Libur Lebaran Jadi Berkesan dengan Berwisata ke 5 Tempat Ekstrim di Indonesia Ini!

3 menit
tempat wisata
Tempat wisata ekstrim. (Instagram/@nusaceninganisland/@eatprayloveplay)

Sudah jadi rahasia umum kalau saat libur lebaran pasti seluruh tempat wisata yang ada di Indonesia dipenuhi dengan banyak orang dari berbagai penjuru daerah.

Ada yang memang pulang kampung alias mudik, tapi ada juga yang sengaja liburan bersama keluarga. Ya, mumpung libur panjang.

Karena itulah, gak heran kalau tempat wisata di berbagai daerah mendadak ramai dengan pengunjung, baik yang datang bersama keluarga maupun pasangan.

Nah, buat kamu yang merasa bosan dengan tempat wisata yang itu-itu aja dan ingin menjajal berlibur di tempat yang berbeda, kamu bisa banget nih datang ke objek wisata ekstrim yang ada di Indonesia. Ya, itung-itung sembari menguji adrenalin kamu.

Penasaran di mana saja lokasinya? Berikut lima di antaranya seperti yang sudah dirangkum oleh MoneySmart.id dan dikutip dari beberapa sumber.

Baca juga: 20 Tempat Wisata Kulon Progo yang Wajib Dikunjungi Generasi Milenial

1. Pantai Timang, Yogyakarta

tempat wisata
Pantai Timang. (Instagram/@pantaitimang_)

Yogyakarta menjadi salah satu kota yang banyak dikunjungi orang terutama saat musim libur seperti Lebaran. Selain Malioboro yang dikenal dengan pesonanya yang indah, kamu juga bisa banget nih berkunjung ke Pantai Timang yang terletak di kawasan Gunung Kidul.

Namun, untuk dapat sampai ke objek wisata yang satu ini diperlukan pengorbanan yang cukup besar lho. Karena memang aksesnya terbilang masih susah. Akan tetapi, sesampainya di sana, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan indah yang dijamin membuatmu berdecak kagum.

Saat berada di Pantai Timang, kamu harus mencoba kereta gantung yang biasanya digunakan oleh para nelayan lobster untuk sampai ke batu karang besar.

Menariknya, kereta gantung tersebut dijalankan sejauh 100 meter pada ketinggian 50 meter. Wah, dijamin adrenalinmu akan terguncang.

Baca juga: Tempat Wisata Hemat di Bandung yang Bikin Liburan Akhir Tahun Ceria

2. Green Canyon, Pangandaran

tempat wisata
Green Canyon. (Instagram/@greencanyon.pangandaran)

Tempat wisata ekstrim lainnya di Indonesia yang dapat memacu adrenalinmu adalah Green Canyon yang berada di Desa Kertayasa, Pangandaran, Jawa Barat.

Di sana kamu bisa menikmati liburan dengan melakukan body rafting yaitu arung jeram dengan hanya mengenakan pelampung, helm dan sepatu air.

Kamu akan menyusuri arus sungai selama tiga hingga empat jam sejauh 8 km. Kamu juga akan dipandu oleh tim wisata yang ada di sana.

Baca juga: Pantai Sampai Gunung! 20 Wisata Jawa Timur Ini Wajib Dikunjungi Saat Libur Lebaran

3. Blue Lagoon, Bali

tempat wisata
Blue Lagoon. (Instagram/@nusaceninganisland/@danielvertiz)

Bali memang menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dipilih para wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk berlibur.

Tak hanya menyuguhkan keindahan pantai yang luar biasa, kehidupan kota di Bali pun juga menjadi daya tarik tersendiri.

Itulah mengapa banyak sekali para wisatawan yang menikmati keindahan wisata alam di Bali khususnya pantai. Mulai dari snorkeling, diving hingga berselancar.

Nah, buat kamu yang ingin menjajal objek wisata lain, kamu bisa banget berkunjung ke Blue Lagoon yang terletak di Nusa Ceningan untuk melakukan cliff jumping yaitu terjun dari tebing dengan ketinggian 15 meter. Dijamin jantungmu bakal serasa lepas.

4. Lembah Harau, Sumatera Barat

tempat wisata
Lembah Harau. (Instagram/@komunitasharau)

Buat kamu yang mudik ke Sumatera atau tepatnya ke Kota Padang, Sumatera Barat, kamu juga bisa menjajal objek wisata ekstrim yang ada di sana lho.

Namun, tempat wisata yang satu ini lebih dikhususkan buat mereka para pecinta panjat tebing. Pasalnya, tebing tersebut memiliki ketinggian 300 meter dengan kemiringan yang cukup ekstrim. Meski begitu, panorama bukit dan air terjunnya tentu sangat sayang untuk dilewatkan.

5. Goa Jomblang, Yogyakarta

tempat wisata
Goa Jomblang. (Instagram/@jomblang_cave)

Wisata alam ekstrim di Indonesia selanjutnya yang wajib banget kamu kunjungi adalah Goa Jomblang yang berada di kawasan Gunung Kidul.

Untuk dapat masuk ke dalam goa yang memiliki luas mulut sekitar 50 meter ini diperlukan teknik tali tunggal. Karena itu, kamu diharuskan memakai peralatan khusus. Gak cuma itu aja, kamu juga akan didampingi oleh penelusur goa yang memang sudah berpengalaman.

Goa Jomblang itu sendiri adalah goa vertikal dengan hutan purba yang cukup padat di dasarnya. Selain itu, terdapat pula tumbuhan endemik yang tumbuh melalui proses evolusi karena minimnya cahaya matahari. Benar-benar indah.

Nah, itu dia lima tempat wisata ekstrim di Indonesia yang bisa jadi pilihanmu untuk mengisi waktu luang saat liburan tiba. Gimana, tertarik berkunjung ke salah satu objek wisata tersebut? (Editor: Ruben Setiawan)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan