dalam berbisnis kamu juga bakal menemukan hambatan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, yang namanya hambatan dalam sebuah bisnis ada aja nih. Buat yang konvensional maupun digital atau online, bisnis di sektor tersebut bakal ada aja nih hambatannya. Kira-kira apa aja ya?

  1. Bisnis yang kamu jalankan bisa aja gak tepat sasaran nih. Minimnya pembelian oleh pelanggan atau konsumen bisa jadi disebabkan strategi bisnis kamu gak tepat.
  2. Kurangnya loyalitas di konsumen juga menyebabkan sebagai hambatan dalam menjalankan bisnis online. Coba deh perhatikan yang namanya promosi hingga nilai tambah di tempat kamu jualan bisa dilakukan dengan mengadakan diskon ataupun memikirkan kualitas produk jualan mu. 
  3. Di poin ketiga ini kamu pasti bakal sangat menemukan dengan jelas, yakni banyaknya online shop yang berdiri dengan menjual barang-barang mirip atau sama. Hal ini emang bakal sulit dihindarkan, namun gimana caranya kamu sebagai pebisnis bisa mencari solusinya. Contohnya dengan memberikan harga miring, memberikan bonus buat pembelian item dalam jumlah tertentu dan yang paling menarik lagi ya usahakan ada promosi.

Nah, itu dia tantangan kamu dalam menjalankan sebuah bisnis online saat ini. Semoga poin-poin di atas bisa sangat membantu jalannya usaha online kamu ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi yang mulai menyukai seputar dunia investasi, ekonomi dan bisnis. Lebih menyukai dan menghargai sebuah proses dalam mencapai sesuatu! Xoxo...