Ternyata Segini Penghasilan Fantastis Para Makeup Artist. Yakin Gak Tergiur?

5 menit
Make up artist Ryan Ogilvy (instagram @ryanogilvy)
Make up artist Ryan Ogilvy (instagram @ryanogilvy)

Beberapa tahun terakhir profesi makeup artist tampak menjanjikan banget. Alasannya beragam. Salah satunya karena buat jadi makeup artist alias MUA gak perlu punya latar pendidikan khusus. Jadi semua orang bisa terjun ke sini.

Selain itu modalnya juga kecil. Menurut Firda Kurnia, MUA selama 8 tahun terakhir, cukup modal Rp 2 juta aja buat keperluan makeup dasar sebagai permulaan.

Pertanyaannya, emang seberapa menjanjikan sih profesi ini? Apakah bisa hidup sejahtera cuma mengandalkan penghasilan menjadi MUA?

Eits, jangan salah lho. Kalau emang beruntung kamu bisa tajir melintir. Kalau mau buktinya, cek beberapa MUA ini deh.

1. Bubah Alfian

makeup artist
(Image: Beautyneisia)

Pemilik nama asli Zakharia Mahfudi Alfiansyah ini mengawali karier dengan membuka salon di rumahnya, Jember. Saat itu, honor pertama yang ia dapatkan cuma Rp 5 ribu per sekali menata rambut.

Bubah kemudian mengikuti Jember Fashion Carnival dan merantau ke Jakarta. Setelah dua tahun bekerja, ia mendapat tawaran yang bikin dia setenar sekarang. Ia diminta merias seluruh kandidat America’s Next Top Model cycle 20 yang pada saat itu sedang syuting di Bali.

Selanjutnya, karier Bubah sebagai MUA semakin menanjak. Ia bahkan sempat merias Puteri Brunei Darusalam saat menikah. Dari tarif Rp 5 ribu, kini ia dibayar mulai dari Rp 8 juta buat event biasa dan Rp 15 juta buat makeup pengantin sekali poles.

2. Dhirman

makeup artist
(Image: chexing)

Seperti Bubah Alfian, Dhirman Putra juga mengawali kariernya dari nol dan secara otodidak. Dhirman telah menjadi MUA selama 14 tahun. Pria asli Samarinda ini sebetulnya adalah seorang fotografer yang terpaksa merias buat menggantikan penata rias yang gak jadi datang.

Sejak saat itulah ia mulai menerima orderan merias.

Selama dua tahun Dhirman menjadi MUA secara sembunyi-sembunyi lantaran malu dengan profesinya ini. Tahun 2009, ia baru berani mengikuti kompetisi tata rias dari brand lokal ternama. Ia berhasil menjadi pemenang dan mewakili Indonesia di Hong Kong.

Di awal tahunnya menjadi MUA, honor terbesar yang didapatkan Dhirman sebesar Rp 250 ribu. Kini, sekali poles ia bisa mendapatkan mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 17 juta.

3. Marlene Hariman

makeup artist
(Image: Tinkerwish)

Marlene mengasah kemampuan meriasnya dengan mengikuti sekolah rias selama satu tahun dengan modal Rp 50 juta.

Perjalanan kariernya gak selalu berjalan mulus. Pada masa awal, ia bahkan pernah lupa membawa perlengkapan makeup saat harus merias.

Kini Marlene telah biasa menangani artis terkenal seperti Nagita Slavina, Nadya Hutagalung, Ayu Dewi, Raisa, Acha Septriasa, dan masih banyak lagi.

Jasa Marlene dihargai mulai dari Rp 3,5 juta hingga Rp 15 juta.

4. Anpa Suha

makeup artist
(Image: plus.google)

Anpa Suha mengawali kariernya sebagai penata rias di salon ibunya di Sukabumi. Berawal dari kekaguman pada kemampuan merias sang ibu, Anpa terinspirasi buat menjadi makeup artist yang andal.

Anpa Suha saat ini dianggap sebagai salah satu the most wanted MUA di Indonesia. Buat menggunakan jasanya, kamu bahkan perlu bikin janji minimal  setahun sebelumnya.

Telah banyak public figure papan atas Indonesia yang pernah ia tangani, di antaranya Vina Panduwinata, Krisdayanti, Olla Ramlan, hingga keluarga Cendana.

Buat sekali merias, tarif Anpa Suha berkisar di angka Rp 19 juta. Fantastis banget gak sih?

5. Bennu Sorumba

makeup artist
(Image: radarmalang)

Bennu gak menyangka bakal menjadi seorang MUA. Niat hati menjadi artis, Bennu yang saat itu menjadi pemeran figuran di sinetron Lupus malah mendapat tawaran sebagai asisten MUA.

Seiring berjalannya waktu, ia mulai merias berbagai artis Indonesia seperti Titi DJ, Rossa, Krisdayanti, Titi Kamal, hingga putri presiden, Kahiyang Ayu.

Ia memasang tarif lumayan tinggi, yakni sekitar Rp 20 juta buat sekali rias.

6. Ryan Ogilvy

makeup artist
(Image: Wolipop)

Ryan Ogilvy merupakan salah satu MUA langganan sejumlah artis tanah air. Ia dikenal dengan hasil makeup effortlessly flawless. Sejak mendadani Dian Sastrowardoyo di film Ada Apa Dengan Cinta, ia mendapat tawaran menjadi MUA personal Dian dan kolaborasi brand Maybelline serta berbagai iklan dan majalah.

Mantan jurnalis ini juga menjadi MUA favorit artis muda, Pevita Pearce. Kemampuannya merias ia dapatkan dari mengikuti kursus makeup pada tahun 2005.

Jika dulu jasa Ryan dihargai Rp 100 ribu, kini ia bisa mendapatkan belasan juta dari sekali merias.

MUA sebagai pekerjaan sampingan

Nah itulah gambaran penghasilan makeup artist yang telah lama menekuni kariernya sebagai MUA dan menjadikan makeup artist sebagai job utama. Tapi, gak cuma mereka yang telah jadi langganan public figure yang bisa mendulang uang dengan menjadi MUA. Walau belum mempunyai honor fantastis, banyak yang telah buktikan profesi MUA bisa berikan keuntungan yang lumayan.

Salah satunya ada Maulidia Diana, mahasiswa S2 ITS yang kerap menjadi MUA bersama teman-temannya di acara wisuda atau buat acara SMA. Ia mematok tarif Rp 200 – 250 per orang buat event kelulusan.

Maulidia menggunakan Instagram sebagai media promosi yang cukup efektif. Dalam satu kali orderan, biasanya ia mendadani tiga hingga empat pelanggan. Dengan kata lain, dalam sehari ia bisa mendapatkan hingga Rp 1 juta.

Selain Maulidia, Ada Riana yang menjadikan MUA sebagai pekerjaan sampingan. Sehari-hari Riana bekerja sebagai karyawan di kantor pajak. Kegemarannya di dunia makeup bikin Riana mengisi weekend dan waktu luangnya buat merias wajah orang.

Riana memasang tarif Rp 600 ribu buat paket bridesmaid dan Rp 400 ribu buat jasa retouch di lokasi. Tarif tersebut belum termasuk biaya transportasi yang ditanggung pelanggan.

Siapa pun bisa jadi MUA

Jasa MUA emang gak bisa dianggap remeh. Semakin mahir keahlian dan semakin bagus reputasi yang dimiliki, MUA bisa mamasang tarif yang lumayan tinggi.

Ingat, sejumlah nominal di atas baru dari jasa merias aja, belum honor yang didapatkan saat menjadi narasumber atau pengisi workshop.

Perjalanan karier para MUA di atas juga menjadi bukti bahwa siapa aja bisa mendulang kesuksesan di bidang ini. Gak peduli latar belakang atau tingkat pendidikanmu.

Jika gak punya cukup uang buat kursus, kamu bisa belajar otodidak melalui berbagai channel YouTube.

Tapi ingat…

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan buat kamu yang pengin menekuni bidang ini. Saat awal merintis karier, kamu perlu memperbanyak portofolio sebelum bisa memasang tarif yang lumayan. Masih ingat kan berapa tarif awal para MUA kondang di atas?

Menjadi MUA juga gak cuma membutuhkan keahlian merias. Kamu bakal menghadapi banyak orang sehingga sikapmu juga bisa menjadi nilai tambah atau malah dapat merusak reputasi.

Selain itu, MUA memiliki penghasilan yang gak menentu, tergantung dari jumlah klien yang dimiliki. Jika pengin hidup tetap aman, sebaiknya kamu masih memiliki sumber penghasilan lain sebelum banjir orderan.

Walau gitu, kamu tetap dapat meniru kesuksesan para MUA di atas. Jika saat ini tarif meriasmu hitungan ratusan ribu, bukan gak mungkin beberapa tahun ke depan melonjak jadi belasan juta. Bukan gak mungkin juga kamu jadi makeup artist papan atas Indonesia.

 

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.