Jangan Sedih! Ini 6 Cara Move On Saat Gak Lolos Tes Wawancara Kerja

4 menit
Tes wawancara kerja ditolak, 6 cara ini bikin kamu cepat move on (Shutterstock)

Ditolak tes wawancara kerja emang gak enak. Apalagi, kalau kamu mengalaminya di kantor yang selama ini diidamkan. Lebih ekstrem lagi, kalau kita sampai merasa jadi orang yang gagal.

Tapi, penyesalan dan kekecewaan itu gak baik kamu pendam terus menerus. Kamu harus move on mencari yang lainnya.

Pasalnya, penolakan di dalam dunia kerja adalah hal yang biasa. Banyak orang-orang yang bertalenta, bahkan melebihi yang kamu miliki sedang mencari kerja juga.

Jika perusahaan yang kamu idam-idamkan adalah perusahaan yang terkenal dan top, ya konsekuensinya kamu harus bersaing dengan orang-orang hebat lainnya.

Perusahaan top pastilah menjadi incaran semua orang, gak cuma kamu doang kok. Kalau gak bisa bersaing saat tes ya siap-siap kamu harus ditolak.

Lalu, apa yang harus kamu lakukan kalau tes wawancara kerja ditolak? Berikut, caranya agar kamu gak terlarut-larut dalam kesedihan dan bisa mendapatkan kerjaan di tempat lainnya.

1. Kumpul dengan teman atau keluarga

Tes wawancara kerja
Kumpul dengan teman atau keluarga saat tes wawancara kerja ditolak (Shutterstock)

Ditolak tes wawancara kerja sama perusaahan yang kita idam-idamkan memang bikin sakit hati. Padahal sebelum tes kita suda berekspektasi, membayangkan menjadi pegawai perusahaan tersebut.

Tapi, kemudian setelah mendapat email penolakan, semua ekspektasi itu sirna. Saat-saat itulah kita akan berada di titik terendah, perasaan sedih campur kecewa meyelimuti pikiran.

Jangan terlalu lama terlarut dalam situasi seperti itu, karena gak ada untungnya buat kamu. Untuk menghilangkan kekecewaan itu, coba perbanyak waktu untuk ngobrol ringan dengan keluarga atau teman.

Biasanya, teman atau keluarga akan memberikanmu dukungan lebih. Gak jarang dari mereka justru memberikanmu motivasi-motivasi dan pelajaran hidup layaknya seorang mentor.

Gunakan kesempatan itu untuk membangun kepercaaan diri sebelum berburu pekerjaan lagi.

Baca juga: Kisi-Kisi 10 Pertanyaan Kalau Kamu Dipanggil Wawancara Kerja di Facebook

2. Berterima kasih ke pewawancara

Tes wawancara kerja
Berterima kasih ke pewawancara saat tes wawancara kerja ditolak (Shutterstock)

Ketika mendapatkan email penolakan dari perusahaan, pasti kita cenderung mengabaikannya. Karena kita berpikiran pasti ya artinya kita gak mendapatkan tempat di perusahaan tersebut, jadi untuk apa memberikan balasan email-nya.

Nah, ternyata ada cara yang lebih baik untuk menanggapi situasi kayak gini, yaitu dengan mengirimkan ucapan terima kasih.

Membalas email tersebut dan mengucapkan terima kasih gak bikin derajatmu jadi rendah kok, justru bisa membangun hubungan baik antara kamu dengan perusahaan. Siapa tahu saja, mereka kembali memanggilmu karena etikamu yang baik.

Baca juga: Fresh Graduate Beda! Ini 6 Tips Wawancara Kerja buat Dapetin First Job Kamu

3. Minta pewawancara menginformasikan ke kamu jika ada lowongan di masa yang akan datang

Tes wawancara kerja
Minta pewawancara menginformasikan jika ada lowongan di masa depan setelah tes wawancara kerja ditolak (Shutterstock)

Jika memang perusahaan tempat kamu tes wawancara kerja adalah perusahaan idaman, jangan menyerah begitu saja bila ditolak. Karena penolakan bukan berarti pintu kesempatanmu untuk bekerja tertutup begitu saja.

Mungkin, di masa yang akan datang, perusahaan tersebut akan menerimamu. Jadi kalau kamu memang mengimpikan bekerja di sana, dan yakin pasti bisa masuk di kesempatan berikutnya, katakan saja ke pihak perusahaan bahwa kamu masih tertarik untuk bekerja di sana.

Bangun hubungan yang baik dengan pihak pewawancara, agar dia juga bersedia memberikan informasi-informasi seputar lowongan di masa yang akan datang.

4. Tanyakan feedback kenapa tes wawancara kerja kamu ditolak

Tes wawancara kerja
Tanyakan feedback kenapa tes wawancara kerja ditolak (Shutterstock)

Ditolak tes wawancara kerja emang menyakitkan, apalagi kalau kamu gak tahu alasan penolakan itu, apakah kurangnya pengalaman, skill yang dimiliki gak memadai, atau  lain-lainnya.

Padahal, perusahaan itu sangat kamu idam-idamkan sejak dulu. Ada baiknya kamu tanyakan ke pihak wawancara di mana letak kekuranganmu.

Setelah mengetahui kekurangan-kekurangannya, kamu pun akan berusaha untuk meningkatkannya. Berharap agar di masa yang akan datang bisa masuk ke perusahaan idamanmu itu.

Tapi, keseringan beberapa pewawancara hanya akan memberikan jawaban yang normatif, misalnya, “Maaf, kamu gak sesuai dengan kandidat yang kita cari.”

5. Ditolak berkali-kali saatnya cek surat lamaranmu

Tes wawancara kerja
Cek surat lamaran kerja ketika tes wawancara kerja ditolak berkali-kali (Shutterstock)

Mendapatkan penolakan berkali-kali dalam tes wawancara kerja adalah hal yang biasa. Karena memang di luar sana banyak lowongan kerja, dan tentunya banyak pula pencari kerja. Jadi kamu harus benar-benar bersaing dengan para pengangguran lainnya.

Tapi, kalau kamu udah ditolak berkali-kali, jangan berdiam diri saja. Coba cek surat lamaran kerjamu, siapa tahu ada yang salah. Coba cek juga, apakah data-data serta persyaratan yang diminta oleh perusahaan sudah kamu penuhi atau belum.

6. Tingkatkan skill dan pengalaman  

Tes wawancara kerja
Tingkatkan skill dan pengalaman setelah tes wawancara kerja ditolak (Shutterstock)

Alasan yang paling banyak digunakan pewawancara ketika menolak kamu sebagai kandidatnya karena kurangnya skill dan pengalaman.

Kalau misalnya perusahaan tersebut merupakan perusahaan impianmu, dan kamu berharap untuk bisa bekerja di sana selanjutnya, tingkatkan skill dan pengalamanmu.

Kamu bisa bekerja dulu di tempat lainnya, jika kemudian skill dan pengalamanmu dirasa mumpuni, gak ada salahnya untuk melamar ke perusahaan impian. Karena potensi diterimanya lebih besar ketimbang kesepatan pertamamu saat itu.

Tanda-tanda tes wawancara kerja kamu bakal ditolak

Kamu sebenarnya bisa mengetahui bahwa lamaranmu bakal ditolak saat wawancara tengah berlangsung. Caranya, dengan memerhatikan tanda-tanda berikut ini,

  • Proses wawancara kerja berlangsung cepat
  • Pewawancara minim senyum
  • Cuma ada respons singkat
  • Pewawancara nyaris gak nyinggung skill-mu
  • Gak ada kabar dari perusahaan selama dua minggu lebih

Tapi ingat, tanda-tanda di atas belum tentu sepenuhnya benar ya, itu hanya pola yang biasa dialami oleh para orang-orang yang gagal. Namun, gak jarang pula kalau tanda-tanda di atas terjadi pada mereka-mereka yang berhasil lolos.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa move on ketika ditolak tes wawancara kerja. Intinya sih, jangan sampai sakit hati berkepanjangan, yang ada nanti malah menghambat kariermu ke depannya.

Kalau misalnya memang itu perusahaan yang kamu idam-idamkan, berusahalah untuk meraih kesempatan berikutnya dengan meningkatkan kualitas diri kamu. (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.