Terkenal Sejak 90-an, Begini Cara Siti Nurhaliza Pertahankan Eksistensi di Dunia Hiburan

4 menit
Siti Nurhaliza (Instagram).

Kamu pasti gak asing lagi sama nama penyanyi asal negeri jiran Malaysia, Siti Nurhaliza, bukan? Penyanyi satu ini bisa dibilang sebagai salah satu artis paling sukses di negerinya. Gak cuma itu aja, publik Indonesia sendiri juga sangat mengenal sosok bersuara emas tersebut.

Banyak orang Indonesia yang bahkan tahu lagu-lagu Siti Nurhaliza. Bahkan, lagu-lagu dari penyanyi yang hits sejak tahun 90-an tersebut masih sering dinyanyikan hingga sekarang.

Asal tahu saja, Siti demikian akrab disapa, sering digadang sebagai penyanyi terkaya Malaysia. Sebab, harta kekayaannya ditaksir mencapai US$ 17 juta atau setara dengan Rp 243 miliar.

Menarik ya!

Eits, harta tersebut bukan karena dia menikah dengan pengusaha kaya raya bernama Datuk Seri Khalid Mohamad Jiwa. Jika ditelisik, Siti Nurhaliza memang punya sumber penghasilan yang bikin dia mampu mencapai angka tersebut.

Apa saja sumber uang Siti yang bikin dia kaya raya sebagai artis ternama Malaysia? Yuk, simak poin-poin berikut.

Baca juga: 7 Cara Jitu Liburan Hemat Akhir Tahun yang Gak Bikin Kantong Jebol

1. Penyanyi

Menyanyi adalah kemampuan Siti yang paling menonjol (Instagram).

Menyanyi adalah kemampuan Siti yang paling menonjol. Suara Siti memang bagus dan berciri khas sehingga gak salah kalau lagu-lagunya melegenda.

Gak cuma terkenal di negerinya, Siti Nurhaliza bisa dibilang sudah go International. Namanya dikenal di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Kemudian, dia bahkan pernah tampil di acara Commonwealth Games 1998 yang disaksikan oleh Ratu Elizabeth II.

Siti Nurhaliza juga sukses memenangi beragam kompetisi menyanyi di berbagai kawasan. Gak heran deh kalau Siti Nurhaliza didapuk gelar Suara Asia.

Tahun 2009 lalu tersiar kabar kalau bayaran Siti buat tampil menyanyi di panggung selama satu jam mencapai US$ 23 ribuan atau setara Rp 333 juta.

2. Brand ambassador

sama dengan penyanyi kelahiran kota kecil Temerloh, Pahang, Malaysia (Instagram).

Dengan ketenaran yang diraih oleh Siti, gak heran kalau banyak brand pengin bekerja sama dengan penyanyi kelahiran kota kecil Temerloh, Pahang, Malaysia itu.

Gak tanggung-tanggung, merek yang bekerja sama dengan Siti adalah merek-merek terkenal. Bahkan, brand-brand Internasional.

Sebut aja, Pepsi, Samsung, Maybelline, Pantene, Olay, dan kendaraan Mitsubishi. Bahkan, brand dari Jepang Jusco juga mengajak Siti buat jadi brand ambassador mereka.

Sementara itu, merek dari Malaysia sendiri yang udah kerja sama dengan Siti adalah provider telepon Maxis dan layanan Internet TM Net.

Baca juga: Kiat Liburan Menggunakan Campervan di New Zealand ala Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara

3. Bisnis rumah produksi

Siti juga memiliki rumah produksi sendiri (Instagram).

Ini nih salah satu sumber uang Siti yang cukup besar selain menyanyi. Ternyata Siti Nurhaliza sudah punya perusahaan di bidang rumah produksi, lho.

Diberi nama Siti Nurhaliza Productions, perusahaan tersebut berada di bawah naungan perusahaan Siti Nurhaliza Productions (M) Sdn. Bhd. Perusahaan tersebut sendiri menaungi beberapa anak perusahaan pula.

Rumah produksi yang Siti kelola tersebut gak cuma mengadakan konser Siti Nurhaliza tetapi juga memproduksi beragam program televisi. Beberapa artis Malaysia juga diorbitkan oleh rumah produksi Siti ini.

4. Bisnis kosmetik Siti Nurhaliza

Siti juga memiliki bisnis kecantikan sendiri (Instagram).

Gak lengkap rasanya bila sudah terkenal namun gak punya merek sendiri. Nah, Siti Nurhaliza juga gak kalah sama artis-artis lainnya.

Siti mengeluarkan produk kosmetik yang diberi nama Simply Siti. Perusahaan kosmetik tersebut dibangun sejak Maret 2010. Produk kosmetik ini diluncurkan jelang diberhentikannya produk teh dari Siti Nurhaliza. Hal ini karena Siti ingin berfokus di bisnis kosmetik aja.

Baca juga: Boros! 6 Zodiak Perempuan Ini Terkenal Doyan Belanja, Kamu Salah Satunya?

5. Tampil di program televisi

Popularitas Siti Nurhaliza pun semakin dikenal masyarakat luas karena sering tampil di berbagai program televisi (Instagram).

Popularitas Siti Nurhaliza pun semakin dikenal masyarakat luas karena sering tampil di berbagai program televisi. Kebanyakan program televisi yang dia bintangi tersebut memang berada di bawah rumah produksinya sendiri sih.

Selain lewat rumah produksinya sendiri, Siti juga tampil di berbagai stasiun televisi Internasional seperti MTV Asia. Kemudian, dia juga cukup sering tampil di televisi nasional Indonesia.

Program televisi tersebut meliputi reality show dan game show.

6. Akting

Siti Nurhaliza nyatanya gak cuma jago menyanyi aja tetapi juga berakting (Instagram).

Siti Nurhaliza nyatanya gak cuma jago menyanyi aja tetapi juga berakting. Terbukti dia diajak buat berperan di beberapa judul film bioskop dan teater.

Siti sempat bermain di beberapa judul opera teater seperti Gema Zafana – Sebuah Persembahan Zapin Johor dan Sirah Rasulullah Tahajjud Cinta. Selain itu, Siti juga jadi pengisi suara buat beberapa film.

7. Menulis

Siti Nurhaliza pun pernah menulis buat beberapa majalah dan surat kabar (instagram).

Benar-benar artis multi-talenta deh! Siti Nurhaliza pun pernah menulis buat beberapa majalah dan surat kabar, lho. Jadi, dia gak cuma bisa menyanyi dan akting aja tetapi ternyata jago menuangkan pendapatnya.

Tahun 1999, Siti sempat menulis artikel berjudul Lenggok Siti buat tabloid Metro Ahad Malaysia. Kemudian, dari tahun 2011 sampai sekarang, Siti juga aktif menulis rubrik Dari Dalam Diri Siti Nurhaliza di surat kabar Malaysia bernama Berita Harian.

Dari rangkaian perjalanan karier Siti Nurhaliza ini, total ada 16 album sudah diluncurkan oleh penyanyi kenamaan Malaysia tersebut. Debutnya di tahun 1996 dan album terakhir tahun 2017 silam jadi pertanda betapa eksisnya penyanyi yang melambung di tahun 1990-an tersebut hingga kini.

Gak heran deh kalau dia bisa meraih segitu banyak kekayaan. Sebab, perjalanan kariernya emang terbilang moncer. Gak cuma di negerinya aja, Siti bahkan udah sering tampil nyanyi bareng penyanyi Internasional. (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong