Dua Startup Indonesia Ini Ketiban Untung Film Avengers: Endgame

2 menit
Film Avengers: Endgame (Shutterstock)
Film Avengers: Endgame (Shutterstock)

Film Avengers: Endgame mendongkrak penjualan tiket lewat Go-Tix hingga 82 persen. Loket mencatat, kenaikan penjualan terjadi selama 5 bulan pertama 2019 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Go-Tix yang merupakan produk Loket setelah diakuisisi oleh Go-Jek pada Agustus 2017 lalu mengalami perkembangan yang sangat bagus. VP Marketing Loket Ario Adimas mengungkapkan, penjualan tiket Avengers sangat fantastis.

“Avengers punya cara tersendiri untuk membuat bioskop lakukan sistem pemasaran yang unik,” kata Adimas seperti dikutip dari katadata.co.id.

Menurutnya, pangsa pasar film luar masih lebih tinggi daripada film lokal. Namun, jika Avengers: Endgame gak dihitung, film Indonesia cukup mampu menyaingi penjualan tiket film asing.

Apalagi, film-film seperti Keluarga Cemara dan Dilan 1991 mampu merebut simpati penonton. “Ternyata angka besar di Go-Tix juga didorong oleh film lokal,” ujar Adimas. 

Dirinya mengungkapkan, para penonton film nasional juga semakin meningkat dari tahun ke tahun. Menurutnya, fenomena tingginya kuantitas dan kualitas produksi film Indonesia mulai tergambarkan sejak tahun 2016 dan terus menanjak hingga sekarang.

TIX ID Juga Ketiban Durian Runtuh

Sebelumnya, TIX ID berhasil menjual 2,5 juta tiket film Avengers: Endgame sejak pembukaan penjualan pada 16 April hingga 5 Mei 2019. Bahkan, TIX ID mencatatkan penjualan 1 juta tiket Avengers: Endgame pada masa pre-sale, yaitu 16 hingga 23 April 2019.

Pencapaian ini diklaim sebagai rekor penjualan secara online tiket bioskop di Indonesia. “Saat ini sudah mulai terjadi pergeseran budaya dalam mendapatkan tiket bioskop di kalangan penonton film di Indonesia,” kata Direktur TIX ID Sean Kim seperti dikutip dari siaran pers. 

Sebelumnya, masyarakat terbiasa dengan antrean panjang pembelian tiket film di loket bioskop. Namun kini, semakin banyak masyarakat yang meminati pembelian tiket secara online melalui aplikasi yang ada di dalam ponsel.

Penjualan tiket Avengers: Endgame berpotensi melampaui Avatar yang memegang rekor keuntungan terbesar sepanjang masa dengan US$ 2,8 miliar atau Rp 40 triliun. Rekor tersebut berpotensi disusul oleh Avengers Endgame yang di minggu pertamanya aja udah mencapai angka 50 persen lebih dari total pendapatan Avatar.

Sangat besar kemungkinan untuk mereka menjadi film pertama dalam sejarah yang menembus angka US$ 3 miliar atau sebesar Rp 42,8 triliun. Keberhasilan itu terbilang setimpal dengan biaya yang udah dikeluarkan oleh Disney dan Marvel.

Gak tanggung-tanggung, ongkos pembuatan film ini sampai US$ 600 juta atau Rp 8,4 triliunan. Hal ini menjadikannya sebagai film layar lebar dengan biaya produksi paling mahal seantero galaksi.

 

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati