6 Tips agar Gak Terlilit Utang Berkali-Kali dan Berujung Bangkrut

3 menit

Ada yang pernah punya pengalaman terlilit utang? Pasti gak enak banget kan punya utang numpuk kayak dikejar-kejar setan.

Tiap hari henpon krang-kring, pintu rumah digedor-gedor, dan banyak cara-cara lain yang bikin pusing ketika ditagih utang.

Beruntung kalau kamu pernah terlilit utang tapi bisa melunasinya. Mungkin, terbebas dari utang ibarat seseorang yang dilahirkan kembali ke dunia ini. Atau bahasa lainnya: merdeka!

Nah, buat kamu yang udah terbebas dari lilitan utang dan gak pengin dikejar-kejar utang lagi, yuk simak tips berikut ini.

1. Evaluasi dan pahami pemicu utang

terlilit utang
Kalau mau tobat dari lilitan utang, pahami dulu pemicu utang apa aja (thewest)

Kamu yang pernah terlilit utang pasti gak mau lagi mengalaminya. Bagus dong. Berarti kamu belajar dari pengalaman sebelumnya. Tapi caranya gimana?

Coba deh kamu evaluasi kenapa kamu pernah punya utang sebegitu banyaknya. Perilaku apa aja yang membuat utangmu terus menggunung?

Kalau kamu udah tahu faktor apa saja yang jadi pemicu utangmu di masa lalu, maka secara perlahan kamu bisa meninggalkan perilaku-perilaku tersebut.

2. Mulai kelola keuangan dengan baik

Lepas dari jeratan utang pasti bikin kamu bernafas lega. Tapi jangan dulu senang deh, karena masih banyak PR yang harus kamu lakukan.

Kamu harus memulai untuk mengelola keuangan yang terencana. Buat pos-pos pengeluaran setiap bulannya.

Misalnya, kamu bisa pakai cara tradisional. Siapkan beberapa amplop untuk pengeluaran kebutuhan rumah tangga, biaya transportasi, keperluan anak, hingga belanja kebutuhan dapur.

Mungkin saja pas kamu dulu terlilit utang, cara sederhana di atas gak pernah dilakukan. Maka gak ada salahnya dicoba kan?

[Baca: Kelilit Utang Bikin Stres! Ini 9 Kebiasaan Sepele yang Jadi Penyebabnya]

3. Berani katakan tidak

telrilit utang
Kamu harus berani katak tidak pada utang yang gak penting (chrislema)

Perut lapar masih bisa diganjal dengan makanan ringan atau camilan. Beda dengan lapar mata yang agak susah diobati. Apalagi kalau kamu seorang shopaholic yang gak bisa menahan godaan barang-barang belanjaan.

Kalau udah kayak gini, maka kamu harus berani berkata tidak. Usahakan sebisa mungkin menolak tawaran cicilan apapun yang sekiranya gak diperlukan.

Gak perlu sungkan untuk menolak jika teman-temanmu menawarkan kredit tas mahal. Katakan tidak ketika kolega sekantormu menawarkan gadget terbaru. Dan berani berkata tidak ketika ibu-ibu arisan nawarin cicilan perhiasan. Tapi menolaknya dengan bahasa halus ya.

4. Mulai menghemat

Siapapun yang punya utang udah pasti gak bisa hemat. Lah, gimana mau hemat, wong utang aja numpuk kok.

Nah, salah satu cara biar kamu gak terjebak dari jeratan utang lagi adalah menerapkan hidup hemat. Pengertian hemat ini tentunya luas ya. Kamu bisa hemat apapun yang tentunya berkaitan dengan pengeluaran.

[Baca: 7 Kesalahan Angela Lee yang Bikin Utangnya Numpuk Sampai Rp 25 Miliar]

5. Punya dana darurat

Alasan orang berutang antara lain karena kepepet. Ketika kepepet berarti gak punya uang dong ya untuk bayar ini dan itu. Nah, ini bisa jadi pelajaran ke depan. Biar gak terus-terusan kepepet, kamu harus mulai menyisihkan uang untuk dana darurat.

Kamu bisa simpan uang di celengan agar bisa suatu saat diambil untuk kebutuhan. Atau kamu juga bisa simpan uang di bank dengan rekening berbeda dari rekening utama. Baiknya sih simpan uang di rekening yang gak ada ATM-nya. Biar kamu gak tergoda buat ngambil uang tersebut.

6. Bijak menggunakan kartu kredit

terlilit utang
Pengin tobat dari jeratan utang, salah satunya kamu harus bijak menggunakan kartu kredit (choice)

Gak bisa dipungkiri, penggunaan kartu kredit yang gak terkontrol adalah salah satu faktor pemicu menumpuknya utang. Buat kamu yang pengin tobat dari utang yang menjebak, sebaiknya mulailah bijak menggunakan kartu kredit.

Punya kartu kredit memang memudahkan kita buat transaksi, tapi harus diketahui juga bahwa risiko penggunaan kartu kredit yang berlebihan berdampak buruk terhadap kondisi keuanganmu, yang tak lain adalah terlilit utang.

Mending sih kalau kamu sanggup membayar utang kartu kredit. Tapi buat mereka yang belum mampu, mending pakai kartu kredit sesuai dengan kebutuhan ya. Dan jangan lupa kalau ada utang kartu kredit langsung dibayar biar gak numpuk lagi utangnya.

Nah, itulah beberapa cara biar kamu gak terlilit utang lagi. Emang sih yang namanya utang itu kadang gak terasa. Kita seenaknya aja ngutang ini dan ngutang itu. Tahu-tahunya, eh, kok utang udah numpuk aja.

Semoga beberapa cara di atas bisa bikin kamu tobat buat ngutang lagi ya. Amin!

[Baca: Sebelum Berutang, Cari Tahu Dulu Bedanya Utang Produktif dan Utang Konsumtif]

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.