Mulai Rp 2.000-an, Ini Lho Pilihan Tempat Wisata di Jakarta yang Edukatif Banget

4 menit
Wisata Jakarta (Shutterstock).

Di Jakarta cukup banyak tempat wisata yang menarik buat dikunjungi. Dari sekian banyak tempat wisata tersebut, beberapa di antaranya bisa jadi pilihan yang pas lho sebagai tempat wisata keluarga.

Pastinya tempat-tempat wisata keluarga di Jakarta ini mengedukasi banget deh. Udah gitu tiket masuknya murah meriah lagi. Kamu pun yang kebetulan tinggal di ibu kota gak bingung lagi deh mau ajak anak-anak rekreasi ke mana.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut ini adalah sejumlah tempat wisata keluarga di Jakarta yang oke banget sebagai pilihan favorit buat liburan. Langsung aja yuk di cek daftarnya.

Baca juga: Mengenal Sosok Nilam Sari, Wanita Tangguh Dibalik Suksesnya Kebab Baba Rafi

1. Cibubur Garden Diary

cibubur garden diary

Kalau kamu lagi cari-cari tempat wisata keluarga di Jakarta yang menghadirkan suasana agrowisata, Cibubur Garden Diary lah pilihannya. Di sana para pengunjung bakal dikenalkan dengan aktivitas peternakan hingga pemerahan susu.

Cibubur Garden Diary atau biasa disebut Cibugary aslinya emang adalah peternakan sapi perah dan kambing. Di tangan pemiliknya Rachmat Baghory, peternakan tersebut disulap menjadi tempat wisata yang edukatif yang menyenangkan.

Rachmat Baghory menginginkan banyak orang, khususnya anak-anak mengetahui seluk-beluk peternakan. Mulai dari pemeliharaan, proses pemerahan, hingga pemaparan mengenai manfaat susu.

Pokoknya mengajak keluarga di Cibugary bakal menjadi hal yang menyenangkan dan berfaedah banget deh, khususnya buat anak-anak. Harga tiket masuknya mulai dari Rp 50 ribu – Rp 100 ribu.

Cibugary sendiri berlokasi di Komplek Peternakan DKI Blok C No. RT 01 RW 02, Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur. Buka dari pukul 09.00 – 18.00.

2. Taman Wisata Lebah

Taman Wisata Lebah (Aroengbinang).

Masih di timur ibu kota, ada Taman Wisata Lebah Cibubur yang bisa jadi tujuan rekreasi bersama keluarga. Tempat wisata ini juga sama dengan Cibubur Garden Diary, sama-sama menawarkan kegiatan agrowisata.

Dibuka tahun 2005, Taman Wisata Lebah gak cuma kasih kegiatan edukatif, tapi memberi pelatihan buat yang pengin beternak lebah. Lebah yang diternakan di sini pun bukan sembarang lebah lho ya, melainkan lebah-lebah pilihan yang bisa hasilkan banyak madu.

Di tempat wisata keluarga di Jakarta ini para pengunjung bakal diajak berinteraksi dengan lebah madu, melihat simulasi pemanenan madu, mencicipi madu, dan terapi sengat lebah.

Tiket masuknya dikenai harga:

  • Rp 5.000 per orang.
  • Rp 20.000 per orang buat edukasi.

Taman Wisata Lebah Cibubur berlokasi di Komplek Wiladatika, RT 8/RW 5, Cibubur, Jakarta 13720. Tempat wisata ini dibuka dari Senin – Jumat dari pukul 08.00 – 16.00, Sabtu dari pukul 08.00 – 13.00, dan Minggu dari pukul 08.00 – 16.00.

Baca juga: Belajar Kesuksesan Berbisnis dari Sosok Rika Hardjosuwarno, Pemilik Kembang Kencur

3. Museum Nasional

Museum Nasional

Mengunjungi museum juga menjadi pilihan wisata yang mendidik banget. Salah satunya yang bisa kamu temukan di Jakarta adalah Museum Nasional.

Di sana para pengunjung diperkenalkan 160 ribu benda-benda yang punya nilai sejarah. Mulai dari koleksi prasejarah, arkeologi masa klasik atau Hindu – Buddha, hingga warisan budaya dan sejarah lainnya.

Kebanyakan koleksi-koleksi yang tersimpan di Museum Nasional telah dimiliki sejak masa kolonial Hindia Belanda.

Walau dinamakan Museum Nasional, museum ini juga dikenal dengan nama Museum Gajah. Sebab adanya patung gajah berbahan perunggu yang merupakan hadiah Raja Chulalongkorn dari Thailand yang diberikan tahun 1871.

Buat masuk ke Museum Nasional, pengunjung harus mengeluarkan uang sebesar:

  • Rp 5.000 per orang buat dewasa.
  • Rp 2.000 per orang buat anak-anak.
  • Rp 10.000 per orang buat pengunjung asing.

Museum Nasional berlokasi di Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Kota Jakarta Pusat, Jakarta. Buka dari Selasa – Jumat pukul 08.00 – 16.00 dan Sabtu – Minggu pukul 08.00 – 17.00.

4. Kawasan Kota Tua Jakarta

Sewa sepeda di Kota Tua. (Shutterstock)
Sewa sepeda di Kota Tua. (Shutterstock)

Tempat wisata yang satu ini pasti udah gak asing lagi buat kamu. Di baliknya populernya Kawasan Kota Tua Jakarta, tersimpan nilai historis yang bikin kawasan ini layak sebagai tempat wisata keluarga.

Di kawasan Kota Tua Jakarta, berdiri cukup banyak bangunan bersejarah. Sebut aja Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, hingga Museum Bank Mandiri.

Mendatangi Kawasan Kota Tua, kamu bisa berkunjung ke banyak museum. Wajar aja kalau Kawasan Kota Tua menjadi tujuan hemat dan praktis buat wisata edukatif.

Tiket masuk di beberapa museum di atas dihargai:

  • Museum Fatahillah: Rp 2.000 – Rp 5.000 per orang.
  • Museum Wayang: Rp 2.000 – Rp 5.000 per orang.
  • Museum Bank Indonesia: Rp 5.000 per orang.
  • Museum Seni Rupa dan Keramik: Rp 2.000 – Rp 5.000 per orang.
  • Museum Bank Mandiri: Rp 5.000 per orang.

Nah, itu tadi daftar tempat wisata keluarga di Jakarta yang murah meriah dan edukatif. Dijamin kamu gak bakal rugi deh berkunjung ke tempat-tempat wisata tersebut. Semoga informasi barusan bermanfaat ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan