Dengan Bertani, Orang-Orang Ini Kumpulkan Harta Puluhan Triliun Rupiah

3 menit
Ilustrasi petani terkaya di dunia. (Shutterstock)
Ilustrasi petani terkaya di dunia. (Shutterstock)

Hari ini masih ada lho orang-orang yang mencitrakan petani sebagai pekerjaan yang dekat dengan kemiskinan. Padahal, di berbagai belahan dunia lainnya, beberapa orang telah mencatatkan diri sebagai petani-petani terkaya di dunia.

Kekayaan yang didapat dari bertani ini gak tanggung-tanggung besarnya. Ada petani yang bisa memiliki kekayaan hingga miliaran dolar Amerika Serikat alias puluhan triliun rupiah. Kamu pasti percaya gak percaya kan dari bertani aja bisa dapat segitu?

Faktanya nih, di Indonesia ada cukup banyak lho orang yang sukses dan kaya karena bertani. Sebelumnya, Moneysmart udah bikin ulasan beberapa petani Indonesia yang kaya raya karena bertani.

Asal tahu aja nih, petani-petani yang diulas Moneysmart bisa mendapat omzet puluhan juta rupiah per bulannya. Malah ada yang meraih omzet ratusan juta per bulan.

Terus siapa aja orang-orang yang menjadi petani terkaya di dunia? Dikutip dari Top Farmer, ini dia daftarnya.

Baca juga: 6 Anak Orang Terkaya di Indonesia ini Sukses Ikuti Jejak Orangtua

1. Stewart and Lynda Resnick

Pasangan petani terkaya di dunia Stewart and Lynda Resnick. (topfarmer.co.ke)
Pasangan petani terkaya di dunia Stewart and Lynda Resnick. (topfarmer.co.ke)

Petani-petani asal Amerika Serikat ini dikenal sebagai pasangan petani terkaya di dunia. Mereka memulai usaha pertanian tahun 1978 dengan membeli beberapa lahan buat dijadikan kebun jeruk.

Gak cuma datang dari usaha bertani, kekayaan Stewart dan Lynda Resnick juga berasal dari pengiriman bunga Teleflora. Mereka pun meluaskan aset-aset dengan melakukan pembelian lahan-lahan pertanian saat terjadi kekeringan pada akhir tahun 1980-an.

Usaha pertanian yang mereka kelola kian membesar di bawah bendera Paramount Farms. Gak cukup sampai di situ, mereka juga memunculkan merek-merek dagang lainnya, seperti Wonderful Pistachio, Halo clementine, Fiji Water, dan Pom Wonderful.

Dari usaha pertanian, kedua pasangan petani ini memperoleh kekayaan hingga US$ 3,9 miliar atau sekitar Rp 55 triliun.

Baca juga: Warganya Punya Rp 3,4 Miliar dan Bepergian dengan Helikopter, Ini Desa Terkaya di Dunia

2. Harry Stine

Harry Stine, salah satu petani terkaya di dunia. (topfarmer.co.ke)
Harry Stine, salah satu petani terkaya di dunia. (topfarmer.co.ke)

Bermula dari kedelai, Harry Stine bisa menjadi petani terkaya di dunia. Ia mengawali usaha di dunia pertanian pada tahun 1964 dengan bergabung ke bisnis pembersihan kedelai milik ayahnya di Iowa, Amerika Serikat.

Selama bekerja di sana, ia memerhatikan beberapa varietas kedelai yang menarik buat dikembangkan. Ia berkeyakinan kalau varietas kedelai tersebut punya potensi yang menguntungkan.

Ternyata apa yang diyakininya benar. Harry Stine meraup banyak untung dari budi daya kedelai tersebut. Berkat budi daya kedelai, Stine berhasil menumbuhkan kekayaan hingga US$ 3,4 miliar atau sekitar Rp 48 triliun.

Baca juga: 3 Orang Terkaya Ini Bisa Lunasi Utang Indonesia Lho, Siapa Aja?

3. Howard Buffett

Howard Buffett, salah satu petani terkaya di dunia. (topfarmer.co.ke)
Howard Buffett, salah satu petani terkaya di dunia. (topfarmer.co.ke)

Asal tahu aja nih, Howard Buffett adalah anak dari investor kenamaan Warren Buffett. Berbeda dari ayahnya, Howard Buffett lebih memilih terjun ke usaha pertanian.

Howard Buffett lebih suka bekerja sebagai petani. Meskipun gak mengikuti jejaknya, Warren Buffett tetap mendukung pilihan anaknya. Buktinya, ia membantu dalam permodalan usaha anaknya tersebut.

Pilihan usaha yang dijalani Howard Buffett ternyata membawa dirinya kepada kesuksesan. Usaha pertanian yang dimilikinya telah memberi dirinya kekayaan hingga US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,83 triliun.

Dunia pertanian yang mulanya cuma pekerjaan kini menjadi fokus perhatiannya. Lewat Yayasan Howard G. Buffett, petani terkaya ini memberi banyak dukungan dengan mendanai proyek-proyek di bidang pertanian.

4. Colin Armer dan Dale Armer

Colin Armer dan Dale Armer, pasangan petani terkaya di dunia. (topfarmer.co.ke)
Colin Armer dan Dale Armer, pasangan petani terkaya di dunia. (topfarmer.co.ke)

Meskipun dikenal sebagai pasangan suami istri yang sukses karena usaha peternakan, rupanya Colin Armer dan Dale Armer juga mengisi pundi-pundi keuangan mereka dari hasil pertanian. Pasangan suami istri asal Selandia Baru ini adalah pemilik Armer Farms.

Perusahaan yang dimiliki Colin Armer dan Dale Armer tersebut mengelola 14 peternakan dengan jumlah sapi sebanyak 13 ribu ekor. Kedua pasangan ini juga diketahui menjadi pemegang saham Dairy Holdings.

Perusahaan Dairy Holdings yang dipegangnya ini mengelola 59 peternakan sapi perah dengan jumlah sapi sebanyak 48 ribu ekor. Dari jumlahnya yang banyak itu, Dairy Holdings bisa menghasilkan sebanyak 17,3 juta kilogram susu padat per tahun.

Berkat usahanya tersebut, Colin Armer dan Dale Armer masuk sebagai pasangan petani terkaya di dunia. Kekayaan yang mereka miliki mencapai US$ 240 juta atau sekitar Rp 3,4 triliun.

Itu tadi daftar petani terkaya di dunia. Berkat usaha pertanian yang dijalankan, mereka bisa memiliki kekayaan hingga puluhan triliun rupiah. Jadi, masih menganggap bertani itu pekerjaan yang gak menjanjikan? (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!