Penting! 5 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

3 menit
Mudik lebaran
Tips aman meninggalkan rumah saat mudik Lebaran (Pixabay)

Ketika mudik Lebaran ke kampung halaman, pasti kita meninggalkan rumah. Karena durasi pergi yang terbilang lama, penting banget untuk kita memerhatikan beberapa hal ketika meninggalkannya.

Sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia kalau pulang ke kampung halaman membawa seluruh keluarga besarnya tanpa meninggalkan seorang pun di rumah. Situasi ini membuat tempat tinggal kosong tanpa penjagaan.

Padahal, masih ada beberapa barang berharga yang kita tinggalkan seperti televisi, furnitur dan perhiasaan berharga. Celah ini acapkali dimanfaatkan para komplotan penjahat spesialis rumah kosong beraksi.

Setiap tahunnya ada aja kita mendengar berita mengenai pencurian rumah yang ditinggal pergi pemiliknya. Salah satu faktor penyebabnya adalah, kurangnya persiapan pemudik meninggalkan rumah dari sisi keamanan maupun materiil.

Kamu pasti gak mau kan jadi korban aksi gak bertanggung jawab tersebut setelah pulang dari kampung halaman nanti?

Yuk, simak lima tips aman meninggalkan rumah ketika mudik lebaran supaya hati tenang:

1. Matikan listrik barang yang gak terpakai

mudik lebaran
Matikan listrik barang yang gak terpakai saat mudik lebaran (Pixabay)

Sebelum meninggalkan rumah untuk mudik Lebaran, kamu wajib mematikan beragam barang yang menggunakan listrik.

Selain mencegah kebakaran akibat arus pendek, langkah ini juga penting dilakukan untuk menekan biaya listrik yang sewaktu-waktu membengkak.

Terutama, untuk fasilitas yang memerlukan daya listrik besar seperti pompa air, pendingin udara dan barang elektronik lainnya.

Untuk lampu bisa dinyalakan di beberapa bagian rumah yang dirasa penting supaya membantu pihak keamanan memantau kondisi rumah.

Baca juga: Lebaran di Jakarta Aja? Ini 5 Spot Menarik yang Bisa Kamu Kunjungi

2. Membersihkan rumah dan mengamankan barang berharga

mudik lebaran
Bersihkan rumah dan barang berjarga saat mudik lebaran (Pixabay)

Yang gak kalah penting ketika kamu meninggalkan rumah ialah, membersihkan rumah seperti tempat sampah, bak mandi, hingga taman dari hal yang bisa mengotori.

Kalau penampakan depan rumah kamu terlihat kotor dan gak terurus bisa membuat para pencuri tertarik untuk membobol rumah tersebut.

Dan, untuk barang berharga bisa disimpan ke brankas jika memilikinya supaya lebih aman.

3. Mengunci setiap pintu dan pagar rumah

mudik lebaran
Kunci setiap pintu dan pagar rumah saat mudik lebaran (Pixabay)

Hal paling mendasar ini menjadi poin krusial agar rumah tetap aman dari komplotan penjahat ketika kamu mudik Lebaran ke kampung halaman.

Sedikit terdengar biasa tapi kadang kita suka lupa untuk mengecek kedua kalinya apakah semua pintu dan pagar udah terkunci benar. Faktor terburu-buru karena takut kena macet di jalan jadi kesalahan yang vital ke depannya.

Pasalnya, kerugian akibat macet gak akan sebanding sama kerugian rumah terbobol maling. Benar, kan?

4. Lapor kepada RT atau RW setempat

mudik lebaran
Lapor RT atau RW setempat saat mudik lebaran (Pixabay)

Setelah mengunci rapat rumah,  kamu wajib melaporkan diri kepada RT atau RW setempat bahwa seluruh keluarga pengin mudik Lebaran dan rumah ditinggal dengan keadaan kosong.

Ini sangat berguna bagi RT atau RW untuk mengkoordinasikan rumah mana aja yang butuh pengawasan ekstra dari pihak keamanan.

Kamu juga bisa menitipkan kunci rumah kepada mereka agar lebih aman serta kalau sewaktu-waktu ada keperluan mendadak gak usah repot menghubungi.

5. Memasang CCTV

mudik lebaran
Pasang CCTV saat mudik lebaran (Pixabay)

Tips meninggalkan rumah yang saat mudik Lebaran terakhir adalah, memasang CCTV. Kalau kamu merasa empat cara sebelumnya gak efektif, maka cara satu ini bisa menjadi jawabannya.

Dengan memasang CCTV kamu bisa memantau dari manapun dan kapanpun selama 24 jam penuh kondisi rumah tercinta.

Walaupun gak berarti aman 100 persen dari penjarahan tetapi paling tidak bisa membantu pihak berwenang menemukan identitas pelaku kejahatan.

Tapi, dari keuntungan tersebut ada konsekuensi yang harus kamu dapat yaitu mengeluarkan bujet lebih untuk memasangnya. Selain biaya pemasangan kamu juga harus menyiapkan biaya perawatan serta listriknya.

Itulah lima tips aman meninggalkan rumah saat pergi mudik lebaran ke kampung halaman yang bisa kamu coba nanti.

Semoga dengan membaca artikel ini bisa membantu kamu semua merayakan hari kemenangan dengan nyaman. (Editor: Chaerunnisa)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1