Bikin Tayo the Little Bus Fenomenal, Ternyata Sosok Ini di Balik Kesuksesannya

3 menit
Tayo the Little Bus

Tayo the Little Bus dengan lagu “Hey Tayo” yang fenomenal ternyata gak cuma meracuni anak-anak kecil, tapi juga orang dewasa. Di balik serial kartun anak-anak yang sangat fenomenal itu, pria Korea Selatan tersebut sosok di balik kesuksesan serial kartun.

Choi Jong-il merupakan kreator serial kartun Tayo the Little Bus, dan sebelumnya juga membuat serial berjudul Pororo the Little Penguin.

Kedua serial kartun itu begitu disukai anak-anak. Bahkan, serial kartun tersebut bisa dibilang sukses mendunia, termasuk di Indonesia.

Apa rahasianya? CEO Iconix Entertainment, Choi Jong-il, menyampaikan beberapa strategi dan alasan yang membuatnya terjun ke tontonan anak-anak:

1. Gak ada superhero

Tayo the Little Bus dan Pororo
Tayo the Little Bus dan Pororo

Yang membuat serial kartun Tayo the Little Bus dan tokoh Pororo yang diciptakan Choi Jong-il berbeda dengan serial kartun lain adalah, gak ada tokoh superhero.

Bila biasanya tontonan anak-anak, bahkan orang dewasa didominasi film-film yang menampilkan superhero, maka serial yang satu ini berbeda.

Gak ada tokoh jahat atau tokoh baik dalam serial tersebut. Tokoh-tokoh dalam serial kartun itupun gak dibikin sempurna.

Dengan cara tersebut, penonton lebih merasa terikat karena tokoh-tokoh itu gak jauh dari sekitar kita. Anak-anak pun lebih mudah menerima cerita-ceritanya.

2. Animasi anak-anak bisa dinikmati semua kalangan

Tayo the Little Bus
Tayo the Little Bus

Yang pasti, saat terjun ke dunia animasi anak-anak, cerita tersebut bakal bisa dinikmati semua kalangan. Dengan begitu, serial kartun tersebut bahkan bisa dikenal orang dewasa.

Biasanya orangtua dari anak-anak yang menonton Pororo dan Tayo pasti akan mengetahui serial tersebut. Makin menyebar deh!

3. Bikin konten yang disukai masyarakat

Tayo the Little Bus
Tayo the Little Bus

Choi Jong-il juga mengaku, saat menciptakan Pororo dan serial kartunnya yang lain yang fenomenal, serial tersebut adalah yang disukai masyarakat. Namun, Choi Jong-il sebenarnya kurang suka.

Hal ini yang dikompromikan Choi Jong-il buat gak terlalu idealis menciptakan tokoh, dan cerita. Dia tahu apa yang disukai pasar.

Choi Jong-il mengaku, ada beberapa animasi yang diciptakannya malah gagal di pasar. Jadi, kreator Tayo the Little Bus tersebut gak lepas dari yang namanya jatuh-bangun.

4. Bikin konten positif

Tayo the Little Bus
Tayo the Little Bus

Choi Jong-il melalui perusahaannya Iconix berusaha sebisa mungkin membuat konten-konten positif. Mereka pengin menyampaikan pesan-pesan positif, dan sehat pada anak-anak.

Cara ini tentu bagus banget. Pasalnya, masyarakat lebih mau menerima untuk menikmati tontonan tersebut. Apalagi, konten ini buat anak-anak. Tanpa kontroversi, ditambah memiliki cerita yang bagus, gak heran kalau Pororo dan Tayo the Little Bus begitu fenomenal.

5. Menerima penghargaan di negaranya

Choi Jong Ilon di balik kesuksesan Tayo (Arirang)
Choi Jong Ilon di balik kesuksesan Tayo (Arirang)

Kesuksesan Tayo the Little Bus sukses menginspirasi pemerintah Korea. Pemerintah Metropolitan Seoul malah membuat bus dengan karakter dari serial Tayo the Little Bus beroperasi di daerah Gwanghwamun Square.

Gara-gara Tayo, kampanye naik bus pun semakin disadari di sana. Bahkan, jumlah bus diperbanyak di Hari Anak di negeri tersebut.

Di Museum Sains Nasional Korea Selatan juga terdapat balon ruang dengan karakter Tayo yang dibikin kelompok bernama Astronot Remaja dari Korea Selatan.

Pria kelahiran 1965 itu sukses menginspirasi banyak orang lewat karakter-karakter animasi yang diciptakannya. Keren ya! (Editor: Chaerunnisa)

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong