Mau Mulai Usaha? Ini 4 Cara Biar Tetap Langgeng Sama Pasangan

3 menit
dunia bisnis
Cara tetap langgeng sama pasangan kalau jalankan bisnis. (Shutterstock)

Terjun ke dunia bisnis memang penuh risiko. Selain harus menghadapi segala peluang kegagalan, keharmonisan hubungan rumah tanggamu juga dipertaruhkan lho.

Sejatinya, merintis bisnis baru sama saja seperti baru punya momongan. Bisnis itu memang harus dapat perhatian ekstra.

Kendati sudah berkembang serta menghasilkan keuntungan, kita tetap harus memikirkan bagaimana kelangsungannya di masa yang akan datang. Pantau terus, apakah masih menjanjikan atau tidak.

Mereka yang workaholic atau gemar bekerja, tentu punya risiko mengalami keretakan rumah tangga. Sebab, sebagian besar dari mereka berpikir bahwa dunia bisnis jauh lebih penting ketimbang keluarga. Pendiri Huawei-lah contohnya.

Akan tetapi, menjaga keharmonisan rumah tangga bukan hal yang mustahil dilakukan seorang pemilik usaha kok. Asal kamu siap melakukan hal-hal berikut ini ya.

Baca juga: Jeff Bezos Masih Terkaya Sejagat, Hary Tanoe Paling Kaya Termuda di Indonesia

1. Perlakukan pasangan seperti investor

dunia bisnis
Perlakukan pasangan seperti investor. (Shutterstock)

Buat yang sudah lama terjun ke dunia bisnis tentu paham soal cara berinteraksi dengan investor atau calon investor. Kita harus bicara transparan soal bisnis kita dan proaktif, tujuannya agar mereka tetap percaya dengan apa yang kita lakukan.

Gak jarang kita juga selalu menjaga perasaannya, karena dia adalah pihak yang sangat membantu kelangsungan usaha kita. Tanpa mereka, tentu mustahil bagi kita untuk membangun atau mengembangkan usaha.

Coba deh perlakukan pasanganmu seperti mereka. Jaga perasaannya, ajak bicara soal perkembangan bisnismu, dan transparanlah dengan hal-hal atau masalah yang terjadi.

Dengan hal ini, pasangan tentu akan memberimu pengertian. Dia pun gak akan sungkan untuk membantumu.

Baca juga: Cuma Jualan Kosmetik, Ini Rahasia Kylie Jenner Jadi Miliarder Termuda Sejagat

2. Tunjuk pasanganmu jadi co-founder

dunia bisnis
Jadikan pasanganmu sebagai co-founder. (Shutterstock)

Kalau udah terjun ke dunia bisnis, gak salah kok untuk mencetak satu pak kartu nama untuk pasanganmu dengan titel co-founder di usaha yang kamu dirikan. Tujuannya adalah untuk menghormati dirinya yang telah setia mendampingimu kapan saja.

Dengan melakukan hal ini, dia pun bakal punya rasa memiliki terhadap usahamu. Bisa jadi dia akan merasa bangga karena ikut dilibatkan dalam kelangsungan usahamu.

Gak usah bicara soal gaji deh, toh ketika bisnis ini untung dia pasti ikut merasakan manfaatnya.

Baca juga: Dulu Untungnya buat Bangun Jakarta, Ini Perjalanan Bir Anker dari Masa ke Masa

3. Hargai passion pasanganmu

dunia bisnis
Hargai passion pasanganmu. (Shutterstock)

Setiap orang di dunia ini tentu punya passion, kamu pun seperti itu bukan? Ketika kamu memutuskan untuk terjun di dunia bisnis ketimbang bekerja jadi karyawan, kamu juga harus mendapat restu dari pasangan untuk berkarier sesuai dengan passion.

Pada intinya, kamu harus saling menghargai passion satu sama lain. Jangan memandang remeh soal apa yang menjadi passion pasanganmu, walau itu memang sedikit bertentangan dengan karaktermu.

Ucapkanlah selamat ketika pasanganmu telah berhasil mendapat atau mengejar sesuatu yang jadi ambisinya.

4. Meski terjun ke dunia bisnis, belajarlah untuk hidup seimbang

dunia bisnis
Kalau diniatin, bisa lah cari waktu buat keluarga. (Shutterstock)

Terkadang, ungkapan seputar kehidupan yang seimbang antara pekerjaan dan keluarga jadi gak berarti ketika kamu terjun ke dunia bisnis. Bahkan ada yang bilang kalau kehidupan seimbang versi entrepreneur adalah kerja 24 jam seminggu selama 10 tahun!

Memang sulit bagi seorang pemilik usaha untuk hidup seimbang, apalagi jika dia berada dalam fase merintis usaha.

Namun, carilah ritme kerja yang tepat. Carilah waktu di mana kamu bisa bercengkrama dengan pasangan, percaya deh quality time itu pasti ada kok walau di sela-sela kerja.

Itulah empat cara membina hubungan harmonis dengan pasangan ketika kamu memutuskan untuk terjun ke bisnis.

Kira-kira sudah siap untuk terjun ke dunia bisnis? Jangan lupa empat tips ini ya biar tetap langgeng sampai kakek-nenek. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan