Tarif Baru Ojek Online Resmi Berlaku, Ini Daftar Harganya

1 menit
Tarif Ojek Online Baru (Shutterstock)
Tarif Ojek Online Baru (Shutterstock)

Penerapan tarif baru ojek online secara resmi mulai berlaku pada kemarin. Setelah diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 348 Tahun 2019. Aturan ini tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat Yang Dilakukan Dengan Aplikasi.

Aturan ini ditetapkan oleh pemerintah dengan membagi tiga zona, yang mulai berlaku pada 1 Mei lalu. Dari aturan tersebut, tarif batas bawah zona I ditetapkan untuk wilayah Sumatera, Bali, Jawa (selain Jabodetabek) sebesar Rp 1.850 per km.

Sedangkan untuk batas bawah  zona II (Jabodetabek) ditetapkan sebesar Rp 2.000 per km. Lalu zona III meliputi wilayah Kalimantan, Sulawesi, Nusa tenggara, Maluku, dan Papua, ditetapkan sebesar Rp 2.100 per km.

Sementara itu, untuk tarif batas atas tertinggi ditetapkan untuk zona III sebesar Rp 2.600 per km, kemudian zona II sebesar Rp 2.500 per km, dan zona I Rp 2.300 per km.

“Dengan adanya pemberlakuan tarif ini akan bermanfaat untuk kesejahteraan para driver dan meningkatkan penggunaan transportasi berbasis online,” ujar Direktur Angkutan Jalan, Ditjen Perhubungan Darat Ahmad Yani melalui keterangan resmi di Jakarta.

Yani menegaskan, saat ini kebutuhan masyarakat terhadap ojek online sudah semakin meningkat. Dengan ini perhitungan biaya tarif perlu ada keseimbangan antara pengguna maupun pengemudi, dan juga aplikator sebagai penyedia jasa.

“Sebelumnya tarif ojek onlkne diberlakukan di 133 kota dan kabupaten, mulai 2 september 2019 akan berlaku diseluruh Indonesia. Yaitu di 224 kota/ kabupaten untuk Grab, sedangkan Gojek beroperasi di 221 kota/ kabupaten,” papar Yani.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.