5 Brand Tas Gunung Buatan Lokal yang Berkualitas dan Murah!

5 menit
tas gunung
Tas gunung lokal yang berkualitas dan murah. (Pexels)

Bagi para pendaki, tas gunung atau carrier adalah hal yang paling krusial. Mereka bakal memilih tas dengan kualitas terbaik untuk bisa menopang segala barang bawaan penting demi keperluan pendakian.

Segala peralatan dibawa, mulai dari tenda, kompor, bahan makanan, semua jadi satu di dalam tas. Kalau ditimbang mungkin bakal berat banget. Jadi, memilih tas dengan kualitas terbaik adalah suatu keharusan. Kalau beli yang jelek, nanti di tengah pendakian malah rusak kan malah nyusahin.

Jangan samakan tas untuk mendaki dengan tas sehari-hari ya, karena tas gunung memiliki spesifikasi yang khusus. Kira-kira bagaimana cara memilih tas yang baik?

Baca juga: 5 Tempat Beli Baju Lebaran Murah Meriah yang Gak Bikin Dompet Tipis

Cara memilih tas gunung yang bagus dan baik

1. Pilihlah yang ringan dan kuat

tas gunung
Ringan dibawa tapi kuat, cari yang punya karakter seperti itu. (Pixabay)

Mendaki gunung bukan seperti jalan-jalan di jalan raya, tetapi kamu bakal menanjak ke atas, sambil membawa beban berat di punggungmu. Jika terus-terusan memikul beban berat sambil menanjak dalam waktu lama pastinya staminamu bakal terkuras dengan cepat.

Oleh sebab itu, pilihlah tas gunung yang ringan namun kuat. Ringan bukan berarti kualitasnya jelek. Kamu bisa mengecek dari jahitannya apakah kuat atau tidak. Biasanya sih, tas mendaki zaman sekarang sudah pada ringan dan kuat.

2. Yang ada rangka belakangnya

tas gunung
Yang punya rangka belakang bakal bantu topang beban. (Pexels)

Teknologi tercanggih untuk mengurangi beban pada punggung adalah dengan menyematkan rangka di bagian belakang tas. Saat rangka terpasang, otomatis beban yang kamu pikul bakal berkurang karena disanggah oleh rangka tersebut. Tapi seandainya tidak ada rangka, maka beban sepenuhnya ditanggung oleh punggungmu sendiri.

3. Sesuaikan kapasitas tas dengan kebutuhan

tas gunung
Cari yang kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan kamu. (Pexels)

Belilah carrier dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya ingin mendaki gunung yang tinggi dan waktu tempuh pendakian lama, maka kamu patut membeli yang kapasitasnya agak sedikit besar. Tapi kalau cuma mau mendaki dalam hitungan satu hari saja, misal pagi berangkat, sore turun ke bawah, lebih baik beli yang kapasitasnya sedang.

Namun, sangat tidak disarankan beli tas yang kekecilan, karena takutnya kamu berpotensi membawa barang dalam jumlah yang banyak yang bisa mengakibatkan over capacity. Kalau sudah over, tasmu bisa berpotensi mengalami kerusakan di tengah pendakian, entah ada jahitannya yang putus atau kainnya robek. Duh jangan sampai deh ya!

4. Memiliki fitur kenyamanan lainnya

tas gunung
Harus nyaman digendong. (Pexels)

Beberapa tas gunung kini telah menyematkan beberapa strap di pinggang dan bagian dada. Tujuannya adalah untuk mengurangi beban yang kita pikul. Nah penting banget nih kamu beli tas yang ada dua fitur itu, biar mendakimu jadi makin lancar.

Baca juga: Lulusan SMK, Ternyata Ini Lho Sosok di Balik Suksesnya Tas Eiger

Tas gunung buatan lokal yang bagus dan murah

Indonesia dikenal sebagai surganya para pecinta pendaki gunung. Di negara kepulauan ini terdapat beragam macam gunung yang bisa didaki, mulai dari yang termudah sampai yang menawarkan medan terberat sekaligus.

Oleh karenanya, banyak industri perlengkapan outdoor buatan lokal yang memproduksi tas gunung. Beberapa di antaranya bahkan gak kalah kualitasnya bila dibandingkan dengan merek luar.

Baca juga: Di Bawah Rp 100 Ribuan! Ini Perlengkapan Traveling yang Wajib Kamu Miliki

1. Eiger

tas gunung
Bikinan Eiger. (Instagram/@eigeradventure)

Produk asli Bandung ini telah berdiri sejak tahun 1979. Merek ini sudah seperti ikonnya produk outdoor di Indonesia bila dibandingkan merek-merek lain. Ada beragam pilihan tas yang bisa kamu pilih untuk menunjang kegiatan mendakimu. Ukurannya pun macam-macam, ada yang mulai dari 35L sampai 75L.

Kalau untuk mendaki, idealnya sih menggunakan carrier yang berukuran 60L. Dilihat di laman resmi Eiger, untuk ukuran 60L harganya sekitar Rp 975 ribu, sedangkan yang termahal Rp 1.950.000 untuk ukuran 75L.

2. Avtech

tas gunung
Yang ini keluaran Avtech. (Instagram/@avtech_indonesia)

Kalau kamu kira ini brand luar, kamu salah besar! Karena Avtech merupakan brand asli buatan lokal. Didirikan pada tahun 1991, Avtech dulu bernama Adventure, tapi kemudian pada tahun 2006, demi menggaet banyak pembeli, sang pendiri Yudi, menggantinya menjadi Avtech.

Sejak awal, mereka telah berkonsentrasi di pembuatan produk-produk outdoor hingga kini. Produk Avtech juga sudah ada yang diekspor ke beberapa negara seperti Filipina, Inggris, Australia, dan Jepang.

Dilihat di laman websitenya, harga tas gunung Avtech masih jauh lebih murah ketimbang Eiger. Untuk tas dengan kapasitas 60L, dijual dengan harga Rp 510.000 sementara ukuran yang paling besar 80L dijual seharga Rp 610.000.

3. Consina

tas gunung
Bikinan Consina. (Instagram/@consinaofficial)

Consina didirikan oleh Disyon Toba pada tahun 1994. Saat itu ia masih duduk di bangku kuliah di Trisakti. Pria yang hobi mendaki gunung ini akhirnya memutuskan untuk membuat carrier dengan mereknya sendiri dan dijual ke teman-teman kuliahnya. Hingga akhirnya pada tahun 1998, Consina mulai memproduksi produknya dalam jumlah banyak dan berbagai jenis, seperti tas, sendal, hingga peralatan outdoor lainnya.

Harganya juga lumayan murah bila dibandingkan dengan produk brand luar. Untuk carrier ukuran 60L dijual mulai dari Rp 750.000, sedangkan yang terbesar, yakni 80L dijual Rp 925.000.

4. Alpina

tas gunung
Kamu yang masih SD di era 90-an pasti akrab sama brand ini. (Instagram/@alpina_1985)

Brand yang satu ini sudah terkenal banget di kalangan anak generasi 90-an. Dulu Alpina sangat populer menjadi tas sekolah dari anak SD sampai SMA. Kini, brand asal Bandung ini lebih banyak bermain untuk produk-produk outdoor, termasuk tas carrier.

Dilihat di Shopee, tas yang mereka jual terbilang murah kok, untuk yang 40L sudah waterproof, dijual seharga Rp 360.000. Sementara itu, untuk ukuran 60L dibanderol seharga Rp 650.000.

5. Jayagiri

tas gunung
Keluaran Jayagiri. (Instagram/@jayagirioutdoors)

Brand ini mungkin gak terlalu terkenal di kalangan pendaki gunung saat ini. Tapi, kamu harus tahu kalau brand satu ini termasuk pelopor brand outdoor dalam negeri. Didirikan di Bandung pada tahun 1978, Jayagiri pertama kali berkonsentrasi pada produksi backpack dan sleeping bag. Pada tahun 1983, mereka bahkan telah mengekspor produknya ke Malaysia.

Harga tas gunung yang ditawarkan mulai dari Rp 550.000 untuk kapasitas 45L dan Rp 916.000 untuk kapasitas 100L.

Itu tadi lima brand tas gunung buatan lokal yang berkualitas bagus. Kalau buatan dalam negeri ada yang bagus, ngapain beli produk luar yang mahal dan kualitasnya sama? (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan