JK Rowling dan 2 Orang Kaya Ini Ogah Pakai Kartu Kredit, Ini Alasannya

3 menit
JK Rowling (IG JK Rowling (IG officialjkrowling))

Kartu kredit emang jadi salah satu alat pembayaran yang praktis, dan menguntungkan. Sayangnya, gak semua orang menganggap kartu yang satu ini menguntungkan. Terutama tiga miliarder ini.

Ada beberapa alasan kuat mengapa mereka lebih suka menggunakan pembayaran tunai ketimbang kredit. Intinya, gak ada yang salah dengan rasa enggan mereka menggunakan kartu kredit. Tapi, bukan berarti itu juga tepat buat manajemen keuanganmu sekarang.

Ingin tahu siapa miliarder dan orang kaya yang ogah pakai kartu kredit? Ini dia daftarnya:

1. Mark Cuban

Mark Cuban (IG mcuban)
Mark Cuban (IG mcuban)

Miliuner Amerika Serikat pemilik tim basket Dallas Maverick ini pernah terang-terangan menyebutkan, kalau mau kaya jangan pernah pakai kartu kredit. Waduh, terus kita gak bisa menikmati promo-promo kartu kredit dong?

Bagi Cuban, menabung uang tanpa harus memiliki utang akan lebih baik. Dan, kartu kredit adalah investasi terburuk bagi kamu semua. Pasalnya, jika kamu menggunakan kartu ini, maka kamu harus membayar 1 hingga 3 persen biaya tambahan dari harga yang tertera.

Ketimbang harus membayar bunga yang merugikan, Cuban berpendapat kalau alangkah lebih baik buatmu menginvestasikan uang di pasar saham. Seperti diketahui, orang kaya umumnya bermain saham.

“Orang yang jenius akan bermain pasar saham. Tapi kalau pakai kartu kredit, seseorang tidak akan bisa menanamkan uang di situ,” kata Cuban.

Kamu setuju dengan pernyataan Cuban?

2. Jay Leno

Jay Leno (IG jaylenosgarage)
Jay Leno (IG jaylenosgarage)

Presenter dan komedian kondang Amerika Serikat ini kabarnya sama sekali gak memiliki utang, meski dia memiliki penghasilan yang luar biasa besar.

Pria ini dulunya bekerja di McDonald saat masih remaja. Namun, lambat laun dia terjun ke dunia hiburan dengan jadi komedian, sembari bekerja di showroom mobil.  

Dalam sebuah wawancara di CNBC, dia cuma mengatakan strategi belanjanya adalah, tidak membeli sebuah barang dengan cara kredit.

“Saya jarang sekali menggunakan kartu kredit (atau kredit kepemilikan). Saya gak pernah beli barang yang memang saya belum mampu untuk membelinya dengan tunai. Saya lebih suka untuk membeli barang dan membayarnya langsung,” ujar Leno.

Memang banyak yang mengakui Jay Leno menganut prinsip keuangan yang cukup konservatif. Dia juga gak terlalu menyukai sistem cicilan kartu kredit yang dipandang menguntungkan oleh sebagian besar orang.

3. JK Rowling

JK Rowling (IG officialjkrowling)
JK Rowling (IG officialjkrowling)

Penulis novel Harry Potter yang hobi berdonasi ini juga merupakan seorang yang kaya raya. Dia memang sempat ditolak banyak penerbit, namun ketika karyanya laris, JK langsung menyabet penghargaan.

Sebagai orang kaya, Rowling pernah mengatakan, dia gak nyaman kalau gak pegang uang tunai. Dia pun lebih memilih transaksi tunai ketimbang kredit.

Alasannya, ya gak jauh beda dengan Mark Cuban. Para pemegang kartu kredit umumnya harus membayar barang dan jasa yang dia beli dengan harga lebih mahal dibandingkan yang semestinya.

Itulah pandangan-pandangan tiga orang kaya di dunia mengenai kartu kredit sebagai alat transaksi. Sejatinya, mereka semua memang lebih memilih tunai ketimbang kredit.

Semua tentu tahu, kartu kredit memang bisa membantu kita membuat skor kredit yang baik. Namun, membeli sesuatu dengan tunai tentu bisa membuat kita lebih disiplin terhadap bujeting.

Meski begitu, bukan berarti kartu kredit benar-benar merugikan ya. Ingat! Kartu kredit punya fitur di mana kamu bisa mencicil barang yang ingin kamu beli dengan bunga 0 persen.

Tandanya, gak semua pengguna kartu kredit dirugikan sama fitur-fitur kartu ini. Yang rugi, jelas yang konsumtif. (Editor: Chaerunnisa)

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.