Tes CPNS Bodong Masih Marak, Begini 5 Cara Mudah Menghindarinya!

3 menit
tes cpns
Tes CPNS Bodong Masih Marak, Begini 5 Cara Mudah Menghindarinya!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Belakangan ini media sosial tengah diramaikan dengan tryout tes CPNS 2019 serentak se-nasional. Uji coba tes ini digalakkan di laman akun Instagram @cpnsindonesia.id. Dilihat dari postingan tersebut, tes pun bakal digelar pada hari Sabtu (29/6) dan dikerjakan secara online. 

Menanggapi hal tersebut Badan Kepegawaian Negara beraksi terhadap viralnya simulasi tes tersebut. Melalui Twitter @BKNgoid yang telah terverifikasi centang biru, dituliskan bahwa simulasi tersebut tidak ada kerjasama dengan lembaga pemerintahan yang resmi. 

Kemudian BKN juga menegaskan bahwa mereka tidak pernah membocorkan soal tes CPNS ke pihak manapun, jadi jangan berharap kalau di soal simulasi itu sama persis dengan soal tes yang resmi. 

Bisa saja sih, kalau soal yang digunakan oleh pihak penyelenggara simulasi itu berasal dari soal-soal CPNS terdahulu, mengingat contoh soal-soal seperti itu juga udah banyak dijual di toko buku. 

Selain itu, BKN juga mengingatkan agar masyarakat tidak dengan mudah memberikan data diri, seperti nomor KK, nomor KTP, sampai alamat rumah ke pihak yang tidak jelas. Yang dikhawatirkan adalah terjadinya penyalahgunaan data. 

Nah, yang heboh ini baru persoalan simulasi tes ini saja nih, bagaimana kalau heboh penipuan ujian CPNS? Sebagai langkah antisipatif, berikut ini kita kasih tips agar terhindar dari penipuan-penipuan yang berkaitan dengan seleksi masuk Pegawai Negeri Sipil. 

Baca juga: 5 Industri dengan Gaji Terbesar di Indonesia, Kamu Berminat yang Mana?

1. Selalu cek pengumuman ujian CPNS di situs resmi 

tes CPNS
Usahakan cek situs resmi pemerintah yah, jangan yang “kaleng-kaleng”, (Ilustrasi/Shutterstock).

Jangan menelan informasi tentang pengumuman bukan tes CPNS di media sosial atau situs-situs yang tidak terpercaya. Kalau dari media sosial kamu bisa mengecek di akun-akun kementerian atau lembaga terkait yang jelas yang telah terverifikasi dengan tanda centang biru, seperti akun Twitter @BKNgoid

Sementara kalau dilihat laman website, seraplah informasi hanya di website resmi lembaga yang belakangnya berdomain ‘go.id’, misal seperti www.kemenpora.go.id, www.kemendagri.go.id, dan lain-lain. 

Selain itu, tes untuk jadi PNS dilakukan secara serentak dengan beberapa lembaga lainnya, jadi gak mungkin deh tuh satu lembaga. 

Baca juga: Setara PNS, Segini Besaran Gaji Perangkat Desa Setelah Dinaikkan Jokowi

2. Pendaftaran resmi hanya bisa dilakukan di laman resmi BKN 

Tes CPNS
Lakukan pendaftaran di laman resmi ya jangan yang bodong, (Ilustrasi/Shutterstock).

Setelah mengetahui informasi pembukaan lowongan CPNS secara resmi, kamu tinggal melakukan pendaftarannya. Nah, pendaftarannya gak bisa dilakukan di sembarangan situs atau platform. Yang resmi hanya dilakukan pendaftaran secara online melalui laman website sscn.bkn.go.id. 

Di laman itu kamu diharuskan buat melakukan pendaftaran dengan menyertakan persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan. 

Baca juga: Gak Bakal Telat, Gaji ke 13 PNS Cair Bulan Ini

3. Seleksi CPNS gratis! 

tes CPNS
Buat mengikuti tes ini kamu gak bakal dipungut biaya apapun lho alias gratis!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, ini nih yang biasanya dijadikan alat penipuan oleh beberapa oknum gak bertanggung jawab, yaitu memungut bayaran dari para peserta. Ingat, pemerintah atau lembaga pemerintahan resmi gak pernah memungut biaya sepeserpun untuk seleksi pegawainya. Kalau kamu mendapatkan informasi tes buat CPNS tapi disuruh bayar buat pendaftarannya, jangan hiraukan lagi informasi itu, karena sudah jelas-jelas penipuan. 

4. Jangan mudah tergiur iming-iming oknum nakal  

tes CPNS
Jangan tergiur dengan iming-iming oknum nakal!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Salah satu modus penipuan yang cukup marak adalah dengan iming-iming hasutan pasti lolos tes buat CPNS. Seleksi menjadi abdi negara saat ini tidak sesimpel itu, tinggal kenal orang dalam langsung masuk. 

Sekarang semuanya udah menggunakan mekanisme yang jelas, transparan, dan legal tentunya. Jadi kalau ada orang yang menawari kamu keterima PNS bahkan tanpa tes sekalipun, sudah bisa dipastikan itu adalah penipuan. 

Mau dia oknum PNS, atau pejabat instansi pemerintahan sekalipun, kamu jangan mudah terhasut. Sudah banyak korban soalnya! 

5. Kroscek dua kali tentang informasi pembukaan tes 

tes CPNS
Kroscek juga soal pembukaan pendaftaran dan tes buat CPNS, (Ilustrasi/Shutterstock).

Banyak juga penipu yang niat sampai membuat website sendiri seolah-olah mirip dengan website resmi lembaga pemerintahan. Nah kalau kamu sudah terlanjur percaya dengan informasi di situs tersebut, ada baiknya mengecek dua kali sebelum tertipu lebih jauh. 

Caranya gimana? Bisa cek di portal berita terpercaya di Tanah Air. Karena pasti lembaga pemerintahan akan memberitakan pembukaan seleksi ke media-media mainstream. 

Itu tadi lima tips mudah agar kamu terhindar dari penipuan tes CPNS bodong. Seiring dengan perkembangan zaman, maka modus penipuan juga semakin canggih. Jadi sebagai masyarakat kamu juga jangan menelan mentah-mentah informasi tersebut ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.