Yuk! Liburan ke 5 Tempat Wisata yang Ada di Pecahan Uang Kertas Rupiah

3 menit
Tempat wisata
Bromo hingga Raja Ampat! Ini 5 Tempat Wisata yang Ada di Uang Kertas Rupiah, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kalau ditanya di mana tempat wisata favorit kamu? Yogyakarta dikenal dengan bangunan bersejarahnya dan biaya hidupnya serba murah atau Bali dipenuhi pantai indah serta tempat hiburan yang gak ada matinya?

Ya, setiap orang tentu memiliki tempat wisata favorit masing-masing, ada yang lebih menyukai keindahan pantai, gunung hingga menikmati hingar-bingar hiburan di ibu kotanya.

Lagipula apapun tempatnya, yang penting liburan karena memang liburan itu penting lho buat me-refresh otak dan pikiran. Bahkan bisa menghindari kamu dari stres karena rentetan pekerjaan yang melelahkan.

Nah, buat kamu yang punya rencana liburan tahun ini, kali ini MoneySmart.id ingin memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata yang seru dan terinspirasi dari pecahan mata uang kertas rupiah.

Soal pemandangan mah tentu udah gak perlu ditanya lagi. Penasaran di mana aja lokasinya? Berikut lima di antaranya:

Baca juga: 6 Destinasi Wisata Mahal, Salah Satunya bukan di Bumi Ini

1. Gunung Bromo, Jawa Timur – Rp 5 ribu

Tempat wisata
Gunung Bromo yang terdapat di pecahan uang kertas rupiah ini bisa kamu kunjungi lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gunung Bromo yang terletak di Jawa Timur ini memang menjadi incaran banyak orang buat berlibur. Pasalnya, Bromo memang dikenal dengan sunrise-nya yang sangat mengagumkan.

Gak hanya itu, Bromo juga dikenal dengan kawah Bromo, pasir berbisik dan juga bukit Teletubbies yang gak kalah menakjubkan.

Saking indahnya, Gunung yang memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut itu dipilih buat berada di mata uang kertas pecahan Rp 5.000.

Buat kamu yang berencana berlibur ke Gunung Bromo, gak ada salahnya buat mengabadikan foto dari puncak Penanjakan Satu seperti yang ada pada uang Rp 5.000.

Baca juga: 20 Tempat Wisata Kulon Progo yang Wajib Dikunjungi Generasi Milenial

2. Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara – Rp 10 ribu

Tempat wisata
Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara yang ada di pecahan mata uang Rp 10 ribu bisa jadi referensi kamu liburan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tempat lainnya yang bisa masuk wishlist kamu adalah Taman Nasional Wakatobi terletak di Sulawesi Tenggara.

Pemandangan indah salah satu wisata bahari terbaik di Indonesia ini bahkan terlukiskan dalam pecahan uang Rp 10 ribu.

Taman Nasional yang memiliki luas bawah laut mencapai 1,39 juta hektare ini menawarkan beranekaragam terumbu karang cantik yang bakal memanjakan matamu.

Hal itulah yang membuat kawasan Wakatobi masuk ke dalam destinasi prioritas yang telah ditetapkan Kementerian Pariwisata. Kamu sudah ke sana?

Baca juga: Berlibur ke Magelang? Yuk, Kunjungi 20 Tempat Wisata yang Keren dan Murah Meriah Ini!

3. Pulau Derawan, Kalimantan Timur – Rp 20 ribu

tempat wisata
Di pecahan uang Rp 20 ribu ada lukisan destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi, (Istimewa).

Salah satu tempat yang berada di Kalimantan Timur yaitu Pulau Derawan emang wajib banget kamu kunjungi.

Pasalnya tempat tersebut sudah seperti pulau pribadi sehingga menjadi salah satu destinasi impian para wisatawan di seluruh dunia, terutama buat para penyelam.

Pulau Derawan dikenal memiliki spot diving terbaik buat melihat manta, ubur-ubur, dan sebagainya. Keindahan Pulau Derawan bisa kamu lihat dalam pecahan uang kertas Rp 20 ribu.

4. Pulau Padar, Taman Nasional Komodo – Rp 50 ribu

Tempat wisata
Pecahan uang Rp 50 ribu ada destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi, (Istimewa).

Selanjutnya, destinasi wisata dalam pecahan mata uang kertas yaitu Pulau Padar di Taman Nasional Komodo yang berada di Nusa Tenggara Timur. Tempat tersebut berada di dalam pecahan uang Rp 50 ribu.

Selain dapat melihat komodo, kamu bakal dimanjakan dengan pesona sunset yang begitu indah. Bahkan Pulau Padar menjadi salah satu tempat terbaik melihat sunset. Namun, buat menikmatinya, kamu mesti berjalan selama 15 menit buat bisa berada di puncak pulaunya.

5. Wayag, Raja Ampat – Rp 100 ribu

Tempat wisata
Di pecahan uang Rp 100 ribu ada destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi, (Istimewa).

Tempat wisata yang menjadi salah satu impian para traveler seluruh dunia tak lain adalah Raja Ampat. Pesonanya tentu udah gak perlu diragukan lagi. Makanya gak heran kalau hingga masuk di dalam pecahan uang kertas Rp 100 ribu.

Kamu bisa melihat panorama bukit karst yang menjadi ikon Raja Ampat di Papua Barat. Gak cuma itu aja, kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan gugusan pulau yang sangat indah.

Nah, itu dia lima tempat wisata yang bisa masuk wishlist liburan kamu. Kalau sudah sampai masuk ke dalam uang kertas, tentu sudah gak perlu diragukan lagi keindahannya, setuju? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.