Bebas Ganjil Genap dan Harganya Rp 1,5 M, Inikah Mobil Listrik yang Bakal Dibeli Raffi?

4 menit
tesla model 3
Raffi di showroom Prestige milik Rudy Salim. (Youtube/Rans Entertainment)

Beberapa hari lalu, Raffi Ahmad dan keluarga menjajal mobil listrik Tesla Model 3 di showroom mobil mewah milik Rudy Salim yaitu Prestige Image Motorcars. Raffi sendiri bilang kalau tahun depan, dirinya berniat untuk membeli salah satu mobil listrik. 

Apakah mobil yang bakal dibeli Raffi adalah Tesla yang baru saja dia jajal? Bisa jadi iya bisa jadi bukan.

Sejauh ini, Tesla memang memiliki tiga varian yaitu Model 3, X, dan S. Model 3 adalah varian termurah, namun biar kata murah harganya gak murahan. 

Penasaran sama sekilas fakta mengenai mobil listrik dari perusahaan milik Elon Musk ini? Yuk simak ulasannya.

Baca juga: Berpotensi Bunuh Tesla, Ini 5 Fakta Rivian Automotive yang Didanai Amazon

1. Harganya Rp 1,5 miliar off the road

tesla model 3
Jajal mobil bareng Rafatar. (Youtube/Rans Entertainment)

Meskipun varian Tesla Model 3 adalah yang termurah, tetap saja harganya mahal yaitu Rp 1,5 miliar off the road. 

Politisi Golkar, Bambang Soesatyo sejatinya juga punya Tesla. Akan tetapi Tesla milik Bamsoet adalah model X yang harganya lebih dari Rp 2 miliar.

Walaupun mahal, Rudy Salim bilang kalau mobil ini murah dalam urusan servis. Gak perlu ganti oli karena hanya berbekal dinamo. Servis rutin pun semuanya bisa dilakukan secara online.

Tapi biar kata demikian, komponen seperti ban tentu harus diganti dong. 

Baca juga: Pamornya Naik Daun! Ini 5 Mobil Listrik Termurah Cuma Rp 380 Jutaan Aja

2. Bebas ganjil genap

tesla model 3
Mobil listrik bakal bebas lewati kawasan ganjil genap. (Youtube/Rans Entertainment)

Lha kok bisa bebas ganjil genap sih? Ya iyalah, wong kebijakan ganjil genap ini memang gak berlaku buat mobil listrik dan motor.

Itu tandanya, jika kamu memang membeli mobil ini ya bebas deh mau jalan kemana saja saat jam Gage berlaku.

Baca juga: Harga Lebih dari Rp 2 Miliar, Nih 5 Fakta Mobil Listrik Ketua DPR Kita

3. Cuma modal Rp 70 ribu, bisa jalan ke Bandung

tesla model 3
Biaya operasionalnya sangat irit. (Youtube/Rans Entertainment)

Tesla Model 3 memang merupakan mobil listrik yang sangat irit. Hanya butuh waktu empat jam saja untuk mengisi daya listriknya.

Setelah itu, mobil ini sanggup menempuh jarak 400 kilometer lho! Mantap banget kan. Beli di awal memang mahal, tapi bisa dibilang ini adalah bagian dari investasi juga.

Rudy bilang biaya listrik yang dikeluarkan untuk mengisi daya mobil ini juga gak besar. Cuma Rp 70 ribu saja, dan tenaganya sudah full.

Coba bayangkan dengan mobil kapasitas 1.500 cc. Untuk mengisi full tank tentu kita bisa keluar Rp 200 hingga Rp 250 ribu bukan? Itupun jika bensinnya masih tersisa dua bar dan BBM yang kamu gunakan tentunya adalah Pertalite.

Gak perlu khawatir soal perangkat chargernya. Prestige Image Motorcars bisa membantumu untuk melakukan instalasi perangkat ini, tapi tentunya jika kamu beli Tesla di sana.

4. Bagasi depan belakang dan gak ada kunci

tesla model 3
Punya bagasi belakang dan depan. (Youtube/Rans Entertainment)

Wah, ternyata bagasi yang ada di Tesla Model 3 ini gak cuma di bagian belakang mobil. Melainkan di kapnya juga ada. Udah kayak supercar aja ya! Sekedar informasi, supercar seperti Lamborghini dan Porsche, bagasinya di depan.

Jelas saja, dua bagian ini bisa dijadikan bagasi wong mobil ini kan gak ada mesinnya. Dia cuma pakai dinamo.

Dan mobil ini juga gak mengenal kunci lho. Dia menggunakan sebuah kartu yang di-tap layaknya e-money saja. Jadi kartunya bisa disimpan di dompet.

5. Interior sederhana

tesla model 3
Interior sporty. (Youtube/Rans Entertainment)

Gak ada yang “wah” banget dari interior mobil ini. Bisa dibilang semuanya sederhana, nuansanya sporty dan hitam sementara itu ada beberapa panel lain yang berwarna putih.

Jangan berpikir ada panel kayu mewah layaknya sebuah kapal pesiar. Mobil ini tampilannya sporty banget. 

tesla model 3
Semua fitur bisa dioperasikan dari sini. (Youtube/Rans Entertainment)

Salah satu yang cukup menonjol di dalam mobil ini adalah layar monitor di dashboard. Layar monitor ini bisa dibilang sebagai satu-satunya panel yang mengatur semua instrumen di Tesla Model 3. 

AC dan lainnya diatur dari sini. Layar ini juga bisa berfungsi sebagai peta, sekaligus sarana hiburan untuk mendengarkan musik, main game, dan lainnya. 

6. Kencang!

tesla model 3
Cepat juga lho! (Youtube/Rans Entertainment)

Kata siapa mobil listrik gak bisa ngebut, Tesla yang satu ini cuma butuh 3,3 detik saja untuk melaju dari kecepatan 0 hingga 100 km per jam!

Saat menjajal mobil ini, Raffi bilang kalau mobil ini memang kayak mobil mainan. Gak ada suaranya, dan cukup senyap kabinnya.

Akan tetapi, bukan berarti gak bisa lari. Tenaga kudanya saja mencapai 670 tk!

Mereka juga punya fitur swakemudi. Jadi, mobil ini bisa dikendalikan secara otomatis tanpa disetir, canggih juga ya. Tapi dalam waktu 30 detik, pengemudi harus menempelkan tangannya di setir agak fitur autonomousnya kembali menyala.

Itulah sekilas fakta tentang Tesla Model 3 yang dijajal Raffi. Raffi bilang kalau di tahun 2020 nanti, dia bakal beli mobil listrik nih. Kira-kira, mobil listrik apa ya yang dia bakal beli? (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.