Telan Biaya Rp 6,5 M, Ini Istana yang Jadi Tempat Resepsi Pernikahan Nick Jonas

4 menit
Umaid Bhawan, Istana Mewah Tempat Resepsi Nick Jonas dan Priyanka Chopra (Instagram).

Kabar mengenai pernikahan seleb Nick Jonas dan Priyanka Chopra memang cukup ramai jadi buah bibir di media, karena dilangsungkan di Istana Umaid Bhawan. Istana yang terletak di Jodhpur, Rajasthan, India itu adalah bangunan bersejarah yang punya fakta-fakta menarik.

Asal kamu tahu, istana mewah ini ternyata sudah ada sebelum Negeri Bollywood merdeka. Nama Umaid diambil dari nama Maharaja Umaid Singh.

Dan saat ini, sebagian istana itu dikelola langsung oleh Taj Hotel untuk dijadikan tempat penginapan. Hotel itu langsung menyabet penghargaan sebagai World’s best hotel at the Traveller’s Choice Award dari TripAdvisor.

Sudah pasti, biaya sewa venue pernikahan mereka gak murah, dan pastinya gak kalah mahal daripada venue pernikahan Crazy Rich Surabaya. Penasaran dengan fakta-fakta menarik soal Istana Umaid Bhawan? Yuk simak ulasannya di bawah sini.

Baca juga: Hal yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Uang, Bukan Sekadar Alat Pembayaran Semata

1. Luasnya 9,3 hektare

Umaid Bhawan ini luasnya mencapai 9,3 hektare (Instagram).

Namanya juga istana, gak heran tentunya kalau Umaid Bhawan ini luasnya mencapai 9,3 hektare. Dan kabarnya nih, sekitar 6 dari 9,3 hektare luas wilayah istana itu dipenuhi dengan taman yang sangat indah.

Istana ini memiliki 347 kamar! Pastinya disana ada ruang yang digunakan sebagai singgasana raja, ruang meeting eksklusif, ruang perjamuan yang sangat luas, ballroom, perpustakaan, kolam renang indoor, spa, ruang billiard, hingga lapangan tenis.

Di taman istana ini, ada burung merak yang memang dipelihara oleh pihak pengelola istana. Tentunya kehadiran satwa langka ini bisa membuat pemandangan jadi lebih cantik.

2. Material istana ini kebanyakan berasal dari Asia

Material istana ini kebanyakan berasal dari Asia (Instagram).

Istana ini berwarna kuning keemasan dan usut punya usut, material-material yang ada di istana ini ternyata berasal dari Asia.

Sebut saja seperti marmernya berasal dari Makrana, India, lalu untuk material kayu di interiornya menggunakan kayu dari Myanmar. Berhubung arsiteknya dari Eropa, maka gak heran kalau istana ini punya unsur benua tersebut.

Baca juga: Berani Terima Kritik, Salah Satu Kunci Sukses Taylor Swift yang Wajib Diterapkan

3. Setengah hotel setengah museum

Mengingat bangunan ini adalah bangunan bersejarah, maka pengelola pun menjadikan Umaid Bhawan sebagai museum (Instagram).

Mengingat bangunan ini adalah bangunan bersejarah, maka pengelola pun menjadikan Umaid Bhawan sebagai museum. Jadi, bisa dibilang ini adalah istana, hotel, dan juga museum. Cakep!

Satu bagian besar di bangunan ini dijadikan tempat tinggal bagi para keturunan Dinasti Rathore yang dulu disebut penguasa Jodhpur. Sama seperti keluarga kerajaan di negara kerajaan pada umumnya, gaya hidup mereka ya tentunya mewah banget.

Akan tetapi, banyak sekali peristiwa tragis yang menimpa keluarga kerajaan Singh. Maharaja Umaid Singh sendiri cuma sempat menikmati istana ini selama empat tahun sebelum akhirnya dia meninggal dunia.

Putranya yaitu Hanumant Singh juga wafat di usia muda dalam tragedi kecelakaan pesawat tahun 1982.

Saat ini, yang tinggal di istana itu adalah Gaj Singh II cucu Umaid Singh. Gaj pulalah yang mengubah setengah istana ini menjadi hotel.

4. Hotel mewahnya bernuansa dinasti India

Bernuansa dinasti India (Instagram).

Namanya juga kerajaan di India, sudah pasti Taj Hotel semakin memperkental nuansa hotel ini dengan hal-hal yang berbau India kuno.

Hotel ini punya 39 suites mewah, dan puluhan kamar. Mereka pun memberi nama kamar-kamar hotel ini dengan nama India sebut saja seperti Maharani Suite, Maharaja Suite, Royal Suite, Regal Suite and Deluxe Rooms.

So, mereka yang datang ke sini bakal bisa menikmati suasana yang India banget.

Baca juga: Wanita Sukses Terlihat dari 7 Ciri-Ciri Ini, Kamu Termasuk Diantaranya?

5. Ada koleksi mobil-mobil Maharaja

Kendaraan maharaja (Instagram).

Berhubung ini adalah museum, Umaid Bhawan menyimpan segala bentuk koleksi milik Maharaja Umaid Singh. Sebut saja seperti koleksi mobil antik milik beliau.

Dan tenang saja, berhubung ini adalah museum, itu artinya kamu bisa mampir-mampir ke sini untuk melihat langsung koleksi bersejarah itu. Sempatkan diri saja untuk mengunjungi tempat ini saat kamu berada di India.

6. Istana ini dibangun saat wabah kelaparan melanda Jodhpur

Istana ini dibangun saat wabah kelaparan melanda Jodhpur (Instagram).

Ternyata, ada cerita nahas dibalik berdirinya istana megah nan indah ini. Pondasi istana ini dibangun pada 1929 silam dengan mempekerjakan 2 ribu hingga 3 ribu orang. Sementara itu sang Maharaja baru menempati istana ini tahun 1943 alias gak lama sebelum India merdeka.

Pembangunan istana ini juga gak luput dari kontroversi lantaran, keluarga kerajaan mempekerjakan banyak masyarakat di saat wabah kelaparan melanda wilayah tersebut. Raja pun meminta Henry Vaughan Lanchester untuk menjadi arsitek pembangunan istana ini.

Wilayah tempat istana ini berdiri bernama Bukit Chittar. Wilayah ini memang sering dilanda wabah kekeringan yang cukup serius. Dan bukan rahasia lagi bahwa hasil panen di wilayah ini memang gak bagus.

Seperti itulah tempat resepsi pernikahan Nick Jonas dan Priyanka Chopra. Kabarnya, biaya pernikahan mereka berdua diprediksi mencapai US$ 461 ribu atau Rp 6,5 miliar!

Kira-kira gimana tuh tanggapanmu sama pernikahan semahal itu? (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong