Pengin Pasang Listrik Pintar? Jangan Bingung, Nih Panduan Kompletnya

2 menit
listrik pintar

Listrik pintar atau listrik token bisa jadi solusi buat kamu yang pengin lebih irit dalam pengeluaran bulanan. Ini berguna banget terutama buat yang tagihan listrik pascabayarnya selalu bengkak tanpa disadari.

Dalam mekanisme listrik pintar, pelanggan harus mengeluarkan uang dulu buat menikmati listrik. Persediaan listrik bisa ditambah kapan aja sesuai kebutuhan.

Ya pokoknya persis seperti pulsa telepon deh.

Yang jadi pertanyaan, gimana sih cara memasang listrik seperti ini di rumah? Biar gak bingung, yuk baca ulasannya di bawah ini.

Prosedur pemasangan listrik pintar

Baiklah, gak usah bingung ya buat urusan yang satu ini. Berikut tahapan yang harus kamu lalui.

a. Datangi kantor PLN terdekat

Datangi kantor PLN terdekat sesuai dengan domisili rumahmu. Jangan lupa bawa dokumen berupa:

– Identitas pemilik rumah (KTP)

– Denah rumah yang pengin dipasang listrik pintar

– Surat kuasa bila emang diwakilkan

b. Survei lapangan

Setelah persyaratan di atas kamu penuhi, maka permintaanmu atas listrik pintar bakal diproses. Kamu tinggal tunggu aja sampai ada orang PLN yang survei ke rumah.

Survei tersebut biasanya bertujuan biar proses pemasangan gak berantakan. Mereka bakal mengukur jarak tiang listrik, jarak trafo, dan hal-hal teknis lainnya.

Pokoknya, mekanisme ini dilakukan dengan detail banget.

Pastikan kamu ada di rumah saat petugas survei datang. Jadi seandainya ada pertanyaan-pertanyaan teknis yang mereka ajukan, kamu bisa menjawabnya langsung.

c. Selesaikan proses administrasi di kantor PLN

Setelah survei dilakukan, maka kamu tinggal ke kantor PLN buat menyelesaikan proses administrasi, termasuk pembayaran biaya penyambungan.

Biaya penyambungan baru sebesar Rp 1.218.000, tapi itu belum termasuk voucher perdana buat listriknya ya.

Selain itu kamu juga perlu mempersiapkan uang buat:

– Uang jaminan

– materai

– token listrik minimal Rp 5.000

d. Tanda tangan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL)

Biar sah, kamu bakal tanda tangan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL).

Buat tahap yang satu ini, lebih baik gak usah diwakili ya. Kamu aja yang datang langsung ke PLN. Toh prosesnya juga gak bakalan lama.

e. Listrik pintar dipasang di rumah

Waspada VAMPIR LISTRIK

A post shared by PT PLN (Persero) (@pln.indonesia) on

Beres deh semuanya. Tinggal tunggu aja petugas PLN datang ke rumah buat melakukan instalasi listrik pintar.

Gimana guys, prosedurnya gak ribet dan gampang, kan? Pokoknya gak usah percaya deh sama yang bilang kalau prosedur ini berbelit-belit.

Sekedar info aja, permintaan soal penyambungan listrik pintar juga bisa dilakukan via telepon ke 123. Permohonan juga bisa dilakukan secara online di situs PLN.

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.