Banner ImageBanner Image

Terkesan Sepele! Nyatanya 5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Cepat Kaya Lho

4 menit
5 Hal Sepele Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Cepat Kaya (Shutterstock).

Siapa sih orang yang gak pengin cepat kaya. Punya banyak uang, bisa membeli apapun yang diinginkan, bisa pergi kemanapun sesuka hati. Pokoknya membahagiakan deh.

Makanya gak heran kalau banyak orang yang bekerja keras mati-matian mengumpulkan uang biar cepat kaya raya.

Bekerja keras dan sungguh-sungguh itu memang jadi hal wajib yang harus dilakukan jika ingin mencapai sebuah kesuksesan. Tapi, tahukah kamu kalau ternyata ada hal sepele lho yang bisa bikin kamu jadi cepat kaya.

Tapi balik lagi, kamu perlu tahu kalau tidak ada yang instan. Lagipula umumnya, sesuatu yang instan itu gak akan bertahan lama. Contohnya saja para selebriti yang terkenal secara instan, pasti popularitasnya gak akan bertahan lama pula.

Begitu juga dengan kekayaan, sebelum kaya raya, mereka harus jatuh bangun dulu hingga perjuangannya berbuah manis di kemudian hari.

Jadi, sebenarnya itu semua orang bisa sukses dan punya banyak uang, asalkan mau berjuang. Nah, kalau kamu salah satu di antaranya, ada beberapa hal yang sering dianggap sepele padahal bisa membuat kamu jadi kaya raya lho.

Apa aja itu? Berikut lima di antaranya:

Baca juga: Hadapi 4 Situasi Ini, Sewa Bisa Jadi Pilihan Terbaik Ketimbang Beli Rumah

1. Jadi diri sendiri

Lebih baik jadi diri sendiri (Shutterstock).

Gak sedikit orang yang tidak menjadi dirinya sendiri bahkan terkesan memaksa hanya biar bisa masuk ke dalam golongan tertentu.

Sayangnya, hal itu justru bikin mereka jadi susah sendiri. Seperti membeli tas keluaran desainer yang harganya super fantastis.

Ujung-ujungnya tanpa sadar kamu menguras habis limit kartu kredit. Ditambah dengan barang lainnya yang bikin gaji kamu ludes. Duh, jangan sampai deh cuma buat gaya kamu sampai menghabiskan seluruh uangmu.

Karena itu, lebih baik jadilah diri sendiri. Jika hanya sanggup beli tas ratusan ribu rupiah, gak perlu memaksa beli tas puluhan juta rupiah. Lebih baik uangnya dialokasikan untuk investasi.

2. Hidup sederhana

hidup sederhana meski memiliki uang banyak (Shutterstock).

Memang banyak orang yang melihat kesuksesan seseorang dari apa yang ia gunakan, seperti mobil maupun pakaian. Tapi, hal itu gak menjadi tolak ukur mutlak lho.

Buktinya, masih banyak kok orang kaya yang hidup dengan sederhana dan bahkan terlihat tidak memiliki apa-apa.

Contohnya aja bos Facebook, Mark Zuckerberg yang lebih suka menggunakan kaos dibanding kemeja.

Ya, bisa dibilang hidup sederhana itu lebih baik dibanding dengan foya-foya semata. Jadi, uang yang awalnya ingin kamu gunakan untuk senang-senang, bisa digunakan untuk kebutuhan lain yang lebih bermanfaat.

Baca juga: Milenial, Jangan Pernah Lakukan 4 Kesalahan Pengelolaan Uang Ini Kalau Gak Mau Bokek

3. Nabung uang koin

Uang koin yang suatu saat dibutuhkan (Ilustrasi by Shutterstock).

Gak sedikit orang yang menyepelekan uang koin karena dianggap tak bisa memberikan pengaruh apapun dari segi finansial.

Padahal banyak banget lho orang yang bisa membeli barang mewah dari hasil uang koin. Salah satu contohnya adalah pria di Cina bernama Gan yang berhasil membeli mobil seharga Rp 1,44 miliar dengan uang koin.

Nah, daripada diasingkan, ada baiknya uang koin kamu itu ditabung. Sediakan satu wadah khusus untuk menyimpan uang koin. Kalau jumlahnya sudah banyak, baru deh kamu tukarkan ke bank. Meski sedikit tapi lama-lama bisa jadi bukit lho.

4. Jangan menunda-nunda investasi

Pasar modal (Shutterstock).

Dibanding uangmu terus menerus habis hanya untuk berfoya-foya, sebaiknya alokasikan agar kekayaanmu semakin beranak pinak. Salah satunya adalah dengan investasi.

Terlebih kini ada banyak sekali instrumen investasi yang ditawarkan oleh pasar. Kamu bisa langsung memilih dan terjun ke salah satu investasi yang kamu inginkan dan sesuai dengan kemampuanmu.

Buat kamu para pemula, disarankan agar kamu memilih investasi yang aman seperti investasi emas atau reksadana.

Investasi emas terbilang aman dan menguntungkan. Apalagi harga emas setiap tahun pasti naik. Sedangkan reksadana, dana kamu akan dikelola oleh manajer investasi yang memang sudah ahli dibidangnya. Jadi, gak perlu takut bangkrut.

Baca juga: 4 Tipe Kepribadian Ini Dilihat dari Cara Memperlakukan Uang, Kamu yang Mana?

5. Hilangkan biaya gak penting

Hangout di kafe biasanya dilakukan di hari menuju akhir pekan seperti Jumat sore (Shutterstock).

Hal sepele yang tanpa sadar dapat membuat kamu cepat kaya adalah dengan menghilangkan biaya-biaya yang gak penting, seperti biaya nongkrong di kafe setiap minggu.

Ya, ngumpul sama teman-teman boleh aja sesekali dilakukan, tapi jangan terlalu sering. Apalagi kalau kamu datang ke kafe kekinian yang bisa bikin kantong jebol.

Kalau pun ingin nongkrong bisa kamu siasati dengan makan di rumah dulu sebelum pergi. Jadi, saat di kafe hanya pesan minum.

Nah, itu dia lima hal sederhana dan sepele yang ternyata bisa bikin jadi cepat kaya lho. Gak ada salahnya kan dilakukan? (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong