Ternyata Ini Manfaat Investasi Bagi Kehidupan Finansial Kita

4 menit
ini manfaat investasi

Finansialku

Investasi sepertinya sudah mulai menjadi bagian dari gaya hidup kita ya. Pengertian investasi itu sendiri apa sih? Menurut ilmu ekonomi, investasi merupakan kegiatan membeli dari modal benda yang fungsinya gak digunakan saat ini tetapi di waktu mendatang.

Tujuan dari berinvestasi adalah untuk memiliki keuntungan di masa depan. Investasi dibedakan atas 2 jenis yaitu investasi non residential, contohnya berupa pabrik atau mesin, dan investasi residential yaitu rumah.

Nah, jenis produk investasi yang banyak dipilih biasanya berupa surat berharga, saham atau obligasi, rumah, tanah dan lainnya. Setiap orang memiliki alasan tersendiri dalam memilih jenis investasi yang sesuai kebutuhan dan karakteristik usaha.

Investasi dalam Kehidupan Finansial

Investasi dan kehidupan finansial pastinya sangat berkaitan. Masing-masing jenisnya memiliki tujuan finansial yang berbeda-beda. Jadi, gak heran saat setiap orang memilih investasi yang disesuaikan dengan tujuan finansial mereka.

Contohnya saja, investasi properti seperti tanah, ruko, toko dan rumah. Karena harga tanah terus meningkat setiap tahunnya, maka investasi tanah yang dipilih akan sangat menguntungkan.

ini manfaat investasi
Ayo mulai investasi biar bisa beli rumah (Investasi Properti / tengrinews)

Ditambah lagi, jumlah pertumbuhan penduduk yang kian meningkat menyebabkan kebutuhan rumah juga semakin meningkat. Jadi, investasi jenis ini sangat dianjurkan dan realitanya paling diminati.

Ada juga sebagian orang yang menginvestasikan uangnya untuk pendidikan diri sendiri, pasangan dan anak-anak. Hal ini berhubungan dengan kemajuan teknologi dan pendidikan yang semakin tinggi. Dengan pendidikan tinggi, seseorang akan bisa memiliki pekerjaan mapan dan penghasilan yang tinggi pula di masa depan.

Investasi saham juga sering dilirik para investor karena perusahaan akan bisa mendapatkan keuntungan dari hasil kerja saham. Tapi, ada juga beberapa jenis investasi saham yang merugikan karena berada dalam lingkup yang gak stabil, misalnya krisis moneter.

Beberapa orang juga memanfaatkan investasi mata uang asing. Dengan memilih jenis mata uang asing yang kerap mengalami peningkatan kurs, secara finansial, keuntungan investor akan bertambah. Karena nilai tukarnya terus meningkat terhadap mata uang lokal.

Meskipun memiliki banyak tujuan secara finansial, investasi bukannya tanpa risiko. Apabila seseorang melakukan investasi lalu usahanya gagal, maka bukan keuntungan, tapi kerugian yang akan diperoleh.

Beberapa penyebab gagalnya investasi seperti faktor bencana alam, faktor personal, penipuan, krisis moneter, dan faktor lainnya.

Ciri-ciri Investasi Sehat

ini manfaat investasi
Gak cuma fisik yang harus sehat, investasi juga dong (Investasi Sehat / marketing)

Gak hanya fisik saja, tapi investasi juga harus sehat loh! Investasi yang sehat sebenarnya bisa dilihat dari dasar hukumnya. Apapun jenisnya, investasi yang sehat akan memiliki badan hukum legal.

Jika suatu investasi sehat, maka investor akan mendapat keuntungan finansial yang berkelanjutan dan sesuai dengan ketentuan. Tetapi, apabila investasinya gak sehat, maka bisa jadi banyak kerugian yang bakal ditanggung investor.

Gak mau memilih investasi yang gak sehat serta merugikan dong, kalau begitu pilihlah investasi yang memiliki ciri-ciri seperti ini

– Dasar hukum kuat

– Potensi menghasilkan uang tinggi

– Mudah dipahami mekanismenya

– Banyak dipilih oleh investor

– Dipercaya masyarakat

– Memiliki testimoni dari nasabah

Manfaat Investasi Terhadap Kehidupan Finansial

Secara umum, investasi sangat bermanfaat bagi kehidupan finansial. Besarnya manfaat dari investasi tersebut bergantung pada seberapa besar persentase uang pribadi kita yang diinvestasikan.

ini manfaat investasi
Jangan pernah remehkan investasi ya, karena kita gak tahu hari esok (Hujan Uang / insight)

Simak nih beberapa manfaat dari investasi bagi finansial kita:

1. Menambah peluang penghasilan

Investasi pasti menambah peluang penghasilan. Seperti kata investor ternama Warren Buffet:

“Jangan meletakkan telur di dalam satu wadah”

Artinya, kita harus berinvestasi dengan diversifikasi investasi dari penghasilan kita. Sehingga, saat waktunya dipanen, penghasilan akan berasal dari berbagai sumber (gak hanya dari satu sumber). Jumlahnya pun bisa sangat bervariasi tergantung pada jenis dan nominal investasi.

2. Memperluas wawasan tentang sumber dana

Seorang investor biasanya akan memiliki banyak link dari ranah bisnis. Dengan demikian, wawasan tentang sumber dana dan permodalan akan semakin tinggi. Jika kita memiliki wawasan yang luas tentang sumber dana, gak menutup kemungkinan jika kita juga bisa menjadi seorang perencana keuangan yang handal.

3. Meningkatkan kebijakan dalam mengeksekusi

Jika ada sebagian dana yang bisa diinvestasikan, seorang investor handal akan mampu melakukan kebijakan dan mengeksekusinya. Semakin panjang jangka waktu investasi, maka semakin banyak pula kebijakan yang bisa diambil.

Wawasan dan pengetahuan tentang investasi bisa jadi bekal bagi investor dalam melangkah secara gak bertanggung jawab atau kurang konsisten.

4. Mengasah tanggung jawab dan rasa percaya diri

Sikap bertanggung jawab dan rasa percaya diri adalah dua hal yang bisa semakin bertambah jika kita melakukan investasi. Secara finansial, tanggung jawab keuangan terhadap keluarga, perusahaan dan pribadi akan meningkat. Sedangkan, rasa percaya diri juga terasah saat melakukan investasi, terutama jika kita terjun langsung dalam usaha yang terkait investasi.

Investasi dapat memberikan kehidupan finansial yang sukses. Dengan berinvestasi, kita memiliki kesempatan untuk memiliki keuntungan lebih besar selain penghasilan rutin bulanan. Jadi, mulailah melakukan investasi sejak dini untuk kehidupan masa depan yang lebih baik.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca:Mau Mulai Berinvestasi Cobalah Reksa Dana Pasar Uang]

[Baca: Mau Mulai Investasi Saham Pakai Jasa Broker Aja]

[Baca:Investasi Reksa Dana Rp 1 Juta Dapat Untung Berapa Ya]

Tifanny
Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan