Telkom Bakal Fokus Bisnis Digital, Ternyata Ini Alasannya!

2 menit
Telkom Perkuat Bisnis Digital (Shutterstock)
Telkom Perkuat Bisnis Digital (Shutterstock)

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) mencatat kinerja Perseroan yang positif sepanjang semester I 2019. Hal ini terlihat dari profitabilitas Perseroan yang kian meningkat.

Dimana sepanjang semester I/2019 laba bersih tumbuh hingga 27,4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

“Sepanjang semester I/2019, dengan pendapatan konsolidasi yang tumbuh 7,7 persen. Perseroan berhasil mencatat laba bersih yang meningkat signifikan hingga 27,4 persen,” ujar Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah di Jakarta.

Ririek menambahkan, pencapaian tersebut menunjukkan kinerja Perseroan yang kian sehat dengan profitabilitas yang semakin baik. Karena Perseroan mampu menghasilkan persentase pertumbuhan laba bersih yang jauh di atas persentase pertumbuhan pendapatan. 

“Ini akan menjadi faktor penting bagi sustainability perusahaan di masa mendatang,” jelasnya.

Telkom mencatat laba bersih di semester pertama 2019 sebesar Rp11,08 triliun. Pendapatan konsolidasi Perseroan tercatat sebesar Rp69,35 triliun. Selama paruh pertama 2019 atau naik 7,72 persen dibandingkan dengan periode yang sama 2018 yakni Rp64,37 triliun.

Ririek mengatakan, pencapaian ini tak lepas dari fokus Perseroan terhadap mesin utama pertumbuhan yakni bisnis digital yang konsisten tumbuh dan menunjukkan kinerja positif. 

Bisnis Digital Melesat

Pendapatan bisnis digitalmeningkat cukup signifikan sebesar 22,6 persen YoY menjadi Rp48,29 triliun. Kontribusi bisnis digital juga meningkat menjadi 69,6 persen dari total pendapatan pada semester I/2019. Dimana pada periode yang sama tahun lalu sebesar 61,2 persen.

Pendapatan bisnis digital terdiri dari pendapatan layanan konektivitas broadband sebesar Rp38,7 triliun atau tumbuh 24,4 persen dan layanan digital sebesar Rp9,59 triliun atau tumbuh 15,6 persen.

Entitas anak usaha Telkom, Telkomsel yang saat ini tengah fokus terhadap bisnis digital juga menunjukkan kinerja yang semakin baik. Hal ini terlihat dengan membukukan Rp45,11 triliun pada pendapatan, Rp24,23 triliun pada EBITDA dan Rp12,71 triliun pada laba bersih dengan pertumbuhan masing-masing sebesar 5,5 persen, 9,0 persen dan 8,4 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Dari sisi operasional, Telkomsel memiliki 167,8 juta pelanggan dengan 66,3 persen diantaranya atau sebesar 111,2 juta merupakan pelanggan data. Lalu lintas data pun mengalami peningkatan yang meningkat cukup tajam hingga 56 persen menjadi 2.961 petabyte. 

Untuk mengembangkan infrastruktur digital Telkomsel juga telah membangun 15.117 BTS berbasis 4G pada semester I/2019 ini. Sehingga total BTS 4G Telkomsel menjadi sebanyak 71.789 unit. 

Hingga saat ini Telkomsel memiliki 204.198 unit BTS dengan 75,4 persen diantaranya adalah BTS 3G dan 4G/LTE. Layanan triple play IndiHome turut menunjukkan kinerja yang semakin kuat baik finansial maupun operasional. Pendapatan IndiHome melonjak 61,5 persen menjadi Rp8,8 triliun. 

Indihome Miliki 6 Juta Pelanggan

Selain itu, sepanjang tiga bulan terakhir IndiHome berhasil menambah 479 ribu pelanggan baru dengan total pelanggan hingga Juni 2019 menjadi 6 juta atau tumbuh 45,1 persen dibanding semester pertama tahun lalu. Hal ini sekaligus memantapkan posisi IndiHome sebagai market leader bisnis fixed broadband di Indonesia.

Belanja modal Perseroan di semester 1/2019 ini sebesar Rp15,1 triliun. Dengan alokasi terutama digunakan untuk membangun infrastruktur broadband baik untuk mobile maupun fixed broadband

Pada bisnis mobile, belanja modal dialokasi untuk pengembangan kualitas dan kapasitas jaringan 4G serta pengembangan sistem IT. 

Sementara untuk fixed broadband, belanja modal digunakan untuk pembangunan jaringan akses serat optik ke rumah serta jaringan backbone. Hingga pertengahan tahun 2019, Telkom telah membangun tambahan backbone serat optik sepanjang sekitar 2.600 km.

“Semester I/2019 menjadi milestone penting perusahaan, dimana Telkom mampu menunjukkan kinerja yang semakin membaik. Kami optimis, Telkom dapat terus meningkatkan kinerjanya baik finansial maupun operasional, pada akhir tahun 2019 nanti.” pungkas Ririek.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.