The Power of Uang Receh! 4 Orang Ini Udah Buktikan Sendiri

3 menit

Uang receh sering kali diremehkan. Padahal, kalau dikumpulkan, bisa bikin kamu kaya mendadak. Hah, masak sih?

Boleh aja kamu ragu atau gak percaya. Tapi, kenyataannya nih beberapa orang berubah jadi kaya setelah mereka menabung uang receh secara rutin.

Emang sih kalau dipikir-pikir nilainya gak seberapa. Malah ada yang menganggap keberadaannya nyusahin. Makanya banyak orang yang seakan gak peduli sama uang receh yang dimilikinya.

Nah, berikut ini ada kisah-kisah yang bakal bikin matamu terbuka dan gak ngeremehin uang receh lagi. Sekecil-kecilnya uang ini, pada akhirnya kalau dikumpulkan bisa wujudkan mimpimu lho. Penasaran seperti apa kisahnya? Nih ulasannya.

1. Dapat Rp 60 juta dari uang receh

uang receh
Moh Zaka dan Agustine Wirastianingsih (tribunnews)

Gak percaya uang yang nilainya kecil ini berubah jadi uang Rp 60 juta? Inilah yang dialami pasangan Moh Zaka dan Agustine Wirastianingsih yang tinggal di Kabupaten Mojokerto. Mereka mulai kumpulkan uang receh sejak tahun 2010.

Padahal, mengumpulkannya ini bukanlah hal yang mereka rencanakan. Mulanya mereka cuma sisihkan uang logam dengan menaruhnya di botol air mineral.

Tanpa mereka sadari, apa yang mereka lakukan kemudian jadi kebiasaan. Hingga botol yang digunakan udah gak mampu lagi buat simpan uang yang mereka sisihkan. Akhirnya dipilihlah galon buat menyimpan uang mereka tersebut.

Pada September 2017, mereka terpaksa bongkar 10 galon tabungannya demi membantu orangtua yang terkena musibah. Dihitung-hitung, terkumpulah Rp 60 juta. Sebagian uang tersebut kemudian mereka kirim ke kampung halaman sebagai bantuan.

2. Berkat uang receh, bisa lanjut sekolah

uang receh
Eka Duta (tribunnews)

Lain lagi dengan yang dialami Eka Duta. Kepengin tetap lanjut sekolah hingga tamat, pelajar Kota Magelang ini membongkar tabungannya yang berisi uang receh. Hasilnya, uang yang ditabungnya itu mencapai Rp 1,5 juta.

Eka mulai menabung sejak ia masih duduk di bangku kelas VI SD. Bermodalkan uang saku yang diterimanya, ia sisihkan Rp 1.000-Rp 7.000. Padahal, uang segitu buat anak-anak seusianya lebih baik dihabiskan buat jajan daripada dianggurin.

Namun, seakan menyadari kondisinya, Eka memprioritaskan uang sakunya buat ditabung. Kelak uang yang ditabungnya itu bisa wujudkan mimpinya buat beli laptop.

Teringat pesan sang ayah, Eka pun pada akhirnya menggunakan uang tersebut buat melanjutkan sekolah. Melihat semangatnya dalam mengejar ilmu, MAN 1 Kota Magelang, sekolah di mana Eka mendaftar, menggratiskan seluruh biaya pendidikannya.

3. Nabung dua tahun, bisa beli motor ninja

Beli Kawasaki Ninja (beritajowo)

Dasarnya udah niat. Inilah yang dirasakan pasangan Ernawati dan Eko Margono. Warga Magetan, Jawa Timur ini pengin sekali memenuhi impian sang anak yang suka sekali dengan Kawasaki Ninja.

Mereka pun mulai meniatkan diri buat nabung uang dikit-dikit sekalipun itu uang receh sejak 2015. Semula mereka menjadikan kaleng roti sebagai wadah uang yang mereka sisihkan. Karena dianggap boros tempat, uang receh tersebut kemudian pindah ke kaleng cat 25 kg.

Walaupun setelah dibongkar “cuma” dapat Rp 42 jutaan, Kawasaki Ninja 250 cc seharga Rp 64 juta pada akhirnya terbeli dengan menambah Rp 22 juta dari kocek sendiri. Habis membeli motor, Ernawati berencana nabung uang receh lagi.

4. Uang receh buat bayar denda

uang receh
Koin untuk Prita (antaranews)

Masih ingat kasus Prita Mulyasari yang cuma gara-gara berkeluh kesah terus malah masuk penjara? Simpati publik pun terbangun ketika menyaksikan Prita diputus bersalah oleh pengadilan pada Agustus 2008. Prita kemudian diharuskan bayar denda sebesar Rp 204 juta.

Menurut publik saat itu, apa yang dialami Prita adalah bentuk dari ketidakadilan. Masa iya cuma mengeluhkan pelayanan RS OMNI Internasional yang gak memuaskan mesti berujung ke penjara?

Gerakan yang diberi nama “Koin untuk Prita” menyebar ke mana-mana. Orang-orang yang bersimpati pada Prita memberikan uang receh yang mereka punya. Hasilnya, “Koin untuk Prita” terkumpul sebanyak Rp 825 juta.

Karena RS OMNI Internasional udah mencabut tuntutannya akibat gerakan ini, “Koin untuk Prita” pun dipakai sebagai sumbangan.

Itulah empat kisah gimana uang receh mampu mengubah hidup seseorang. Jadi, masih meremehkan kecilnya uang ini?

Selagi masih ada kesempatan, gak ada salahnya mulai nabung uang receh dari sekarang. Siapa tahu kan nantinya bisa jadi modal uang muka rumah atau modal nikah. Jelas menguntungkan bukan?

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!