Teknologi Makin Maju, 5 Peluang Kerja Ini Bakal Banyak Dilirik

3 menit
Peluang Kerja

Ada banyak jenis pekerjaan yang terancam punah akibat pesatnya teknologi. Tapi karena perkembangan teknologi pula banyak pula peluang kerja tercipta.

Nah, berikut ini adalah enam peluang kerja yang dianggap bakal banyak dilirik seiring perkembangan zaman. Yuk langsung simak aja.

1. Pengembang aplikasi

peluang kerja
Jadi pengembang aplikasi ini pekerjaan yang sangat menjanjikan lho (Liputan6)

Beberapa tahun mendatang pengembang aplikasi perangkat lunak diprediksi bakal banyak dicari. Bagaimana gak, berbagai macam aktivitas sekarang ini membutuhkan aplikasi untuk memudahkan orang.

Maka jangan heran kalau ke depan peluang kerja sebagai pengembang aplikasi ini bakal banyak dicari. So, jangan ragu lagi deh mulai dari sekarang kamu harus banyak belajar buat menguasai ilmu satu ini.

Gak percaya? Bisa dilihat sekarang kok. Banyak banget aplikasi yang sudah digunakan orang. Kita bisa mengunduhnya melalui playstore atau appstore.

Nah, bayangin dong beberapa tahun ke depan kebutuhan aplikasi ini bakal makin banyak banget.

[Baca: Cari Kerja Zaman Now, Wajib Punya 5 Skill Ini Nih]

2. Teknisi robot

Wacana pengurangan tenaga kerja manusia untuk digantikan dengan robot bukan isapan jempol belaka. Sekarang saja beberapa perusahaan banyak memperkerjakan robot dalam bisnis mereka.

Raksasa e-commerce Amazon misalnya. Saat ini sudah memperkerjakan sekitar 45.000 robot buat menunjang bisnisnya. Foxconn, sebuah perusahaan elektronik terebesar dunia juga sudah menggantikan 60.000 buruh pabriknya dengan robot.

Bukan gak mungkin pada beberapa tahun ke depan penggunaan robot di perusahaan Indonesia juga makin marak.

Nah, dengan banyaknya robot industri tersebut, tentu saja peluang kerja sebagai teknisi robot makin terbuka lebar. Kamu bisa mulai menyiapkan diri untuk menguasai pekerjaan tersebut.

3. Tenaga digital marketing

peluang kerja
Tren digital marketing bakal meningkat dalam beberapa tahun ke depan (Liputan6)

Skema pemasaran suatu produk yang dilakukan secara konvensional melalui media cetak atau dari mulut ke mulut secara perlahan akan musnah.

Seiring perkembangan zaman, konsep digital marketing akan semakin diminati. Selain bisa dijangkau secara luas oleh masyarakat, digital marketing lebih mudah dan efisien.

Singkatnya, proses pemasaran produk melalui internet akan semakin banyak digemari oleh semua pelaku bisnis.

Lalu siapa yang berada di balik digital marketing ini?

Nah, kamu bisa jadi salah satu tenaga digital marketing. Kamu bisa bikin sebuah usaha marketing agency. Peluang kerja ini akan banyak dibutuhkan oleh para pelaku bisnis untuk memasarkan produknya secara digital atau via internet.

[Baca: Dunia Kerja: 7 Profesi yang Banyak Dicari di Indonesia]

4. Cyber security expert

Sekarang ini sudah masuk eranya internet. Hampir semua orang setiap harinya sudah terkoneksi dengan internet melalui gadget.

Namanya juga internet, gak semua orang yang ada di dunia maya ini orang baik-baik. Banyak juga para penjahat di yang berkeliaran di dunia maya.

Maka jangan heran ya kalau di internet ini banyak sekali penjahat siber, penyebar hoax, pencuri data hingga hacker yang merugikan banyak orang.

Nah, itulah mengapa cyber security expert ini merupakan peluang kerja yang bakal banyak diburu pada beberapa tahun mendatang.

5. Kurir online shop

peluang kerja
Jadi kurir di masa depan jadi pekerjaan yang banyak dicari lho (Bukalapak)

Jumlah e-commerce di Indonesia semakin marak. Hal ini membuat perilaku belanja masyarakat mulai beralih ke online shop. Masyarakat  menilai bahwa belanja via online lebih mudah dan efisien.

Produk yang dibeli secara online ini gak mungkin datang dengan sendirinya dong. Pasti ada kurir atau jasa pengantarnya.

Nah, peluang kerja sebagai kurir pada beberapa tahun ke depan bakal menjamur. Sebab, semakin banyak orang belanja secara online, semakin banyak pula barang yang harus dikirim ke alamat pembeli.

Itu artinya peluang kerja ini jadi salah satu yang bakal banyak dilirik orang.

[Baca: Ini Nih 8 Kerja Sampingan yang Cocok Buat Para Introvert]

Nah, itulah beberapa peluang kerja yang bakal banyak diminati pada tahun-tahun ke depan. Seiring perkembangan teknologi, memang banyak jenis pekerjaan yang akan punah dan tergantikan dengan pekerjaan yang baru.

Maka dari itu, siapkan diri dengan berbagai keahlian agar di masa depan, mencari pekerjaan mudah dicari.

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.