Terkuak! Segini Tarif Ceramah Ustadz Kondang Mulai UAS Hingga Mamah Dedeh

4 menit
Tarif ceramah ustadz dan ustadzah, salah satunya Ustadz Adi Hidayat (Instagram/@ustadzadihidayat)

Banyak orang yang penasaran, berapa sih tarif ceramah ustadz dan ustadzah kondang Indonesia. Terutama, untuk mereka yang udah jadi langganan stasiun televisi.

Pasalnya, gak sedikit pendakwah yang kaya raya alias punya banyak harta. Salah satunya, Ustadz Solmed yang punya rumah seharga Rp 24 miliar. Ada juga Mamah Dedeh yang konon katanya berpenghasilan Rp 1,2 miliar setiap bulannya.

Jadi, wajar aja kalau segelintiran pertanyaan, berapa tarif para penceramah selalu menjadi salah satu topik yang seru untuk dibahas. Pasalnya, semakin populer dan terkenal namanya, maka terkadang semakin mahal pula tarifnya.

Penasaran berapa tarif ceramah para ustadz kondang Indonesia? Berikut, lima di antaranya seperti dirangkum dari beberapa sumber:

1. Ustadz Adi Hidayat

Tarif ceramah
Tarif ceramah ustadz dan ustadzah (Instagram/@ustadzadihidayat)

Ustadz Adi Hidayat dikenal sebagai dai yang memiliki kecerdasan luar biasa karena dapat menguasai isi kitab suci Al-Quran lengkap dengan letak barisnya.

Pendakwah kelahiran Pandeglang, Banten 11 September 1984 ini juga menguasai ilmu hadist. Gak heran kalau Ustadz Adi Hidayat menjadi salah satu dai kondang di Indonesia.

Ustadz Adi sangat terkenal di sosial media hingga kini sudah memiliki 1,8 juta pengikut di akun Instagramnya, @ustadzadihidayat.

Kepopuleran Ustadz Adi Hidayat tentu membuat banyak orang penasaran. Berapa sih tarifnya untuk sekali ceramah?

Dalam salah satu video yang diunggah akun @kajian_uah, Ustadz Adi Hidayat menjelaskan dia tak memasang tarif, kalau perlu tidak perlu dibayar dan difasilitasi. Alangkah baiknya kalau uang amplop tersebut dialihkan membeli makanan untuk semua jamaah.

Tarif ceramah
Tarif ceramah Ustadz Adi Hidayat (Instagram/@kajian_uah)

Ustadz Adi juga melanjutkan, ketika seorang pendakwah sudah memasang tarif, maka ilmunya hanya akan setara dengan kadar amplopnya.

Baca juga: Pengusaha Properti Termuda Se-Asia Tenggara Nikahi Putri Aa Gym, Ini Sosoknya

2. Ustadz Solmed

Tarif ceramah
Tarif ceramah Ustadz Solmed (Instagram/@ustad_solmed)

Ustadz Solmed pernah menggegerkan publik di tahun 2013 terkait tarif ceramah yang besar saat diundang untuk berdakwah di Hong Kong oleh Majelis Thoriqul Jannah.

Padahal sebelumnya, suami dari artis cantik April Jasmine ini meminta tarif seikhlasnya dan dua tiket pesawat untuk dirinya dan sang manajer. Saat itu, pihak penyelenggara sudah menyiapkan uang sekitar Rp 8 juta.

Namun, menjelang acara, Ustadz Solmed tiba-tiba meminta kenaikan tarif ceramah menjadi Rp 10 juta. Kejadian tersebut langsung viral di dunia maya. Ustadz Solmed pun kemudian menjelaskan kesalahpahaman tersebut dan meminta maaf.

Baca juga: Gaji Capai Ratusan Juta per Bulan, Ini Daftar 5 Bos BUMN Berharta Ratusan Miliar Rupiah!

3. Aa Gym

Tarif ceramah
Tarif ceramah Aa Gym (Instagram/@aagym)

Siapa sih yang gak kenal dengan dai kondang Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym, yang wajahnya sudah sering wara wiri di layar kaca?

Selain sebagai pendakwah, Aa Gym juga merupakan penyanyi, penulis buku, pengusaha dan juga pendiri Pondok Pesantren Daarut Tauhiid yang terletak di Gegerkalong Girang, Bandung.

Kepopuleran Aa Gym berceramah mengantarkan Kiai Haji 57 tahun ini jadi rebutan stasiun televisi saat Ramadan hingga beredar kabar kalau tarif ceramah Aa Gym mencapai US$ 100 ribu per jam pada tahun 2002, dengan nilai tukar dolar saat itu Rp 9.260.

4. Mamah Dedeh

Tarif ceramah
Tarif ceramah Mamah Dedeh (Wikipedia)

Seperti dikutip dari beberapa sumber, seorang netizen di Twitter @jajang_jahroni, yaitu seorang mahasiswa program doktor di Boston University pada tahun 2013 menyebutkan tarif ceramah beberapa pendakwah terkenal Indonesia. Salah satunya, Mamah Dedeh

Jajang berkicau dalam akun Twitter-nya kalau honor Mamah Dedeh untuk ceramah mencapai Rp 40 juta.

Padahal, pemilik nama lengkap Dedeh Rosidah ini diketahui memiliki sejumlah bisnis yang semakin membuat dirinya makmur hingga disebut-sebut mendapat penghasilan bulanan mencapai Rp 1,2 miliar.

5. Ustadz Abdul Somad

Tarif ceramah
Tarif ceramah Ustadz Abdul Somad (Instagram/@ustadzabdulsomad)

Ustadz Abdul Somad merupakan salah satu penceramah kondang yang kini sedang naik daun. Bahkan beberapa selebriti Tanah Air kerap mengunjungi ustadz sekaligus dosen di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau.

Dai yang dikenal jenaka ini juga sangat populer di sosial media karena mampu memberikan penjelasan yang sederhana dalam menyampaikan dakwahnya. Gak heran kalau, Ustadz Abdul Somad sudah memiliki 9,4 juta pengikut di Instagramnya @ustadzabdulsomad.

Kepopulerannya, tentu membuat banyak orang bertanya-tanya, berapa sih tarif untuk mengundang ustadz Abdul Somad ceramah?

Penceramah kelahiran Silo Lama, Asahan, Sumatra Utara, 18 Mei 1977 ini mengatakan dalam salah satu kajiannya, kalau ia tidak memasang tarif ceramah.

Karena tujuannya berdakwah bukanlah untuk memperoleh uang, tapi untuk mendapatkan cinta Allah SWT.

Jika menelisik lebih dalam, ternyata banyak ustadz yang tak memasang tarif ceramah dan bahkan tidak masalah jika tidak dibayar, tapi semata-mata ingin mengejar cinta Allah. Salut banget! (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan