10 Tempat Ngopi di Jogja yang Asyik Buat Nongkrong dan Gak Ngebosenin

5 menit
tempat ngopi di Jogja
Epic Coffee Jogja (Instagram/@epic_coffee)

Budaya ngopi di Jogja juga lumayan kuat, hampir setiap pagi, siang, sore, bahkan malam hari tempat ngopi di Jogja tidak pernah sepi pembeli. Bukan cuma gara-gara harga secangkirnya murah, tapi juga kualitas rasanya sangat terjamin. 

Belum lagi, tempat ngopi di Jogja unik-unik, ada yang lesehan di pinggir jalan, di pinggir sawah, sampai di benteng peninggalan Belanda. 

Simak rekomendasi tempat ngopi di Jogja yang wajib kamu kunjungi kalau melancong ke Kota Gudeg!

1. Kopi Klotok 

tempat ngopi di Jogja
Kopi Klotok (Instagram/@neni_fitriani)

Menikmati segelas kopi dengan suasana khas pedesaan ada bisa kamu dapatkan di Kopi Klotok. Desain tempat ngopi di Jogja ini lebih mengedepankan konsep tradisionalnya. 

Bangunannya saja menggunakan joglo khas Jawa dan furniturnya didominasi material kayu. Lokasinya pun berada di dekat tepi sawah, tepatnya berada di daerah Jalan Kaliurang KM 16, Pakem. 

Buat yang belum tahu, daerah Pakem termasuk tempat yang masih asri dan sejuk di Jogja. Hal ini disebabkan letaknya berdekatan dengan kaki Gunung Merapi. Pasti kebayang dong gimana rasanya ngopi di tepi sawah dengan udara yang sejuk? 

Untuk teman kopinya, kamu bisa memilih makanan ringan seperti singkong dan pisang goreng, atau sepiring nasi sayur. 

Warung ini buka dari pukul 07.00 WIB sampai 22.00 WIB. Soal harga, sangat terjangkau kok, segelas kopi klotok bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 5.000 saja. 

Baca juga: 7 Tempat Nongkrong di Jakarta Ini Buka 24 Jam! Wajib Banget Kamu Icip

2. Blanco Coffee and Books

tempat ngopi di Jogja
Blanco Coffee and Books (Instagram/@blancoyk)

Banyak yang pergi ke kafe untuk sekadar mengerjakan tugas atau membaca buku. Nah, tempat ngopi di Jogja yang satu ini bisa memfasilitasi keduanya. Di Blanco Coffee and Books ini konsepnya seperti kafe perpustakaan. 

Buku-buku yang dipajang di sini bisa kamu baca dengan bebas, ada kategori fiksi dan non fiksi. Bisa digunakan untuk penunjang kamu mengerjakan tugas, skripsi, atau sekadar di baca-baca saja. 

Selain buku dan kopi yang lezat, kafe ini juga memiliki WiFi yang kencang. Pas banget deh buat tempat nongkrong atau ngerjain tugas. 

Harga menunya berkisar dari Rp 12-30 ribuan. Lokasinya terletak di Jalan Kranggan, Jetis, Jogja, sementara waktu operasionalnya setiap hari pukul 07.30 WIB – 00.30 WIB. 

3. Filosofi Kopi Jogja 

tempat ngopi di Jogja
Filosofi Kopi Jogja (Instagram/@filosofikopi)

Filosofi Kopi pertama kali ngetren di Jakarta lewat sebuah film yang dibintangi Rio Dewanto dan Chicco Jerikho. Setelah filmnya membludak, kafenya pun dibuka di daerah Blok M, Jakarta. 

Kemudian, Filosofi Kopi membuka cabang di Jogja, tepatnya di Jalan Pandhawa, Ngaglik, Sleman. 

Nuansa Filkop di Jogja ini lebih tradisional, karena desain interiornya kebanyakan menggunakan material kayu. Nongkrong di sini paling pas malam-malam, karena suasananya makin romantis dengan lampu redup oranye. 

Harga kopinya variatif, mulai dari Rp 15 ribu sampai Rp 30 ribu. 

4. Epic Coffee Jogja 

tempat ngopi di Jogja
Epic Coffee Jogja (Instagram/@epic_coffee)

Tampilan dari luarnya mungkin lebih tepat sebagai toko furnitur, karena banyak benda-benda rumah tangga seperti kursi dan meja dijajakan. Memang tempat kopi satu ini gabung dengan toko furnitur, tepatnya berada di ruang outdoornya, yang serasa seperti ngopi di taman. 

Pilihan menu di sini beragam, selain minuman kopi sebagai menu utamanya, kamu juga bisa menikmati milkshake, smoothies, dan makanan-makanan ringan. Harganya mulai dari Rp 17-150 ribuan. 

Untuk mencapai ke Epic Coffee gak mudah kok, karena letaknya persis di pinggir Jalan Palagan No.29, Sleman. 

5. Lokal Resto Jogja 

tempat ngopi di Jogja
Lokal Resto Jogja (Instagram/@lokal_id)

Tempat ngopi di Jogja satu ini cozy banget. Tata ruangnya kekinian dan Instagramable banget, di temboknya ada mural bertuliskan Jogjakarta. Saking bagusnya, pernah dipakai syuting film “AADC 2” lho

Kafe ini letaknya ada di Jalan Jembatan Merah, Condong Catur. Gak cuma kafe saja, Lokal juga memiliki tempat penginapan yang gak kalah kerennya. 

Menu makanannya terkenal enak-enak semua, meskipun rata-rata makanan western. Harga menunya mulai dari Rp 30 ribu sampai Rp 160 ribuan. 

6. Angkringan Kopi Jos Tugu 

tempat ngopi di Jogja
Angkringan Kopi Jos Tugu

Pengin merasakan sensasi minum kopi sambil lesehan dengan suasana Kota Jogja malam hari? Kopi Jos Tugu jawabannya. Letaknya ada di sebelah Stasiun Tugu persis, dan hanya buka pada malam hari. 

Kamu bakal menemukan sensasi menikmati kopi yang berbeda di sini, karena Kopi Jos merupakan kopi hitam, tapi dicampur dengan arang panas. Harganya sekitar Rp 5 ribuan aja kok. Kalau lapar, ada santapan nasi kucing serta gorengannya.

7. Indische Koffie 

tempat ngopi di Jogja
Indische Koffie (Instagram/@attanitas)

Kalau kamu pengin ngopi dengan suasana tempo doeloe, bisa kunjungi ke Indische Koffie. Letak kafe yang satu ini berada di dalam kompleks Benteng Vredeburg yang ada di Malioboro. 

Benteng Vredeburg merupakan benteng yang dibangun Belanda untuk mengontrol kekuasaan di daerah Jogja, termasuk Kraton saat itu. Namun, kini lokasi itu sebagai tempat bersejarah merekam semua perkembangan Kota Jogja. 

Interior dari kafe ini khas banget zaman dulu, dengan furniture serba kayu jati nan mewah. Waktu yang tepat untuk nongkrong pada saat sore hari, karena ada area outdoor yang bisa kamu gunakan untuk menikmati pemandangan sore Kota Jogja sambil nyeruput kopi tentunya. 

8. Roaster and Bear 

tempat ngopi di Jogja
Roaster and Bear (Instagram/@roasterandbear)

Di dekat Malioboro ada tempat ngopi yang cozy banget, namanya Roaster and Bear. Interiornya ruangannya bertema minimalis layaknya kafe-kafe di Eropa. Saking kerennya, banyak sudut-sudut kafe yang bisa digunakan untuk foto. 

Menunya makanannya pun kebanyakan masakan-masakan western dan aneka minuman olahan kopi tentunya. 

Lokasinya berada di Jalan Mangkubumi, sementara waktu operasionalnya mulai dari pukul 11.00 WIB sampai tutup 23.00 WIB. 

9. Klinik Kopi 

tempat ngopi di Jogja
Klinik Kopi (Instagram/@klinikkopi)

Tempat ngopi di Jogja yang satu ini gak cuma menyediakan berbagai macam kopi dari berbagai daerah, tetapi sang barista akan memberikan kamu pengetahuan dasar tentang kopi. 

Klinik Kopi pernah masuk ke film “AADC 2” lho! Saat adegan Rangga ditahan untuk mendengarkan celotehan barista tentang kopi yang dimiliki Klinik Kopi. 

Buat yang gak suka kopi pahit, kayaknya gak cocok deh ke sini, karena pihak kafe tidak menyediakan gula atau pemanis lainnya. Pengunjung diminta untuk menikmati kopi secara alami tanpa menggunakan pemanis. 

10. Lantai Bumi 

tempat ngopi di Jogja
Lantai Bumi (Instagram/@lantaibumi)

Tempat ngopi di Jogja yang terakhir adalah Lantai Bumi. Kafe yang terletak di Jalan Pogung Baru ini memiliki desain yang simpel dengan konsep industrial. Mereka juga menyediakan banyak space yang bisa digunakan pengunjung untuk berdiskusi. 

Sekian informasi mengenai tempat ngopi di Jogja. Semoga bisa memberikan referensi baru buat kamu yang pengin ke wisata ke Kota Pelajar. (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.