Demi Masa Depan Lebih Baik! Begini Trik Jitu Atur Duit buat Pasangan Muda

4 menit
Cara atur duit untuk pasangan muda. (Shutterstock)
Cara atur duit untuk pasangan muda. (Shutterstock)

Atur duit dengan bijak menjadi salah satu hal yang memang harus dilakukan oleh semua orang demi masa depan yang lebih baik. Hal ini juga berlaku buat pasangan muda.

Ya, menikah muda bisa dibilang sudah menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia. Makanya gak heran kalau banyak yang sudah menikah di usia yang terbilang masih sangat belia.

Contohnya saja artis cantik Nia Ramadhani yang menikah di usia 20 tahun dengan pengusaha Anindra Ardiansyah Bakrie.

Nah, selain membutuhkan kesiapan mental yang matang, keputusan untuk menikah muda juga menuntut kamu harus siap juga dengan urusan keuangan. Gak bisa dipungkiri, hal tersebut kerap menjadi salah faktor timbulnya masalah dalam rumah tangga.

Pasalnya, di usia tersebut kebanyakan orang baru memasuki dunia kerja di mana karier pun baru memasuki tahap awal. Jadi, penghasilan juga belum optimal. Usia yang muda, ditambah dengan finansial yang belum mapan menjadi kombinasi rumit yang harus mereka hadapi.

Tapi bukan berarti kamu jadi takut untuk menikah muda lho. Masalah keuangan dalam rumah tangga memang perlu dihindari, tapi jika masalah itu datang, tentu ada solusinya.

Karena itu, mending langsung simak aja yuk trik jitu atur duit buat pasangan muda biar terhindar dari masalah keuangan yang bikin hubungan rumah tanggamu jadi gak harmonis. Berikut lima di antaranya.

Baca juga: Biar Tua Hidup Nyaman, Begini Cara Atur Duit dari Umur 20 Hingga 50 Tahun

1. Membuat anggaran belanja bulanan

Atur duit dengan membuat anggaran belanja bulanan. (Shutterstock)
Atur duit dengan membuat anggaran belanja bulanan. (Shutterstock)

Hal pertama yang harus kamu lakukan bersama pasangan adalah dengan membuat anggaran belanja bulanan. Kalau biasanya kamu menyisihkan penghasilanmu untuk kebutuhan diri sendiri, kini harus memikirkan kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan berdua.

Nah, biar gak ada kesalahan yang bikin keuangan jadi amburadul, penting bagi kamu dan pasangan membuat daftar rencana belanja bulanan seperti listrik, air, internet, bahan makanan dan lainnya.

Jangan lupa juga untuk membuat daftar cicilan utang uang yang harus kamu bayar setiap bulan, seperti tagihan kartu kredit, KTA, cicilan mobil dan lainnya.

Hal tersebut bertujuan agar kamu beserta pasangan bisa sama-sama mengetahui berapa nominal uang yang harus dikeluarkan untuk bayar cicilan, kebutuhan rumah tangga dan lainnya.

Dengan begitu, kamu jadi tahu berapa uang yang harus ditabung. Ingat, walaupun sedikit tapi kalian tetap harus punya tabungan untuk berjaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Gini Cara Ngatur Duit Biar Bisa Nabung dan Investasi Meski Gaji UMR

2. Punya tabungan terpisah

Atur duit dengan bikin tabungan terpisah. (Shutterstock)
Atur duit dengan bikin tabungan terpisah. (Shutterstock)

Seberapa pun uang yang harus kamu keluarkan, kamu beserta pasangan tetap diharuskan menyisihkan uang minimal 10 persen dari penghasilan untuk ditabung.

Nah, agar tak mengganggu anggaran pengeluaran keluarga, maka kamu disarankan untuk memiliki tabungan masing-masing dan terpisah dengan tabungan bersama.

Pasalnya jika kamu dan pasangan tidak memiliki rekening terpisah untuk tabungan, bisa-bisa uangnya terpakai. Kalau seperti itu sih, siap-siap aja kamu pusing kesana-kemari pinjam uang saat ada kebutuhan mendesak.

Baca juga: Jangan Sampai Bangkrut Demi Tampil Oke di Kantor, Ini Cara Atur Duitnya

3. Menyiapkan dana pensiun sejak dini

Atur duit dengan menyiapkan dana pensiun. (Shutterstock)
Atur duit dengan menyiapkan dana pensiun. (Shutterstock)

Meskipun baru menikah dan masih muda, bukan berarti dana pensiun itu gak penting lho. Justru dana pensiun harus dipersiapkan sejak dini untuk mendapatkan hasil optimal.

Pasalnya kebutuhan hidup setiap tahun selalu naik, belum lagi dengan biaya sekolah anak yang semakin mahal. Karena itu, kamu disarankan untuk menyisihkan uang 10 hingga 20 persen sebagai bekal dana pensiun.

Ya, namanya juga sudah menikah tentu kamu sudah siap dengan segala konsekuensi tidak bisa bebas seperti waktu masih sendiri. Kamu juga harus memangkas beberapa pengeluaran yang dulu kerap kamu lakukan, seperti untuk beli baju, jalan-jalan atau sekedar hangout sama teman-teman.

Bukannya gak boleh dilakukan, tapi harus dibatasi. Kalau dulu ngopi setiap weekend, mungkin sekarang bisa satu bulan sekali.

Bujet buat “senang-senang” itu bisa kamu alokasikan untuk dana pensiun. Yang jelas-jelas bisa menjamin masa depanmu lebih baik. Ya lagipula masa iya kamu mau sampai tua kerja banting tulang terus dari pagi sampai tengah malam sih.

4. Hindari utang konsumtif

Atur duit dengan hindari utang konsumtif. (Shutterstock)
Atur duit dengan hindari utang konsumtif. (Shutterstock)

Keinginan untuk bersenang-senang memang gak bisa dihindari oleh anak muda, apalagi buat mereka yang baru bisa menghasilkan uang sendiri. Pasti pengin beli ini itu tanpa berpikir boros atau tidak alias memiliki gaya hidup konsumtif.

Ya, emang gak salahnya sih asal kamu bisa mengontrol pengeluaranmu dengan baik dan jangan sampai jadi punya tumpukan utang untuk suatu hal yang gak berguna.

Nah, agar lebih terarah, ada baiknya kamu mempersiapkan anggaran untuk biaya khusus. Tujuannya adalah agar terhindar dari godaan utang konsumtif. Misalnya, punya cicilan kartu kredit selama enam bulan demi makan di restoran mewah. Duh, gak banget kan itu?

Jangan sampai hanya demi gaya dan panjat sosial, justru bikin keuangan kamu dan pasangan jadi berantakan yang ujung-ujungnya bisa berisiko dengan keharmonisan rumah tangga kalian. Karena itu, hindari gaya hidup konsumtif yang kasih kesenangan semata tapi kesengsaraan berkepanjangan.

5. Mulai investasi

Atur duit dengan mulai investasi. (Shutterstock)
Atur duit dengan mulai investasi. (Shutterstock)

Kamu tentu udah tahu kan kalau banyak sekali orang yang tajir dan mencapai kebebasan finansial karena investasi?

Karena itu, mumpung masih muda, kamu disarankan untuk menyisihkan uangmu setiap bulan untuk dialokasikan ke investasi. Gak perlu yang ribet dan bikin pusing, kamu bisa memulainya dengan terjun ke instrumen investasi reksadana.

Selain modalnya kecil, uang kamu juga akan dikelola oleh manajer investasi yang memang udah ahlinya. Jadi, kamu gak perlu tuh sebentar-sebentar mengecek pergerakan harga saham. Mending ngerti, lah kalau gak ngerti malah cuma bikin tambah pusing kan.

Tetapkan tujuan investasi kamu di 10 tahun mendatang, misalnya memiliki rumah. Jadi, kamu semakin semangat untuk bermain di investasi.

Itu dia lima trik jitu atur duit untuk pasangan muda demi mencapai masa depan yang lebih baik. Jadi, udah gak perlu takut lagi kan buat nikah muda? (Editor: Ruben Setiawan)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.