Menapaki Objek Wisata Yogyakarta yang Selalu Berhasil Bangkitkan Kenangan

9 menit
Tempat Wisata Yogyakarta
Banyaknya objek, dan daya tarik membuat tempat wisata di Yogyakarta telah menyerap kunjungan wisatawan.

Pariwisata merupakan sektor utama bagi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Banyaknya objek, dan daya tarik membuat tempat wisata di Yogyakarta telah menyerap kunjungan wisatawan.

Perlu kamu ketahui pula bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang wajib dikunjungi di 2019 oleh Lonely Planet. Salah satu kota yang wajib dikunjungi adalah Yogyakarta.

Baca juga: Pengin Liburan Tapi Ogah Jauh? Ke Tangerang Yuk! Banyak Tempat Wisata Keren

Kenapa wisata ke Yogyakarta

Tempat wisata Yogyakarta (Shutterstock).
Tugu Yogyakarta (Shutterstock).

Alasan Yogyakarta selalu menarik dikunjungi adalah atmosfer budaya dan keramahtamahan masyarakatnya. Suasananya yang menenangkan membuat kamu betah berlama-lama di kota kesultanan ini.

Bukan cuma itu saja, selama berada di kota dengan penduduk 3,5 juta ini kamu bukan cuma dimanjakan dengan panorama alamnya saja. Melainkan juga kuliner-kuliner khas bahkan camilan yang akan membuat perutmu overload.

Hal ini yang membuat banyak wisatawan kembali lagi ke Yogyakarta. Mereka selalu mengatakan, Yogyakarta merupakan kota kenangan yang bikin betah sampai lupa waktu.

Baca juga: Pengin Liburan Tapi Ogah Jauh? Ke Tangerang Yuk! Banyak Tempat Wisata Keren

Tempat Wisata Pantai di Yogyakarta

Pantai Indrayanti sebagai salah satu tempat wisata Yogyakarta
Pantai Indrayanti (Shutterstock).

Banyaknya pantai di sisi selatan Yogyakarta dikarenakan langsung berbatasan dengan Samudera Hindia sepanjang 110 kilometer.

Untuk menuju ke kawasan Gunung Kidul ada baiknya kamu menyewa kendaraan berupa mobil atau minibus.

1. Pantai Wediombo

Tempat wisata Yogyakarta, Pantai Wediombo
Pantai Wediombo (Shutterstock).

Pantai Wediombo merupakan sebuah pantai yang berada di Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul. Berdekatan dengan Pantai Siung, objek wisata ini berjarak 80 km dari kota Yogyakarta.

Pantai ini terlihat sangat cantik, terutama saat matahari mulai terbenam. Jika beruntung, di pantai ini setiap satu tahun sekali diadakan upacara tradisional Ngalangi. Upacara itu merupakan rasa syukur dan memohon rejeki di tahun yang akan datang.

2. Pantai Baron

Tempat Wisata Yogyakarta, Pantai Baron
Pantai Baron (Shutterstock).

Pantai Baron adalah salah satu objek wisata yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Dapat ditempuh 40 km dari pusat kota Yogyakarta.

Keunikan Pantai Baron adalah adanya sungai bawah tanah yang mengalir cukup deras ke arah lautan. Sungai bawah tanah tersebut mengalir ke arah laut dan membentuk sebuah aliran air tawar.

3. Pantai Siung

Tempat Wisata Yogyakarta, Pantai Siung
Pantai Siung, Gunungkidul (Shutterstock).

Melansir laman Traveloka, pantai ini begitu spesial karena lanskapnya yang dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi. Karena keunikan itulah, pemerintah setempat meresmikan Pantai Siung sebagai lokasi panjat tebing.  

Pantai Siung berada di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul. Dari pusat Kota Yogyakarta, kamu perlu menempuh jarak sekitar 77 km atau sekitar 2 – 3 jam perjalanan.

4. Pantai Timang

Tempat Wisata Yogyakarta, Pantai Timang
Seorang wisatawan tengah menjajal wahana ekstrem Gondola di Pantai Timang, Yogyakarta (Shutterstock).

Pantai Timang berada di Dusun Donggolo, Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Timang menjadi batas antara laut dan daratan dan memiliki pasir pantai halus berwarna putih. Pantai Timang terletak di antara Pantai Siung dan Pantai Sundak Gunungkidul.

Untuk sampai kesini, kamu perlu menyeberang dengan menggunakan gantole tradisional. Jarak luncur dari gantole ini sekitar 50-100 me ke arah barat dari Pantai Timang.

Harga menyeberang menggunakan jembatan Pantai Timang adalah Rp 100.000. Sementara untuk naik Gondola Pantai Timang adalah sebesar Rp 150.000.

5. Pantai Ngobaran

Tempat Wisata Yogyakarta, Pantai Ngobaran (Dok: Sendi Adytia).
Pantai Ngobaran (Dok: Sendi Adytia).

Pantai Ngobaran memang belum menjadi tujuan utama para wisatawan Di pantai ini, kamu juga akan banyak belajar tentang makna keberagaman.

Nuansa Hindu, Budha, dan Jawa sangat kental terasa di pantai ini. Meski terdapat banyak kepercayaan, suasana Pantai Ngobaran tetap mencerminkan suasana harmonis antar penduduknya.

Selain itu kamu bisa menyantap landak laut dengan harga cukup miring. Kalau per kilogram di pasar internasional untuk jenis hidangan laut ini dibanderol harga Rp 1,5 juta, disini kamu cukup mengeluarkan uang Rp 3.000 – Rp 10.000 per porsi.

Tempat Wisata Kuliner Yogyakarta

Tempat Wisata Yogyakarta, Angkringan (Shutterstock).
Angkringan khas Yogyakarta (Shutterstock).

Jalan-jalan ke kota penuh kenangan gak lengkap kalau kamu belum mencicipi hidangan khas atau seenggaknya sekedar menyantap kudapan di sana.

Baca juga: Mulai dari Rp 1.000 Aja, 4 Tempat Makan di Yogyakarta Ini Patut Dicoba

1. Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

Tempat Wisata Yogyakarta, Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan
Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan (Traveling Yuk).

Gudeg memang makanan khas warga Yogyakarta. Tetapi kalau ingin gudeg legendaris yang melegenda banget kamu bisa datang ke Mbah Lindu.

Wanita bernama asli Setya Utomo ini mulai menjajakan gudeg sejak pukul 05.00 WIB hingga 10.00 WIB.

Satu porsi gudeg dengan krecek telur harganya Rp 20.000. Ada pula bubur gudeg telur yang bisa dinikmati dengan Rp 15.000 per porsinya. Bisa juga jika ingin menambah suwir ayam dengan harga Rp 5000.

2. Sate Klathak Pak Pong

Tempat Wisata Yogyakarta, Sate Klathak Pak Pong
Sate Klathak Pak Pong (VisitingJogja).

Sate Klathak Pak Pong berada di Jalan Imogiri Timur, No.7, Wonokromo, Jogja. Satu porsi sate klathak Pak Pong dijual seharga Rp 12.000 saja. Lebih murah dari harga satu porsi sate ayam di Jakarta, bukan?

3. Ayam Geprek Bu Rum

Tempat Wisata Yogyakarta, Ayam Geprek Bu Rum
Ayam Geprek Bu Rum (IDNTimes).

Warung Ayam Geprek Bu Rum di Yogyakarta diklaim menjadi kedai geprek pertama pada tahun 2003 silam.

Satu porsi nasi berisi ayam geprek, sayuran, dan minum itu dibanderol harga cukup murah. Dengan uang Rp 15 ribuan kamu sudah bisa menikmati kelezatan ayam geprek Bu Rum dengan level pedas sesuai selera.

4. Soto Sulung Stasiun Tugu

Tempat Wisata Yogyakarta, Soto Sulung Stasiun Tugu
Soto Sulung Stasiun Tugu (BonVoyageJogja).

Terletak di Jalan Gedong Kuning selatan No.1, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta, tidak ada sayuran dan bihun dalam soto ini. Isinya murni daging sapi dan jeroan.

Penyajian Soto Sulung juga terbilang unik dan khas yakni nasi yang dibungkus daun pisang. Pelanggan juga bebas menuangkan nasi ke dalam mangkok soto tersebut. Untuk satu porsinya kamu hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp 10 ribuan saja.

5. Oseng Mercon Bu Narti

Tempat Wisata Yogyakarta, Oseng Mercon Bu Narti
Oseng Mercon Bu Narti (TravelingYuk).

Terletak di Jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan, kedai ini disebut-sebut sebagai pelopor oseng-oseng di Jogja.

Kedai ini mulai buka dari pukul 18.00 sampai jam 23.00 WIB. Dengan uang sebesar Rp 15 ribuan kamu sudah bisa mendapatkan satu porsi oseng mercon yang di dalamnya berisikan kikil, gajih, serta tulang muda.

Tempat Wisata Alam Yogyakarta

Tempat Wisata Yogyakarta, Tebing Breksi
Tebing Breksi Yogyakarta (Shutterstock).

Yogyakarta bukan cuma punya pantai dan kuliner khas menggoyang lidah. Wisata alam nya juga perlu kamu jajal lho. Ini dia tempat wisata Yogyakarta yang patut dipilih. 

1. Kalibiru

Tempat wisata Yogyakarta, Kalibiru
Kalibiru Yogyakarta (Dok: Sendy Aditia).

Menempuh perjalanan kurang lebih selama satu jam setengah dari Kota Yogyakarta, atau sekitar 40 kilometer jarak yang harus dilalui.

Kamu hanya membutuhkan uang sebesar Rp 5 ribu untuk masuk ke dalam objek wisata yang dikelola oleh kelompok tani itu. Bila ingin melihat keindahan waduk Sermo dari ketinggian, hanya perlu merogoh uang sebesar Rp 35 ribu untuk bermain outbound dan berfoto di atasnya.

Cukup merogoh uang sebesar Rp 15 ribu selama tiga menit dapat berpuas hati berfoto dengan gaya apapun di atas sana.

2. Nglanggeran

Tempat wisata Yogyakarta, Gunung Api Purba (Sendi Adytia).
Nglanggeran atau Gunung Api Purba (Dok: Sendy Aditia).

Nglanggeran atau yang sering dikenal dengan sebutan gunung api purba ini berada di kawasan Baturagung dengan ketinggian antara 200-700 meter di atas permukaan laut.

Terletak 20 kilometer dari pusat kota Yogyakarta kamu cukup berkendara dengan mobil selama satu jam untuk sampai ke kawasan ini. Untuk sampai ke puncak gunung, kamu harus mendaki selama 1-1.5 jam dengan rute cukup ekstrem.

3. Gumuk Pasir

Tempat wisata Yogyakarta, Gumuk Pasir Parangkusumo
Gumuk Pasir Parangkusumo (Dok: Sendy Aditia).

Objek wisata gumuk pasir ini hanya ada tiga di Asia Tenggara. Kamu gak bakalan dikenakan biaya masuk. Hanya saja jika ingin sandboarding di sini kamu dikenakan biaya sewa papan luncur.

Kalau ingin main selama 30 menit, kamu perlu mengeluarkan uang Rp 100 ribuan per papan. Sementara untuk 1 jam kamu perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 150 ribuan. Dan 2-4 jam akan dikenakan biaya sebesar Rp 200 ribuan per papan.

4. Hutan Pinus Mangunan

Tempat wisata Yogyakarta, Hutan Pinus Mangunan
Hutan Pinus Mangunan (Dok: Sendy Aditia).

Hutan ini cukup populer di kalangan wisatawan karena lokasinya yang cukup menarik. Bahkan sering pula dijadikan lokasi pemotretan baik komersil maupun wedding.

Hutan ini terletak di dusun Mangunan, Bantul, yang berada tak jauh dari Imogiri. Untuk bisa sampai ke lokasi ini kamu perlu melewati jalan dari kota menuju Jalan Imogiri Timur.

5. Air Terjun Sri Gethuk

Tempat Wisata Yogyakarta, Air Terjun Sri Gethuk (Dok: Sendi Adytia).
Air Terjun Sri Gethuk (Dok: Sendi Adytia).

Berada di tepi aliran Sungai Oyo yang masih asri, terdapat air terjun deras setinggi 25 meter bernama Air Terjun Sri Gethuk. Untuk menikmati aktivitas di sini, kamu harus membayar tiket masuk sekitar Rp 7.000 per orang (sudah termasuk biaya sewa rakit untuk menyusuri sungai).

Air Terjun Sri Gethuk berasal dari tiga sumber mata air bernama Kedung Poh, Ngandong, dan Ngumbul. Ketiga sumber mata air tersebut mengalir melalui tebing karst dan membentuk kolam alami di dasar air terjun.

Tempat Wisata Malam Yogyakarta

Tempat Wisata Yogyakarta, Alun Alun
Alun-Alun Yogyakarta (Shutterstock).

Satu hal lagi yang harus kamu coba saat berada di Yogyakarta, yakni wisata malamnya. Ada apa aja sih di kota penuh kenangan ini saat malam hari.

1. Cabaret Show Mirota

Tempat Wisata Yogyakarta, Cabaret Show Mirota
Cabaret Show Mirota (Bomanta).

Buat kamu yang ingin nonton pertunjukan cabaret show ala-ala ladyboy Thailand, di sini juga ada lho. Bertempat di Toko Batik Mirota, Malioboro, pada lantai atas toko ini terdapat kafe bernama Oyot Godhong dan kini disebut sebagai Raminten 3 yang juga menjadi lokasi pertunjukkan.

Pertunjukan berlangsung selama kurang lebih dua jam setiap hari Jumat dan Sabtu malam. Untuk harga tiket nya sendiri dengan paketan makanan festival Rp 90.000, dan VIP Rp 115.000. Harga tiket on the spot festival Rp 50.000, VIP Rp 60.000. Penjualan tiket on the spot dibuka pukul 17.30 WIB. Pertunjukan dimulai pukul 19.00 WIB.

2. Taman Pelangi Yogyakarta

Tempat Wisata Yogyakarta, Taman Pelangi
Taman Pelangi (TripAdvisor).

Terletak di Jl. Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Taman ini akan mengajakmu melihat berbagai macam bentuk lampion.

Lokasinya yang strategis tentu akan memudahkan kamu untuk menemukan tempat ini. Harga tiket masuk Senin-Jumat Rp 10 ribu sementara di akhir pekan Sabtu dan Minggu dibanderol Rp 15 ribu saja.

3. Tugu Yogyakarta

Tempat Wisata Yogyakarta, Monumen Tugu
Monumen Tugu (Shutterstock).

Tugu Yogyakarta merupakan ikon atau landmark yang jangan sampai kamu lewatkan. Lokasi ini seringkali dikunjungi wisatawan di malam hari.

Baik lokal maupun asing seringkali mengabadikan simbol kota gudeg ini di malam hari jika cuaca cukup cerah.

4. Malioboro

Tempat Wisata Yogyakarta, Jalan Malioboro
Jalan Malioboro (Shutterstock).

Buat pecinta belanja, wajib banget datang ke tempat yang satu ini. Mau beli oleh-oleh dengan harga miring juga banyak kok. Siapin aja dananya, kamu tinggal pergi ke satu tempat deh.

Terletak di Jl. Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen. Kamu bisa sewa mobil atau naik taksi untuk sampai ke lokasi ini.

5. Titik Nol Kilometer

Tempat Wisata Yogyakarta, Titik Nol Kilometer
Titik Nol Kilometer Yogyakarta (Shutterstock).

Titik Nol Kilometer Yogyakarta juga menjadi ikon yang gak boleh kamu lewatkan begitu saja. Disini banyak komunitas yang terdiri dari anak muda tengah mengekspresikan atraksi-atraksi mereka. Salah satu wisata malam 24 jam di Yogyakarta ini seolah gak pernah sepi dari kunjungan wisatawan atau warga lokal.

Biaya liburan ke Yogyakarta

Tempat Wisata Yogyakarta, Titik Nol Kilometer
Titik Nol Kilometer Yogyakarta (Shutterstock).

Untuk sampai ke Yogyakarta berapa sih biaya yang dibutuhkan? Kalau harga makanan dan atraksi wisatanya saja cukup terjangkau, bagaimana dengan akomodasinya ya? Simak yuk.

Baca juga: Masuk Daftar Orang Terkaya di Indonesia, Nih 4 Harta Milik Sultan Yogyakarta

1. Tiket pesawat Yogyakarta

Tempat Wisata Yogyakarta, Bandara Adisucipto
Bandara Yogyakarta

Harga tiket pesawat Yogyakarta cukup beragam. Menengok laman Traveloka untuk penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta menuju Bandara Adi Sutjipto mulai dari Rp 620 ribu. Di harga segitu maskapai yang kamu pakai adalah Lion Air. Sementara untuk Garuda Indonesia dibanderol sekitar Rp 1,3 juta. Perjalanan ke Yogyakarta dengan pesawat hanya menempuh perjalanan kurang lebih 60 menit.

2. Tiket kereta api Yogyakarta

Tempat Wisata Yogyakarta, Kereta Api
Kereta Api menuju Yogyakarta (Shutterstock).

Untuk naik kereta api ke Yogyakarta kamu dihadapkan pada berbagai pilihan. Untuk naik kereta eksekutif Bima dibanderol harga Rp 405 ribu. Untuk KA eksekutif Argo Lawu dibanderol harga Rp 450 ribu. Dan untuk KA Taksaka dibanderol harga Rp 400 ribuan. Semua perjalanan dengan menggunakan kereta api menempuh waktu 8 jam 30 menit.

3. Sewa mobil Yogyakarta

Tempat Wisata Yogyakarta, Sewa mobil
Sewa mobil di Yogyakarta (Shutterstock)

Selama berada di sana, hanya dua alternatif jika ingin berwisata. Dengan menyewa kendaraan roda empat atau naik taksi. Biasanya turis lebih memilih sewa mobil ketimbang naik taksi.

Biayanya sekitar Rp 250 ribu untuk 12 jam lepas kunci. Sementara Rp 300 ribu selama 24 jam lepas kunci. Jika ingin mobil+supir mulai dari Rp 350 ribu untuk 12 jam dan Rp 500 ribu untuk 24 jam. Kalau kamu ingin tau beres seperti mobil+supir+BBM mulai dari Rp 350 ribu per enam jam, Rp 450 ribu untuk 12 jam, dan Rp 600 ribu untuk 24 jam.

4. Sewa motor Yogyakarta

Tempat Wisata Yogyakarta, Sewa motor
Sewa motor di Yogyakarta (Shutterstock)

Gak cuma kendaraan roda empat saja yang bisa kamu pilih. Motor juga bisa kok. Kalau kamu kesananya hanya berdua dengan orang terkasih dan ingin backpackeran. Biayanya mulai dari Rp 60 ribu sampai Rp 120 ribu tergantung jenis motor yang kamu pilih. Itu untuk dipakai selama 24 jam ya.

Itu tadi beberapa pilihan tempat wisata Yogyakarta yang bisa jadi alternatif liburanmu. Selamat berlibur di kota penuh kenangan ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be