Mau Jadi Enterpreneur Sukses? Ketahui Dulu 5 Tantangan Ini

3 menit
Tantangan bisnis
5 tantangan bisnis terbesar yang dihadapi enterpreneur (Shutterstock)

Menjalankan bisnis katanya gampang-gampang susah. Dari sekian banyak kesulitan, ada beberapa tantangan bisnis terbesar yang dihadapi setiap pebisnis.

Setiap tantangan bisnis yang muncul harus diselesaikan dengan baik oleh enterpreneur kalau pengin sukses. Meski begitu, ada juga sih yang gak sanggup menyelesaikannya kemudian gagal di tengah jalan.

Buat yang mau berubah haluan menjadi pebisnis, kamu perlu tahu nih tantangan apa aja yang bakal muncul selama menjalankan bisnis nanti. Berikut, lima tantangan bisnis terbesar untuk enterpreneur menurut RankRed.

1. Pertumbuhan bisnis

Tantangan bisnis
Pertumbuhan bisnis jadi tantangan bisnis enterpreneur (Shutterstock)

Kenyataannya, membangun bisnis itu gak semudah yang dibayangkan. Mendengar orang sukses berbisnis emang enak. Namun, coba kamu jalankan, pasti ada saja kesulitan-kesulitan yang muncul.

Salah satu tantangan bisnis yang biasa dihadapi pebisnis ialah, bagaimana pertumbuhan bisnis nantinya. Kebanyakan pebisnis gak sabar kalau berurusan dengan hal satu ini.

Padahal, mengembangkan bisnis memerlukan waktu yang gak singkat. Terus melahirkan kreativitas dan mengeksplorasi ide-ide baru menjadi kunci berkembangnya bisnis yang kamu jalankan.

Baca juga: Omzet Sampai Ratusan Juta, 4 Orang Ini Jadi Pengusaha Sukses di Kampung

2. Pendanaan

Tantangan bisnis
Pendanaan jadi tantangan bisnis enterpreneur (Shutterstock)

Jalan atau gaknya suatu bisnis juga tergantung dari pendanaannya. Sekalipun dananya sudah ada, pengelolaan dana yang gak baik menjadi tantangan bisnis terbesar untuk enterpreneur.

Pendanaan memainkan peran penting dalam berjalannya suatu bisnis. Di sinilah kamu harus pintar-pintar mengatur cash flow bisnis yang dijalankan.

3. Membangun hubungan dengan pelanggan

Tantangan bisnis
Membangun hubungan dengan pelanggan tantangan bisnis bagi enterpreneur (Shutterstock)

Ingat, pelanggan merupakan salah bagian terpenting dari kesuksesan bisnis. Banyak pebisnis gagal diakibatkan kesalahan mereka membina hubungan dengan pelanggan.

Tantangan bisnis inilah yang wajib mendapat perhatian setiap enterpreneur. Menjalin hubungan baik dengan pelanggan bisa dilakukan dengan menjual barang-barang yang emang berkualitas.

Kemudian memberi promo juga menjadi cara lain buat mempererat hubungan tersebut.

4. Menumbuhkan inovasi

Tantangan bisnis
Menumbuhkan inovasi jadi tantangan bisnis enterpreneur (Shutterstock)

Banyak perusahaan-perusahaan besar yang jatuh karena mereka kurang berinovasi. Mereka merasa sudah lebih baik, lalu gak peduli dengan inovasi yang dihadirkan pesaing.

Kalau gak mau jadi pebisnis yang gagal, mulailah cari inovasi apa yang bisa dihadirkan untuk menjaring banyak pelanggan. Inovasi yang kamu perkenalkan bisa bikin pelanggan makin loyal menggunakan produk-produk yang kamu jual.

5. Menemukan orang-orang tepat untuk tim kerja

Tantangan bisnis
Menemukan orang-orang tepat untuk tim kerja jadi tantangan bisnis enterpreneur (Shutterstock)

Suksesnya bisnis juga dikarenakan keberadaan orang-orang yang tepat di dalam bisnis tersebut. Mustahil deh bisnis kamu mencetak untung besar kalau orang-orang yang kamu pekerjakan malas-malasan.

Itulah alasan  kamu perlu hati-hati dalam melakukan seleksi. Paling penting dalam proses seleksi ini adalah, kamu harus tahu apakah orang ini bisa diandalkan, jujur, dan mau bekerja.

Kelima hal itu tantangan bisnis terbesar yang dihadapi banyak pebisnis. Belajar banyak dari pebisnis-pebisnis yang berpengalaman bisa membantumu buat menyelesaikan tantangan tersebut. Semoga informasi di atas bermanfaat! (Editor: Chaerunnisa)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan